Jum'at, 15 Januari 2021

Genmuda – Yoks, buat Kawan Muda yang udah siap-siap masuk kampus baru Genmuda.com mengucapkan selamat ya. Dan buat para senior yang bakal memberikan ospek para juniornya kami juga ucapkan, selamat mengemban pekerjaan mulia dan jangan kebanyakan ‘Tebar Pesona dan Tebar Jala Asmara’ (Apaan sih!).

Kalo sebelumnya Genmuda.com udah pernah kasih contoh tipe senior yang akan kamu temui di kampus, sekarang giliran para senior yang akan kita kasih tips menarik buat memilih divisi panitia ospek. Sekedar informasi aja gaes, sejumlah kampus emang udah ada yang menghapus ospek, tapi opsek sendiri biasanya punya tiga level (kayak main game), mulai dari ospek universitas, fakultas, dan jurusan.

Ketiganya sih sama-sama penting, yang membedakan cuma skalanya aja kok. Oleh sebab itu, para junior bisa aja nemuin satu panitia ospek di tiap level tersebut. Nah, dalam divisi panitia ospek sendiri sebenarnya ada lagi tingkatan ‘kasta’ loh. Dalam artian ada divisi yang dianggap paling populer, keren, baik, sampai yang biasa aja. Berikut tingkatannya:

1. Divisi Konsumsi

Pokoknya anti kelaparan, lihat aja dua cowok di belakang (Sumber: Blogspot)
Pokoknya anti kelaparan, lihat aja dua cowok di belakang (Sumber: Blogspot)

Urusan perut emang jadi nomor satu. Sayangnya divisi satu ini justru berada di urutan paling belakang dalam urusan populer. Namanya juga ngurusin makanan, otomatis mereka bermain di ‘dapur’ dan hanya muncul di jam-jam waktu istirahat. Melihat karakternya 11-12 sama ibu kantin, akhirnya senior cewek lebih suka gabung di divisi konsumsi. Kebanyakan yang gabung cantik-cantik loh.

2. Divisi Logistik

Cewek-cewek tangguh juga ada yang suka masuk divisi ini kok. (Sumber: Istimewa)
Cewek-cewek tangguh juga ada yang suka masuk divisi ini kok. (Sumber: Istimewa)

Para cowok otot kawat tulang besi biasanya getol masuk di divisi yang berhubungan dengan alat-alat logistik, tapi ada juga sebagian cewek-cewek tangguh masuk ke sini. Meski terlihat jarang tampil, merekalah orang di balik layar yang menyiapkan peralatan komunikasi panitia ospek, membersihkan ruangan buat para maba, hingga menghubungi jasa sewa tenda hingga kursi *penting. Karena lebih banyak kerja di balik layar, mereka pun sangat jarang berinteraksi langsung sama maba.

3. Divisi Transportasi

Tiga orang biasanya udah paling banyak gaes! (Sumber: Blogspot)
Tiga orang biasanya udah paling banyak gaes! (Sumber: Blogspot)

Kalo yang satu ini tugasnya mirip kayak Jason Statham di film ‘The Transporter’. Dikarenakan ospek itu diadakan jam 7 pagi, otomatis panitia ospek harus bangun lebih pagi. Dan orang di divisi transportasilah yang punya peran menjemput atau mengantar hal-hal krusial, seperti mengambil makanan yang dipesan anak konsumsi atau anterin anak logistik beli kebutuhan tak terduga. Jumlah populasi mahasiwa yang gabung di divisi ini pun biasanya bisa dihitung jari. *sedih.

4. Divisi Publikasi dan Humas

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Level selanjutnya bisa dibilang tingkat menengah. Biasanya banyak senior YOLO alias asik yang gabung di divisi ini. Karena tugas mereka wajib memberikan informasi dari pihak kampus ke maba, otomatis udah ada interaksi dengan maba. Di tambah lagi mereka harus mendokumentasikan kegiatan ospek, engga heran juga banyak maba yang aware kalo mereka tiba-tiba di-candid sama anggota divisi publikasi. Awas di-gocek senior.

5. Divisi Medik

Tahap pertama kamu balakan ditanyain macem-macem sama mereka. (Sumber: Istimewa)
Tahap pertama maba balakan ditanyain macem-macem sama mereka. (Sumber: Istimewa)

Kalo ada divisi yang memantau maba dari jarak jauh dan sigap ambil tandu kalo ada yang sakit atau pingsan, itu adalah divisi medik. Sebelum persiapan ospek biasanya tugas mereka adalah memastikan kondisi para maba, mulai nanya riwat penyakit, sampai daftar mantan (Yakali). Intinya mereka ibarat perawat yang standby jagain para maba.

6. Divisi Acara

Jadi MC Ospek kayak gini misalnya (Sumber: Istimewa)
Jadi MC Ospek kayak gini misalnya (Sumber: Istimewa)

Divisi ini bisa dibilang udah masuk urutan top three dalam kepopuleran panitia ospek. Sering banget ketemu maba, hingga mengatur jalannya acara ospek merupakan tugas utama anak-anak acara. Orang yang kreatif dan (sorry to say) doyan tampil di depan publik udah pasti bakalan gabung di divisi ini. Kalo pas ospek nanti kamu disuruh-suruh pakai atribut aneh, percayalah sebagian besar konsep konyol itu berasal dari anak acara.

7. Divisi Komisi Disiplin

Punten Akang Teteh... (Sumber: Istimewa)
Punten Akang Teteh… (Sumber: Istimewa)

Nah, buat senior yang tegas dan pupulak (baca: pura-pura galak) bakalan merapat ke dalam divisi ini. Jika ada maba yang susah diatur, selengean, dan engga tertib, maka orang ini ada dibaris depan. Buat para cowok-cowok mungkin bakalan keliatan sangar, dan buat yang cewek-cewek bakalan keliatan jutek dan susah ditaklukin. Tapi tenang, marah dan tegasnya mereka biasanya cuma settingan. He-he.

8. Divisi Pendamping Kelompok

Senior cewek di tengah jangan sampai lolos. #eaaa... (Sumber: Istimewa)
Senior cewek di tengah jangan sampai lolos. #eaaa… (Sumber: Istimewa)

Inilah divisi yang paling populer selama penyelenggaraan ospek. Tugas mereka umumnya memandu para kelompok maba supaya tertib dan mendengar keluh kesah para maba. Ibarat Pak Lurah, senior yang menjadi pendamping kelompok mampu mengayomi para junior. *tsah! Engga heran jika perhatiaan ‘si kakak’ jadi bikin ‘si adek’ salah tingkah setelah ospek. #eaaa…

Well, walaupun tingkat kepopuleran mereka berbeda-beda, tapi tiap divisi punya peran yang sama pentingnya ya. Jadi engga ada yang namanya superior atau inferior. Selamat menjalani ospek, Ciao!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.