Rabu, 7 Desember 2022

Genmuda – Siapa sih yang engga tau Pokémon? Apalagi untuk Kawan Muda yang sempat ngerasain indahnya tahun 90-an, pastinya bakal pengen banget nyobain game yang paling happening saat ini ‘Pokémon Go’.

Pokémon Go sendiri adalah game buatan pengembang Niantic yang bisa kamu mainin di hampir seluruh perangkat iOS dan Android (yang tabah ya pengguna prosesor Intel). Saking populernya, game ini disebut-sebut bakal ngubah kebiasaan netizen yang keranjingan nangkepin Pokémon.

Simpel sekaligus memberikan pengalaman baru

Secara visual, tampilan antarmuka Pokémon Go bisa dibilang simpel. Kamu bakal disuguhin dengan avatar kamu yang bergerak sesuai dengan pergerakan kamu di dunia nyata, bahkan peta yang dipake juga sesuai dengan keadaan sekeliling kamu yang dibalut dengan efek animasi. Navigasi antar menu juga terbilang cukup gampang dan bisa diakses dengan mudah cukup dengan satu jempol kamu.

Pas lagi mau nangkep Pokémon atau lagi battle juga kamu bakal dibuat kayak orang gila, secara default kamu bakal langsung ngerasain mode AR (Augmented Reality) yang keren. Dengan berbekal kamera ponsel yang kamu punya ditambah animasi Pokémon yang lagi beraksi, bakal ngebuat seolah-olah mereka beneran ada di dunia nyata! Untungnya buat kamu yang ngerasa pengalaman AR yang dikasih masih kurang smooth atau bikin pusing, ada juga opsi untuk matiin mode AR tersebut.

Alhamdulillah jadi rajin ke masjid (c) Genmuda.com/Sari Muda
Alhamdulillah jadi rajin ke masjid (c) Genmuda.com/Sari Muda

Setelah beberapa hari mainin Pokémon Go, Genmuda.com rasa game ini seru banget apalagi kalo dimainin bareng temen atau mungkin gebetan kamu gaes. Soalnya pengembang game ini emang sengaja ngebuat sistem yang unik seperti ini supaya gamers bisa jauh lebih sehat dan bisa mengenal lingkungan sekitarnya.

Kapan lagi coba kita lari sepanjang 5 KM dan bisa netasin telur Pokémon yang (bisa jadi) Pokémon langka. Bahkan pas ujicoba, Genmuda,com sempet lari-lari muterin parkiran mall cuma buat ngumpulin Poké Ball di Pokéstop terdekat. *niat

Akhirnya netas juga setelah lari 5 KM, penasaran engga liat isinya? (c) Revina Anggraini
Akhirnya netas juga setelah lari 5 KM, penasaran engga liat isinya? (c) Revina Anggraini

Kalo kamu udah berhasil nangkepin banyak Pokémon dan naik ke level 5, kamu bakal disuruh milih faction / tim sesuai dengan selera kamu. Logo tiap-tiap tim tersebut adalah Pokémon legendaris yang super langka gaes, mungkin kalo kamu dulu sempat nonton film Pokémon bakal ngenalin siapa-siapa aja Pokémon langka itu dan termasuk ke tipe Pokémon apa mereka.

Kalo kamu udah puas nangkepin Pokémon, saatnya kamu jajal kemampuanmu di Pokémon Gym, di sini kamu bisa battle dengan Pokémon lain untuk ngerebutin Gym tersebut, kalo tim kamu berhasil dapetin Gym itu, maka kamu bisa training di situ.

Ambil alih Gym musuh! (c) Revina Anggraini
Ambil alih Gym musuh! (c) Revina Anggraini

Masalah bug dan memakan banyak daya baterai smartphone

Di balik semua keseruan itu, emang pasti ada hal yang bikin bete dan malesin gaes. Genmuda.com rasa mode battle yang dipake masih harus direvisi, kesannya terlalu monoton dan kurang menantang. Mungkin akan lebih baik kalo make sistem turn based, layaknya game klasik. Ditambah lagi masih banyak bug dan server yang masih sering error, kebanyakan sih Pokémon kalian bakal tewas dalam battle gara-gara gamenya masih patah-patah.

Selain itu Kawan Muda juga bakal frustasi karena mendadak game-nya freeze engga bisa dipencet, atau mungkin kalian udah berhasil ngelempar Poké Ball ke Pikachu langsung game mendadak ngadat, mau engga mau sih kalian bakal restart atau close apps, tapi sayangnya belum tentu kamu berhasil dapetin Pokémon itu lagi.

Bete kan lagi pengen hunting Pokémon malah dikasih layar kaya gini (c) Revina Anggraini
Bete kan lagi pengen hunting Pokémon malah dikasih layar kaya gini (c) Revina Anggraini

Nah berhubung game ini membutuhkan internet, GPS dan kamera smartphone kamu, siap-siap aja baterai hape kamu bakal cepat abis, karena emang ini game bisa dibilang adalah game super boros baterai yang pernah Genmuda.com coba, walaupun udah pake fitur battery saver yang ada diopsi game.

Dalam review kali ini Genmuda.com pake Samsung Galaxy Note 4, bahkan ponsel sekelas Note 4 aja hanya bertahan 2 jam kalo terus-terusan main Pokémon Go. Jadi kalo kalian belum punya powerbank, mungkin ini saat yang tepat untuk beli 1 atau 2 powerbank kapasitas besar.

Wrap-Up
Pros
+ Visual bagus
+ Gameplay unik
+ Bikin badan sehat
+ Nostalgia

Cons
– Bug dimana-mana
– Baterai boros banget
– Sistem battle yang kurang seru


Kesimpulannya Niantic selaku developer emang patut diancungi jempol karena berhasil ngebuat game yang seru dan ngebuat gamer jadi hobi jalan-jalan. Semoga aja mereka bisa cepat ngatasin bug yang masih banyak supaya gamer awam engga langsung bete pas nyobain dan langsung uninstall game ini. Namanya juga game baru, jadi mari kita bersabar menanti polesan selanjutnya dari Pokémon Go! Keep up to date gaes!

Our Score

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast