Jum'at, 12 April 2024
Ngulik

‘Independence Day: Resurgence’, Dialog dan Adegan Peperangan Epik Antar Galaksi

Independence-Day-Resurgence-15_2Liam Hemsworth sebagai Jake Morriso sang pilot yang selengean. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Meski punya banyak keterbatasan fisik dan teknologi, tekad manusia selalu bisa ngebawa mereka survive, bahkan bila dihadapkan pada perang yang melibatkan alien berteknologi tinggi. Bagi bumi, superhero bukanlah satu-satunya solusi buat mengatasi masa kritis seperti itu (colek Marvel).

Kira-kira, seperti itulah pesan yang ingin disampaikan Roland Emmerich dalam film ‘Independence Day: Resurgence.’ Sebagai sebuah sekuel, film itu berlatar 20 tahun setelah Perang Manusia-Alien 1996 (‘Independence Day’). Penggemar Will Smith perlu menahan kekecewaannya, karena Kapten Steven Hiller (diperankan Will Smith) engga bakal dapat peran di film ini.

Sementara itu, Presiden Thomas J Whitmore (Bill Pullman) dan David Levinson (Jeff Goldblum) kembali berkolaborasi buat mengusir alien untuk kedua kalinya. Kini, mereka dibantu sejumlah tokoh muda buat berjuang nyelametin bumi.

Independence-Day-Resurgence
David Levinson (kiri) dan Jake Morrison (kanan) lagi di bulan. (Sumber: Screenrant)

Dylan Hiller (Jessie T Usher) gantiin posisi bokapnya sebagai kapten Angkatan Udara dan ngebantu dua tokoh gaek itu bersama Jake Morrison (Liam Hemsworth) sang pilot slengean juga Patricia Whitmore (Maika Monroe) si anak presiden.

Keadaan damai di bumi mulai terusik begitu Levinson mengungkap fakta bahwa pada tahun 1996 lalu alien yang lagi menderita kekalahan sempat mengirim pesan bala bantuan ke sisa pasukannya yang masih parkir di luar angkasa. Kali ini, keturunan para tokoh 1996 perlu menghadapi alien yang pesawatnya lebih besar, lebih kuat, dan lebih banyak dari 20 tahun lalu.

Tetep epik

(Sumber: superherohype.com)

Hal menarik yang bakal terus terngiang hingga keluar dari studio adalah cuplikan pidato Presiden Whitmore di awal yang intinya bilang, “Saatnya kita singkirkan perbedaan kecil dan bersatu. Sekarang, tanggal 4 Juli bukanlah hari kemerdekaan Amerika semata, melainkan hari ketika manusia bertahan hidup.” Epik!

Hal epik lainnya adalah semua adegan yang melibatkan perang Angkatan Udara. Formasi perang, kejar-kejaran pesawat, bahkan adegan mengendap-endap Jake, Dylan, dan kawan-kawan AU bikin suasana tegang namun juga kocak. Sebab, komentar-komentar komikal sering dilontarkan tiap karakternya.

Di film ‘Independence Day: Resurgence’ pun bakal muncul sosok pemimpin perang berkulit hitam Dikembe Umbutu (Deobia Oparei) yang hobinya berburu alien. Doi pun bakal jadi salah satu tokoh yang mengungkap kelemahan para aggressor luar angkasa itu.

Pintar merancang bencana besar

Independence-Day-Resurgence-11
Siap-siap sambut post-apocalyptic world. (Sumber: Istimewa)

Pengalaman Roland Emerich bikin film ‘kehancuran dunia’ macam ‘2012,’ ‘The Day After Tomorrow,’ ‘Godzilla,’ dan ‘White House Down,’ terlihat betul di ‘Independence Day: Resurgence.’ Doi pinter milih bangunan yang bagus dihancurkan. Cara menghancurkan gedungnya pun doi rancang supaya nambah drama di film dengan budget 200 juta dolar AS ini.

Konsistensi pemain buat nampilin sifat-sifat karakter sesuai karakter mereka dua dekade lalu pun perlu diacungi jempol. Para penonton yang masih ingat film ‘Independence Day’ dapat merasakan kembali chemistry antar pemain lama. Namun, penonton perlu menebak-nebak hubungan para pemain lama kalo belum nonton film sebelumnya.

Karena punya jalan cerita yang terlalu epik dan banyak sudut pandangnya, tiap karakter jadi mendapat sedikit screen time. Itu membuat penonton kesulitan menjalin keterikatan emosi dengan tiap karakter. Meski begitu, trio Jake, Patricia, dan Dylan tetap bisa nunjukin kekompakan mereka layaknya Harry, Ron, dan Hermione di rangkaian film ‘Harry Potter’.

Perlu diakui, Roland Emmerich dan timnya patut diacungi dua jempol karena ‘Independence Day: Resurgence’ bisa bikin penonton lupa dengan tokoh-tokoh lama yang engga muncul lagi, bahkan tokoh dengan karakter kuat seperti Will Smith sekalipun. Meski begitu, kalo kamu ingin menikmati film ini secara utuh, ada baiknya kamu nonton dulu film pertamanya.

Singkatnya, semua penilain dari Genmuda.com bisa kamu rasain sendiri di bioskop mulai pekan ini di bioskop. “Selamat menonton Kawan Muda!”

Our Score

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.