Minggu, 7 Maret 2021

Genmuda – Ngejalanin dunia perkuliahan ada kalanya bakal agak berat, apalagi buat kamu yang baru beralih dari masa SMA. Untungnya, kamu engga harus ngejalanin hal itu sendiri, soalnya teknologi bakal ikut ngebantu kamu, Kawan Muda.

Di jaman yang udah canggih kayak sekarang ini, engga bisa diungkiri kalo berbagai aspek kehidupan bisa dipermudah dengan bantuan teknologi, termasuk dunia perkuliahan kamu. Dengan bantuan beragam aplikasi, kamu engga cuma bisa belajar dengan lebih cerdas, tapi juga efektif.

Intinya, daripada kamu cuma ngegunain waktu luang yang kamu punya sebelum kuliah buat berburu Pokemon di permainan Pokemon Go, mending kamu download beberapa aplikasi buat nunjang kuliah kamu, Kawan Muda. Berikut ini adalah 7 di antaranya, yang semoga bakal ngemudahin kuliah kamu:

1. Babylon

(Sumber: getplayapps.com)

Engga peduli kamu anak Sastra atau bukan, yang jelas aplikasi ini bakal tetap ngebantu kamu lebih baik daripada Google Translate. Aplikasi ini nyediain hasil kamus dan terjemahan lengkap buat beragam bahasa. Dengan integrasi dan akses ke lebih dari 1.500 daftar istilah dalam 75 bahasa, kamu otomatis engga bakal kesulitan buat nemuin definisi yang akurat. Aplikasi ini tersedia di iOS dengan nama iBabylon dan di Android dengan nama Babylon Translator.

2. Jumpcut

(Sumber: retrotechs.com)

Beruntung buat kamu para pengguna Mac, aplikasi ini bakal ngemudahin kamu buat nge-copas tulisan. Aplikasi ini jelas bakal ngebantu kamu banget, mengingat ada banyak hal lain yang bisa kamu lakuin ketimbang copas sepanjang hari. Aplikasi ini bakal ngeringanin pekerjaan kamu dengan ngemungkinin kamu nge-copy teks sebanyak yang kamu pengen dan nge-paste dengan penekanan tombol sederhana.

3. StudyBlue Flashcards & Quizzes

(Sumber: lifehack.org)

Ngegunain flashcards emang bisa jadi cara yang efektif buat ngingat informasi. Tapi, ngebuat flashcard-nya itu sering kali justru engga mudah dan malah bikin kamu pusing sendiri. Untungnya, dengan StudyBlue, kamu bisa ngegunain teks, gambar, dan audio buat ngebikin tumpukan flashcard digital yang sempurna. Kamu pun bisa nyari dan minjam flashcard orang lain di basis data yang tersedia. Aplikasi ini bisa kamu peroleh di perangkat iOS dan Android.

4. BenchPrep Companion

(Sumber: blog.grabon.in)

Buat kamu yang bakal kuliah di luar negeri atau kampus luar maupun kelas internasional yang ada di Indonesia khususnya, aplikasi ini wajib banget kamu download. Aplikasi ini bakal ngebantu kamu buat belajar dan nyiapin diri jelang ujian GRE, GMAT, LSAT, MCAT, ACT, SAT, serta lebih dari 50 jenis ujian lainnya. Ada ratusan pertanyaan latihan, flashcard, dan hampir 600 materi yang bisa kamu gunain di aplikasi ini. Sama kayak aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga tersedia di iOS dan Android.

5. Dragon Dictation

(Sumber: mobileinsider.net)

Selamat tinggal ngetik lama-lama! Dengan aplikasi yang ngegunain software pengenalan suara akurat ini, omongan kamu bakal diubah jadi teks. Baik kamu cuma pura-pura ngomong ke orang lain buat bikin pidato atau bahkan mau update status, aplikasi ini bisa ngebantu kamu. Apalagi kalo kamu ada tugas esai panjang dan kamu capek ngetik atau kamu tipe yang lebih suka ngomong daripada nulis, aplikasi yang tersedia di iOS ini jelas bakal berguna banget.

6. EasyBib

(Sumber: theunquietlibrarian.wordpress.com)

Saat ngerjain makalah atau tugas akhir kayak skripsi, biasanya kamu bakal diminta buat nyantumin daftar pustaka. Iya sih Microsoft Word memang udah nyediain fitur buat bikin daftar pustaka. Tapi, aplikasi ini terbilang lebih canggih soalnya kamu cuma tinggal nge-scan barcode buku yang kamu kutip atau masukin judul buku tersebut tanpa perlu ribet lagi. Bahkan, aplikasi ini bakal ngemungkinin kamu buat nge-email dan ngeeksport daftar pustakanya.

7. LinkedIn

(Sumber: blog.linkedin.com)

Dunia perkuliahan bukan cuma sekedar ngejalin hubungan personal, tapi juga profesional. Berkat LinkedIn, ngejalin hubungan profesional kini udah lebih mudah. Ditambah lagi dengan aplikasinya yang tersedia di iOS dan Android, kamu pun otomatis bisa ngejalin hubungan dengan siapa aja, kapan aja, dan di mana aja. Buruan download gih, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer