Sabtu, 5 Desember 2020

Genmuda – Kabar pendaurulangan serial “Baywatch” ke layar lebar yang rame diomongin beberapa bulan lalu bikin orang-orang penasaran bukan main. Kombinasi pantai, bikini, perut six pack, muka cakep, dan drama percintaan klise kan menarik banget.

Setelah film garapan sutradara Seth Gordon itu diputer terbatas di Indonesia, Rabu lalu (12/7), ternyata film ini gak cuma “jualan” keklisean film pantai. Akan tetapi, juga nawarin komedi yang bikin penonton di bioskop ngakak terpingkal-pingkal.

Naskah karya Jay Scherick, Damian Shannon, dan empat orang lain dalam mendaur ulang naskah original buatan Michael Berk, Dougas Schwartz, dan Greg Bonann juga patut dapet nilai B+. Bukan karena menampilkan drama kriminal penuh ketegangan, tapi karena udah berusaha dengan baik meski gagal total.

Chemistry keren antara dua pemeran utama

via Istimewa
Ceng-cengan The Rock (kiri) dan Zac Efron (kanan) keren abis. (Sumber: Istimewa)

“Baywatch” dimulai sama adegan heroik Mitch Buchannon (Dwayne “The Rock” Johnson) nyelametin orang yang kecelakaan saat lagi main selancar-parasut. Setelah menyelesaikan orang tugas lapangan, Mitch harus balik ke kantor dan ngelakuin tugas kepanitiaan seperti halnya para pekerja lain di seluruh dunia.

Bersama Stephanie Holden (Ilfenesh Hadera) dan CJ Parker (Kelly Rohrbach), doi mengadakan seleksi penerimaan anggota Baywatch (pengawas pantai). Pada saat seleksi itulah dateng Matt Brody (Zac Efron) si peraih dua medali emas olimpiade. Terus, muncul juga Summer Quinn (Alexandra Daddario) dan Ronnie (Jon Bass).

Chemistry antara Matt dengan Mitch langsung terasa karena keduanya langsung ceng-cengan. Ketika dikatain mirip Justin Bieber, Backstreet Boys, One Direction, NSYNC, dan deretan cowok cantik standar boyband lainnya, Matt gak pernah berkutik.

via istimewa
Ilfenesh Hadera (kiri) paling anak pantai. Alexandra Daddario (kanan) paling jual badan. (Sumber: Istimewa)

Saat anak-anak Baywatch sedang menjaga pantai, tiba-tiba ada bungkusan narkoba yang hanyut hingga ke tepian. Gak lama berselang, dateng Victoria Leeds (Priyanka Chopra) ngundang semua anak Baywatch ke pesta pembukaan hotel barunya.

Mitch menduga Victoria tuh dalang di balik perdagangan narkoba dan sejak itulah cerita tentang penjaga pantai yang bagus karena memperkenalkan jokes, kehidupan, kebiasaan, dan romansa anak-anak pantai mendadak berubah jadi drama kriminal.

Becandaan “seputar selangkangan”

via Istimewa
Kelly Rohrbach yang bakal bikin para nerd mupeng. (Sumber: Istimewa)

Genmuda.com saranin: jangan nonton film ini sama orang tua! Soalnya, banyak adegan “jualan” bodi yang bikin cowok bengong dan cewek gigit bibir. Becandaan antar karakternya juga selalu engga jauh-jauh dari “selangkangan.”

Sayangnya, becandaan itulah yang justru bikin ngakak sementara becandaan ala nerdy dan ala standup comedy-nya gak begitu terasa. Ibarat main game tembak-tembakan, banyak jokes yang gak tepat sasaran. Tapi, penonton tetep terhibur karena jokesnya banyak banget.

Bahkan adegan “behind the scene” yang diputer sepanjang credit juga masih bikin orang-orang ngakak dengan becandaan seputar selangkangan. Jadi, kamu yang suka becanda jorok bakalan suka banget sama “Baywatch” yang ini.

Lebih baik jangan jadi film kriminal

via Istimewa
Priyanka Chopra cakeppp. (Sumber: Istimewa)

Sayangnya, penikmat film kriminal action bakal kecewa berat. Soalnya, karakter penjahatnya sama sekali gak kuat, mungkin lebih tepatnya tuh kurang dieksplor. Kelicikan si penjahat ini sebenernya keliatan. Hanya aja, jokes garing dua tangan kanannya bikin kesan jahat kelompok itu menguap.

Udah gitu, adegan berantemnya sama sekali gak memuaskan. Padahal, ada Dwayne Johnson yang notabene merupakan alumni organisasi gulat WWE dan beberapa kali jadi bintang tamu acara WrestleMania.

via Istimewa
The Rock kurang adegan berantem. (Sumber: Istimewa)

Sutradara dan penulis naskahnya mungkin pengen meniru kesuksesan “21 Jumpstreet” dan “22 Jumpstret” dalam gabungin jokes, pantai, dan drama kriminal. Namun, mereka lupa kalo kehidupan anak pantai yang sesungguhnya seperti yang terjelaskan di “Baywatch” original tuh juga keren.

Misalnya konflik, adegan laga, dan kehidupan karakter-karakter di film itu lebih anak pantai, pasti film ini keren. Oleh karena itu, Genmuda.com cuma bisa komentar kalo remake “Baywatch” cukup menghibur walau adegan action dan ceritanya kurang berkesan buat penonton. Sambil nunggu filmnya tayang di Indonesia pada 19 Juli nanti, tonton dulu trailernya di bawah ini:

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.