Sabtu, 5 Desember 2020

Genmuda – Kamu pasti sebel kan kalo pengen pake makeup pas jerawat kamu lagi muncul? Agak susah kan aplikasiinnya ke wajah, karena jerawatnya pasti sakit kalo kepegang, meskipun gak sengaja. Salah sedikit jerawat kamu bukannya ketutup, eh tapi malah makin parah karena kebanyakan ketumpuk sama krim-krim bedak yang kamu aplikasikan.

Kalo udah kayak gini, kamu mesti paham nih gimana caranya supaya jerawat kamu gak keliatan makin parah setelah ditutupi sama makeup. Supaya kesalahan kamu gak berulang-ulang dan bisa dihindari nantinya. Jadi, 12 cara ini nih yang mesti kamu terapin supaya makeup kamu gak bikin si jerawat keliatan tumbuh subur.

1. Jangan kebanyakan pake concealer

Jangan lebay pake concealer di daerah yang berjerawat ya. Cukup ditotol aja dan di-blend disekitar area jerawat kamu. Kalo kurang baru tambahin dikit-dikit, tapi kalo kamu terlalu banyak naro concealer-nya, nanti yang ada makeup kamu akan cakey, dan bisa bikin makin parah si jerawat kamu.

2. Pakai concealer sebelum foundation

Setiap kali kamu pake concealer, kamu harus pastiin kalo kamu pake foundation dulu. Kalo kamu pake concealer sebelum foundation, nanti yang ada warna layer-nya bakal keliatan aneh, dan bisa nambah volume atau ukuran si jerawatnya.

3. Pecahin jerawat sebelum pake concealer

Gak bener pokoknya kalo kamu pencet jerawat kamu sebelum pake concealer. Ini bakal bikin jerawat kamu makin keliatan luka, dan makin ngebuka jalan dari si makeup itu buat menyerap ke luka yang kamu bikin tadi. Hal ini ternyata gak baik karena bisa bikin iritasi tambah parah di daerah jerawat kamu.

4. Aplikasiin concealer pake jari

Kalo bisa sih, jangan pake concealer dengan jari kamu langsung ya! Karena bisa aja tangan kamu itu gak bersih dan bisa nyebarin kuman atau minyak Hal ini berpotensi bikin concealer kamu gak merata dan gak tahan lama.

5. Gak pake beauty blender yang bersih

Beauty blender yang kotor karena bekas kamu pake akan bawa kotoran yang baru ke muka kamu loh girls. Gak mau kan jerawatnya tambah parah, atau makeupnya jadi gak maksimal karena si beauty blendernya kotor? Kalo kamu males nyuci beauty blendernya, seenggaknya kamu punya beauty bender yang beda. Biar langsung buang yang lama, ganti yang baru.

6. Gak pake brush yang bersih

Sama kayak beauty blender, kamu juga mesti rajin bersihin si brush. Kalo kamu gak pernah bersihin brush kamu, nanti yang ada minyak dan kotoran di brush itu balik lagi ke muka kamu. Dan juga, makeup akan lebih bagus disapukan ke wajah ketika gak ada sisa makeup di brush yang kamu pake.

7. Gak pake primer dulu

Namanya juga primer atau base, benda ini mesti banget dipake sebelum kamu pake concealer. Kegunaan primer ini adalah buat bikin permukaan kulit kamu lebih lembut, jadi si makeup bisa nempel dengan baik ke wajah. Ini penting juga supaya makeup kamu gak keliatan cakey, yang bisa diperparah sama adanya jerawat.

8. Gak pake pelembab

Kalo kamu gak pake atau males pake primer, senggaknya kamu harus pake pelembab wajah setiap kali kamu abis cuci muka. Ini bisa membantu kamu buat bikin tekstur dan warna kulit yang sama, alias gak belang.

9. Gak paham sama warna di color correcter

Salah satu cara yang bener buat nutupin si jerawat kamu adalah dengan pake color corrector. Tapi, kamu mesti tau fungsi dan kegunaan dari warna-warna yang mau kamu pake itu. Buat nutupin jerawat dan merah-merah di wajah, kamu mesti pakai yang warna hijau. Kalo kamu punya under eye yang hitam, warna orange bisa menyamarkan noda itu dengan baik. Buat menyamarkan keriput dan noda kena matahari, warna yang cocok adalah pink!

10. Gak perhatiin label produk

Penting buat kamu baca dulu label produk sebelum kamu beli produk itu. Ini bisa menghindari kamu dari salah beli barang yang gak sesuai sama kebutuhan kulit kamu. Kalo salah beli, siap-siap jerawat kamu jadi tambah banyak.

11. Kebanyakan pake bedak

Sebenernya pake bedak itu bagus buat nge-set makeup kamu. Tapi perhatiin juga banyak sedikitnya ya girls. Karena kalo kebanyakan, yang ada kulit kamu malah kering dan retakretak alias cakey. Jadi sebaiknya, pakai bedak ini secukupnya aja ya.

12. Gak bersih cuci mukanya

Ini paling dasar, tapi paling penting dari semuanya. Kalo muka kamu kotor dan ditumpuk lagi sama makeup yang baru, itu cuma akan nambah-nambahin jerawat nantinya. Jadi, selalu inget buat cuci muka kamu sebelum tidur, dan setelah pake makeup ya!

Dari 12 kesalahan di atas, mana yang sering kamu alami? Mulai sekarang, mesti mulai rawat wajah kamu sebaik mungkin ya kalo gamau memperparah jerawat kamu. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.