Kamis, 22 Oktober 2020
Gaya HidupTeknomotive

Kata Bos Instagram, Gini 7 Cara Paling Cepet Nambahin Jumlah Follower

©Genmuda.com/2017 TIMKi-Ka: Charles Porch Instagram Head of Global Creative Development, Amanda Cerny si selebgram AS, dan Justin Antony Instagram Head of Emerging Talent Partnership di Jakarta, Kamis (24/8). ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Sebuah konten bisa viral dan jumlah follower terus bertambah dengan sendirinya kalo postingan sering masuk feed explore di Instagram. Cara paling gampang: bikin aneka konten, mulai dari foto, video, live video, hingga instastory atau yang anak kekinian bilang snapgram. Jangan posting foto doang.

Tips itu diberikan langsung oleh Justin Antony selaku Instagram Head of Emerging Talent Partnership waktu Instameet bertajuk #IGKreator di Jakarta, Kamis (24/8). Acaranya dibuka Charles Porch, Instagram Head of Global Development. Doi bilang kalo pengguna IG Indonesia dua kali lebih sering bikin Story dari pengguna lain.

Amanda Cerny si selebgram kocak Amerika Serikat juga dateng dan ngobrol-ngobrol sebentar sama para media di acara tersebut. Sehari sebelum acara, doi abis jalan-jalan bareng Prilly Latuconsina. Setelah sesi konferensi pers, mereka pun ngumpul dengan berbagai konten kreator Tanah Air.

©Genmuda.com/2017 TIM
Amanda Cerny bergaya kocak di hadapan wartawan. ©Genmuda.com/2017 TIM

Balik ke saran penting dari Justin Antony. Doi bilang, “Dengan memvariasikan jenis konten, kemungkinan muncul di feed explore makin besar. Instastory dan Live video akan muncul di paling atas, postingan video di tengah, dan foto di bawah. Kalau hanya posting foto, ya harus terima postingannya muncul paling bawah.”

Pada kesempatan itu, Antony juga jelasin tipe konten ideal berdasarkan jenisnya. Coba ikutin tips doi deh karena tips itu juga dipakai para selebgram supaya nambahin ketenarannya di jagat Instagram.

1. Instastories: Make it fun!

©Genmuda.com/2017 TIM
Si mbak ini lagi fotoin temennya, sih. Tapi, kita anggap aja doi lagi Instastory. ©Genmuda.com/2017 TIM

“Just have fun with Instastories!” kata Justin Antony waktu sesi presentasi. Apabila akunnya udah verified bertanda contreng, jangan lupa untuk nyantumin link ke situs yang bisa dibuka karena Instastories sering bikin penasaran.

Akan tetapi, pengguna IG yang akunnya belum verified gak usah cemas. Soalnya, filter di IG Stories pun bikin konten makin menarik. Amanda Cerny bilang kalo doi sering pakai filter “Beauty” supaya mukanya yang dari lahir udah cakep jadi makin enak dilihat.

2. Live Instagram: Waktunya menyapa

Berdasarkan data yang dikumpulin Instagram, para selebram berhasil nambahin jumlah follower secara berkala kalo ngepublish video live minimal seminggu sekali. Sebelum livenya muncul, biasanya orang-orang pada ngumumin lewat postingan dalam bentuk foto atau Instastories.

“Silakan berinteraksi langsung dengan para penonton. Bercanda dan mengobrol lah sepuasnya. Tapi, jangan lupa simpan live videonya supaya tetap bisa disaksikan dalam kurun 24 jam,” tutur Antony. Satu hal penting yang juga doi sebutkan, yaitu jangan lupa bersenang-senang.

3. Video: Tunjukkan sisi lain

©Genmuda.com/2017 TIM
Seorang pengunjung Instameet lagi motret lambang IG gede di seberang kolam. ©Genmuda.com/2017 TIM

Sementara itu, postingan video di Instagram biasa dimanfaatin para selebgram untuk nunjukin sisi lain mereka yang engga bakalan ditemui di tempat lain, bahkan di media paling kepo sekalipun. “Misal, seperti Selena Gomez yang menari goofy dengan fans atau The Rock yang jalan-jalan ke sebuah backstage,” tutur Antony.

Thumbnail atau gambar depan video yang diposting pun harus dipilih yang paling menarik mengingat postingan jenis ini mayoritas ditonton anak-anak muda yang kreatif. Paling gak, postinglah satu video dalam kurun satu minggu.

4. Pictures: Perlihatkan dirimu, gaes

Jaman dulu, foto yang paling banyak likes mungkin merupakan foto yang dijepret dengan skill tinggi. Namun, trennya berubah seperti yang dijelasin Charles Porch di awal acara. “Instagram yang dulu bukanlah yang sekarang,” tutur doi. Sekarang, foto yang nampilin muka pemilik akunnya lah yang paling direspon.

“Jangan ragu untuk posting lebih dari satu foto tiap minggu. Fotonya tidak perlu sempurna. Tapi, harus menampilkan wajah sendiri atau bersama teman. Karena dengan cara itu, para follower bisa merasa lebih dekat,” tutur Antony. Oh, iya. Jangan lupa juga cantumin tag, hashtag dan balesin komen orang-orang.

5. Baca Insight: Manfaatin big data

©Genmuda.com/2017 TIM
Dennis Adhiswara, salah satu peserta Instameet yang dateng duluan lagi ngaso di beranda yang eundeus abis. ©Genmuda.com/2017 TIM

Instagram kan juga punya fitur Insight, ya. Jadi, ketahuilah data penting yang fitur tersebut sediakan. Misalnya, data mengenai lokasi, usia, dan gender follower. Atau, data mengenai total akun yang melihat sebuah postingan.

Akan tetapi, yang lebih penting adalah data tetang jadwal online para follower. “Setelah mengetahuinya, postinglah live video, instastories, atau apapun juga sesuai jadwal ramai supaya dapat respon lebih cepat,” ungkap Antony.

6. Jaga kualitas konten

Tips nomor 1-5 merupakan cara teknis yang diungkap petinggi Instagram. Amanda Cerny berbaik hati nambahin dua cara lain. Pertama, dengan jaga kualitas konten. Kalo perlu, mintalah bantuan sama orang lain, terutama untuk menyelesaikan produksi konten sesuai jadwal.

“Saya dibantu paling tidak dua videographer, beberapa fotografer, dan satu tim produksi. Terkadang, asisten saya pun membantu pengambilan gambar. Terutama, saat sedang bikin video lebih dari satu sudut pandang. Itu semua harus dilakukan supaya teratur menghasilkan konten,” kata Amanda Cerny.

7. Kolaborasi!

©Genmuda.com/2017 TIM
Kalo bisa dua, kenapa harus satu!
©Genmuda.com/2017 TIM

Amanda Cerny pun ngingetin kalo kolaborasi merupakan cara ampuh nambahin jumlah follower. Apalagi, kalo kolaborasinya dengan selebgram yang beda audiens dari doi. Terbukti loh saat doi kolab bareng Prilly Latuconsina.

Followernya nambah antara 100 ribu – 200 ribu dalam waktu sehari doang. Sementara itu, kolaborasi dengan berbagai figur di Amerika Serikat bikin jumlah pengikut doi dari di bawah 10 juta bertambah hingga sekarang ada sekitar 17,2 juta. Gak percaya? Coba aja ikutin sendiri. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.