Kamis, 13 Mei 2021
Hiburan

Gak Datang ke Konser ‘D’Essentials of Groove’? Ini 7 Hal Epic yang Udah Kamu Lewatin!

©Genmuda.com/2016 AdityaKonser 'D'Essentials of Groove' di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/9) ©Genmuda.com/2016 Aditya

Genmuda – Berbagai rasa penasaran akan kolaborasi dua band ternama Tanah Air, Maliq & D’Essentials dan The Groove akhirnya udah terjawab lewat konser ‘D’Essentials of Groove’ di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/9). Kamu yang engga datang dijamin nyesel abis, Kawan Muda!

Pengalaman berkesan dari konser ‘D’Essentials of Groove’ tadi malam seakan engga ada abisnya. Maliq & D’Essentials dan The Groove mampu nyajiin penampilan non-stop yang benar-benar seru selama 2,5 jam. Bahkan, kejutan pun udah langsung dihadirin dari awal konser dimulai sekitar pukul 20.30 WIB.

Dengan demikian, engga salah kalo banyak artis juga nungguin konser ‘D’Essentials of Groove’. Energi yang begitu besar bisa terjaga dengan baik di sepanjang konser. Apalagi dengan adanya beragam hal epic kayak 7 contoh berikut ini, yang jelas udah kamu lewatin kalo kamu engga datang ke konsernya:

1. Aransemen matang

Dari awal konser ‘D’Essentials of Groove’, aransemen yang dihadirin Maliq & D’Essentials dan The Groove udah mampu bikin para penonton kagum sekaligus terkejut. Gimana engga? Musik yang dimainin ngisyaratin bahwa mereka bakal ngebuka penampilan dengan lagunya The Groove, eh tapi kemudian yang ditampilin justru lagunya Maliq & D’Essentials yang berjudul ‘Heaven’.

Bukan cuma itu, aransemen yang mendetail lalu terasa pada lagu Maliq & D’Essentials lainnya kayak ‘Kangen’, yang disulap jadi lebih nge-beat dan lebih nge-groove. Menyusul di pertengahan konser, ada pula lagu ‘Katakan dengan Cinta’, yang dibawain Maliq & D’Essentials dan The Groove dengan suasana yang serupa. Hingga jelang akhir konser, nuansa yang agak EDM pun sempat tercipta di lagu ‘The One’, di mana Maliq & D’Essentials dan The Groove kembali berduet.

2. Goyang full dari awal sampai akhir

©Genmuda.com/2016 Gabby
Reza, Indah, Rieka, dan Angga ngajak penonton goyang bareng di konser ‘D’Essentials of Groove’ di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

“Tidak goyang uang kembali”, itulah janji CEO Berlian Entertainment, Dino Hamid jelang konser ‘D’Essentials of Groove’. Janji tersebut ternyata bukan omong kosong, terbukti dengan koreografi Maliq & D’Essentials dan The Groove yang pol-polan bareng sejumlah penari latar dan penampilan mereka secara keseluruhan. Walau di lagu-lagu kayak ‘Sampai Kapan’, ‘Untitled’, ‘Himalaya’, atau ‘Menanti Bintang’ sekalipun, sedikit banyak para penonton tetap asyik goyang.

“Sangat heboh dan gila, sesuai dengan konsep yang kami mau. Mereka [penonton] harusnya emang goyang, nyanyi, senang-senang, dan enerjik. Dari lagu pertama kami sempat deg-degan karena engga ada pemanasan, ibaratnya langsung sikat. Dari kaminya dan dari penontonnya juga udah begitu sampai akhir,” kata vokalis Maliq & D’Essentials, Angga saat ditemui usai konser ‘D’Essentials of Groove’.

Akan tetapi, goyang masal paling petjah di konser ‘D’Essentials of Groove’ terjadi pada saat Maliq & D’Essentials dan The Groove ngebawain lagu ‘Drama Romantika’. Apalagi abis itu disusul mashup ‘Funkier Than Ever’, ‘You Are the Universe’, ‘Get Down on It’, dan ‘Have Fun Go Mad’, jadi makin terbuai aja deh para penonton buat terus-terusin ngegerakin badan sampai keringetan.

3. Indah unjuk kebolehan

Beberapa tahun yang lalu, vokalis Maliq & D’Essentials, Indah pernah ngalamin gangguan pada pita suaranya dan harus turun panggung selama sekitar enam bulan. Namun demikian, tadi malam doi sama sekali engga terkesan kayak pernah ngalamin masalah pita suara. Justru, doi mampu nunjukin kemampuan dan kualitas vokalnya yang prima lewat lagu ‘Funk Flow’, yang dimedley dengan lagu ‘Kangen’. Hal itu pun jelas bikin para penonton bersorak ngasih pujian buat doi.

4. Baper bareng Widi dan Lale

©Genmuda.com/2016 Gabby
Lale sukses bikin baper di konser ‘D’Essentials of Groove’ di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Di awal perjalanan karir Maliq & D’Essentials, satu lagu yang berpengaruh banget buat mereka adalah ‘Untitled’. Menurut Angga, lagu tersebut sebetulnya agak sendu, tapi entah gimana akhirnya malah dipakai sejumlah orang buat nyatain cinta. Oleh karena itu, biar feel-nya makin berasa, tadi malam lagu tersebut dibawain Widi selaku pencipta lagu sambil main gitar, dengan berduet sama Lale, sang gitaris. Mellow-nya dapet, nostalgi(l)anya dapet, dan apalagi bapernya juga dapet.

5. Jadi perempuan seutuhnya bareng Rieka Roeslan

Di sela-sela konser ‘D’Essentials of Groove’, Rieka berulang kali nyempetin diri buat nyapa para penonton perempuan yang hadir. Di lagu ‘Satu Mimpiku’ misalnya, doi ngajak para penonton perempuan buat ikut ngegerakin tangannya, sambil doi ngenalin ketujuh personil The Groove lainnya satu per satu. Predikat doi sebagai yang paling cantik di The Groove pun makin kuat saat doi hadir di atas panggung bareng sejumlah penari latar buat ngawalin lagu ‘Forever You’ll Be Mine’

6. Bagi hadiah gitar gratis

©Genmuda.com/2016 Aditya
Engga cuma ngajak goyang, tapi Maliq & D’Essentials dan The Groove juga bagi-bagi hadiah di konser ‘D’Essentials of Groove’ di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/9) ©Genmuda.com/2016 Aditya

Di sepanjang penampilannya, Maliq & D’Essentials dan The Groove engga henti-hentinya ngebagiin hadiah berupa CD dan merchandise kepada para penonton. Meski begitu, ada satu hadiah yang paling berkesan, yaitu sebuah gitar yang ‘dilempar’ keyboardist Maliq & D’Essentials ke arah penonton.

“Pada saat gitar dilemparkan, terjadi pertempuran antara laki-laki dan perempuan. Saya jadi bilang, ‘Eh udah-udah’ karena lama banget mereka ngototnya,” ungkap Rieka soal aksi pelemparan gitar tersebut usai konser ‘D’Essentials of Groove’ kepada media. (Ya iyalah berebut, siapa juga yang engga mau dapet gitar gratis?)

7. Kostum cetar penuh warna

Satu hal lainnya yang benar-benar terkonsep dari penampilan Maliq & D’Essentials dan The Groove di konser ‘D’Essentials of Groove’ adalah kostum mereka. Walau pergantian kostumnya engga begitu sering, tetap aja kostum yang mereka pakai benar-benar ngasih kesan tersendiri buat penampilan mereka secara keseluruhan.

Di awal penampilannya, para personil Maliq & D’Essentials kompak pakai setelan kostum bernuansa warna hitam dan putih. Sementara jelang akhir penampilannya, para personil The Groove ngegunain kostum yang lebih warna-warni dan para personil Maliq & D’Essentials ngegunain jaket jeans dengan polo shirt putih dan bawahan biru dongker. Pas banget deh buat ngewakilin musik dan pembawaan mereka yang ceria.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Reza dan Rieka tampil cetar membahana penuh warna di konser ‘D’Essentials of Groove’ di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (6/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Well, sebenarnya masih ada banyak hal lainnya yang bisa dikupas dari konser ‘D’Essentials of Groove’. Dari segi song list misalnya, lagu-lagu yang dibawain Maliq & D’Essentials dan The Groove sukses jadi gambaran perjalanan karir mereka selama belasan tahun. Mulai dari ‘Setapak Sriwedari’, ‘Terlalu’, Terdiam’, ‘Mendekat, Melihat, Mendengar’, ‘Bawalah Daku’, ‘Hanya Karena Cinta’, ‘Sepi’, ‘Kayalan’, ‘Pilihanku’, ‘Dahulu’, sampai ‘Coba Katakan Dengan Cinta’, semua engga ada yang terlewat.

Sementara dari segi panggung, konser ‘D’Essentials of Groove’ juga terbilang apik banget. Walau engga banyak atributnya, tata visualnya udah cukup ngasih kesan waw pada tampilan panggung secara keseluruhan. Sama kayak konsep kostum, konsep panggung tersebut lagi-lagi juga berhasil nampilin keunikan yang dimiliki Maliq & D’Essentials dan The Groove. Rugi banget deh kalo kamu engga datang, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer