Minggu, 3 Maret 2024

Genmuda – iPhone menjadi salah satu smartphone yang cukup populer di dunia, bahkan di Indonesia. Meski harganya cukup mahal, banyak orang yang rela merogoh kocek –sampai pinjol– untuk bisa memiliki perangkat canggih keluaran Apple tersebut.

Tapi namanya juga barang elektronik, pasti akan ada masa dan waktu penggunaannya. Dan salah satu masalah yang sering dialami oleh Apple Fanboy adalah masalah baterai.

Nah, daripada Kawan Muda menyesal karena baterai iPhone kalian gampang nge-drop. Berikut Genmuda.com bahas 10 tips untuk merawat baterai iPhone supaya tetap awet dan gak cepat rusak.

1. Hindari Pengisian Berlebihan

iPhone 15 ©REUTERS

Jangan biarkan iPhone terus terhubung ke charger setelah baterai mencapai 100%. Soalnya hal ini akan mempercepat umur baterai. Meski di iPhone seri terbaru sudah melakukan pemberhentian pengisian daya di angka 80%, tidak ada salahnya jika kamu mencabut charger di kisaran 80-95%.

2. Gunakan Charger Resmi

Selalu gunakan charger dan kabel yang resmi dari Apple atau perangkat yang terjamin kualitasnya. Hal ini berguna untuk menghindari kebocoran baterai. Hindari juga pengisian baterai dengan power bank atau charger di mobil/motor, kecuali kepepet banget.

3. Jaga Suhu Optimal

Nah, yang tidak kalah penting, selalu hindari penggunaan iPhone dalam suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Overheat diketahui akan mempercepat umur baterai sebagaimana mestinya.

4. Aktifkan Mode Hemat Energi

Gunakan mode hemat energi saat baterai hampir habis untuk memperlambat konsumsi daya. Cara ini sekaligus berguna untuk memantau penggunaan baterai.

5. Hindari Pemakaian Ekstrem

Batasi penggunaan aplikasi atau tugas yang berat, terutama pada suhu tinggi. Jadi jangan keseringan di-geber untuk main Mobile Legeds dan kawan-kawannya. Ingat, iPhone bukan ponsel gaming, loh.

6. Perbarui Perangkat Lunak

iPhone 14 ©REUTERS

Pastikan perangkat lunak iOS kamu selalu diperbarui, karena pembaruan dapat meningkatkan efisiensi baterai. Apple memang rutin melakukan pembaruan iOS untuk mengatasi sejumlah masalah pengguna iPhone.

7. Jaga Kesehatan Baterai

Kawan Muda juga bisa menggunakan fitur Health Battery (Baterai Sehat) di pengaturan iPhone untuk memonitor kondisi baterai. Jika statusnya memang harus segara mengganti baterai, jangan ragu untuk menggantinya agar performa iPhone kamu bisa seperti baru lagi.

8. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Kamu juga bisa matikan fitur seperti Bluetooth, Lokasi, dan Wi-Fi jika tidak diperlukan. Meski kini ketiga fitur tersebut dapat menyala secara otomatis, namun saat kamu dalam ruangan susah sinyal atau mungkin sedang meeting, tidak adalah salahnya mengaktifkan Mode Pesawat.

9. Gunakan Mode Pesawat Saat Sinyal Lemah

Seperti disinggung di poin sebelumnya, saat berada dalam area dengan sinyal yang lemah, aktifkan mode pesawat untuk menghindari pencarian sinyal yang berlebihan. Soalnya hal ini akan memaksa kinerja iPhone semakin berlebih dan membuatnya baterai jadi cepat panas.

10. Hindari Overheating

Terakhir, jauhi paparan iPhone terhadap sinar matahari langsung. Kawan Muda juga wajib mengurangi penggunaan berlebihan yang dapat menyebabkan pemanasan berlebih.

Itu dia 10 tips merawat baterai iPhone supaya awet dan gak cepat rusak. Kalau Kawan Muda ada pertayanaan lain, gak usah ragu untuk tulis di kolom komentar.

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman