Minggu, 3 Maret 2024

Genmuda – Pasca Pandemi Covid-19, sejumlah konser musik kian menjamur di Tanah Air, baik musisi lokal hingga internasional. Kabar baiknya, ternyata banyak dari Kawan Muda yang lebih suka menonton konser musisi lokal ketibang musisi internasional.

Fakta tersebut diambil dari studi terbaru Populix dalam laporan bertajuk “Beyond Borders: A Study of Indonesian Concert-Goers’ Behavior” yang mengulas bagaimana antusiasme masyarakat Indonesia terhadap perhelatan konser musik di Indonesia maupun luar negeri.

“Studi kami mengungkap antusiasme tinggi masyarakat Indonesia terhadap konser musik, bahkan diproyeksikan akan terus meningkat di tahun 2024. Band maupun penyanyi lokal banyak diminati oleh mayoritas responden, hal tersebut menjadi sinyal positif untuk industri musik di Indonesia,” ungkap Co-Founder & COO Populix, Eileen Kamtawijoyo.

“Selain konser musik dalam negeri, konser di luar negeri juga diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia karena menyuguhkan pengalaman baru sambil berlibur. Tingginya antusiasme dan minat masyarakat Indonesia terhadap konser musik ini diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian kreatif dan pariwisata, sehingga bisnis dan penyelenggara acara pun harus semakin kreatif dan proaktif untuk memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menikmati hiburan di era pasca pandemi,” sambungnya.

Di tahun 2023, sebanyak 42% responden mengatakan bahwa mereka telah menghadiri konser musik, dengan 32% di antaranya menghadiri konser lebih dari tiga kali dalam setahun terakhir. Angka ini diproyeksikan akan meningkat pada tahun 2024, di mana 57% responden berencana untuk menonton konser, dengan mayoritasnya akan menonton setidaknya satu sampai tiga konser musik.

Laporan Populix ©Populix/2024

Mayoritas responden memiliki preferensi harga tiket kurang dari 1 juta rupiah (51%) untuk satu konser. Selain itu, 57% responden lebih menyukai konser musik dalam bentuk festival dan 43% sisanya memilih konser musik tur. Performer lokal (51%) menjadi pilihan utama responden, disusul oleh penyanyi atau group band K-Pop (26%) dan penyanyi atau band internasional lainnya (23%).

Selain konser musik dalam negeri, konser di luar negeri juga memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak responden, terlihat dari 61% responden yang memiliki rencana untuk menghadiri konser musik di negara lain. Untuk menghadiri konser musik di luar negeri ini, 60% responden sudah menyiapkan anggaran lebih dari 10 juta rupiah. Sumber dana untuk menghadiri konser musik di luar negeri ini kebanyakan menggunakan dana tabungan, gaji, dan uang jajan.

Tingginya minat ini didorong oleh keinginan untuk melihat performer tertentu yang mungkin tidak mengadakan tur ke Indonesia, serta keinginan untuk menikmati liburan sambil menghadiri konser musik sehingga membuat pengalaman semakin berkesan dan menyenangkan. Dalam memilih akomodasi untuk tinggal selama perjalanan menonton konser musik di luar negeri, mayoritas responden memilih budget hotel (61%) sebagai tempat menginap dengan durasi 1 sampai 3 hari.

Responden juga menunjukkan preferensi untuk mengunjungi konser musik di Korea Selatan (30%) dan Singapura (30%), disusul dengan negara lain seperti Eropa (12%), Jepang (9%), Amerika Serikat (8%), Malaysia (5%), Thailand (3%), dan Australia (3%).

Comments

comments