Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Seiring perkembangan era digital, banyak unsur kehidupan sekarang akhirnya turut diukur secara online pula. Contohnya aja hubungan percintaan, yang engga jarang bisa jadi runyam cuma gara-gara media sosial.

Sebagian atau bahkan banyak di antara Kawan Muda mungkin pernah ngalamin yang namanya berantem sama pacar gara-gara sejumlah hal yang ada di media sosial kalian. Keliahatannya sih memang terbilang sepele, tapi ujung-ujungnya malah bisa berbuntut panjang.

Well, ya sebenarnya berantem gara-gara medsos itu bisa kamu hindarin asal kamu lebih peka dan teliti aja sih, Kawan Muda. Singkatnya, jangan sampai masalah yang awalnya kecil malah kamu besar-besarin gara-gara kamu dibutain sama apa yang kamu lihat di dunia maya doang, bukan dunia nyata. Berikut ini adalah 7 hal sepele di medsos yang bisa bikin kamu dan si dia berantem:

1. Update sesuatu, tapi engga balas chat

Yang ini pasti jadi kasus yang paling sering dialami oleh banyak di antara kamu. Sebenarnya sih bukannya kamu engga mau balas chat si dia, tapi mungkin saat itu keadaannya kamu memang lagi pengen buru-buru update dan pas mau balas chat doi hp kamu malah mati. Meski begitu, situasi kayak gini bisa memperburuk hubungan kalian, apalagi kalo hubungan kalian memang lagi engga berjalan baik dan kamu malah sengaja buat engga ngebalas chat doi.

2. Bikin postingan pasif-agresif

Well, ini sebenarnya udah beberapa kali Genmuda.com bahas. Iya deh kamu mungkin gengsi buat ngomong langsung ke si dia, jadinya kamu lebih milih buat ngasih kode keras lewat postingan quotes tertentu atau listening to dengan caption penggalan lirik lagunya. Tapi, yang kayak gini justru bisa nimbulin salah paham di antara kalian dan akhirnya bisa bikin pertengkaran kalian jadi makin heboh.

3. Lupa nge-tag si dia

Lagi jalan-jalan bareng, pas update di medsos eh ternyata lupa nge-tag si dia. Alhasil, doi jadi bete sama kamu, kamu mungkin juga engga mau disalahin karena kamu murni lupa, dan kalian pun berantem diem-dieman. Singkatnya, walau terbilang super duper sepele banget, engga di-tag pacar sendiri itu malah bisa jauh lebih ngebetein dan ngeselin daripada engga di-tag teman.

4. Last seen-nya bikin curiga

Fitur last seen yang terdapat di WhatsApp maupun Facebook pada dasarnya memang bermanfaat dan ngebantu banget supaya kamu bisa tahu jejak keberadaan orang lain di media atau jejaring sosial tertentu. Sayangnya, berawal dari kekepoan yang berlebihan, fitur semacam itu akhirnya malah bisa jadi bumerang tersendiri buat kamu dan si dia. Misalnya aja kalo last seen doi sekitar pukul 01.45 dini hari padahal dari pukul 23.00 doi udah pamit tidur, hal tersebut bisa nimbulin kecurigaan.

5. Postingan bareng mantan mendadak muncul

Khusus yang satu ini bisa dibilang kamunya lagi sial aja sih, Kawan Muda. Di Facebook atau Path ‘kan suka muncul postingan flashback yang random, jadi ya bukan salah kamu juga kalo yang mendadak muncul justru postingan kamu sama mantan kamu. Misalnya si dia nanya kenapa postingannya belum kamu hapus, kamu jelasin aja baik-baik kalo ngehapus postingan satu-satu itu bisa makan waktu yang engga sebentar.

6. Nyembunyiin postingan dari si dia

Entah kamu lupa, engga sengaja, atau gimana, yang jelas nyembunyiin postingan dari si dia engga sesepele atau sesederhana berbagai kasus di keenam poin lainnya. Misalnya aja mungkin kamu malu atau takut rahasia kamu ketahuan sama si dia, jadinya kamu lebih milih buat engga masukin doi ke daftar inner circle kamu. Ingat, komunikasi dan keterbukaan itu merupakan faktor penting dalam suatu hubungan loh (tsah!). Kalo kamu engga mau doi tahu soal sesuatu, ya dari awal ngapain kamu posting?

7. Nge-like postingan mantan

Mau disengaja atau engga, nge-like postingan mantan dan ketahuan sama pacar itu sering kali pasti bisa berujung pada pertengkaran. Padahal, ini belum tentu berarti bahwa kamu masih nyimpan perasaan sama mantan kamu. Ya seengganya kalo mantan kamu marah itu tandanya dia cemburu dan peduli sama kamu. So, bersyukurlah masih ada yang merhatiin kamu, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer