Jum'at, 4 Desember 2020

Genmuda – Industri perfilman Tanah Air makin lama makin keren aja nih, Kawan Muda. Hal tersebut salah satunya terbukti lewat diselenggarainnya ‘Viddsee Juree Awards 2016’.

‘Viddsee Juree Awards’ merupakan suatu gebrakan berupa acara offline pertama Viddsee di awal tahun 2016 ini. Penghargaan ini adalah sebuah langkah awal Viddsee buat ngerayain film pendek Asia dari berbagai genre, baik fiksi, dokumenter, maupun animasi.

Well, kita patut berbangga nih, Kawan Muda. Indonesia ternyata dapat kehormatan sebagai negara pertama yang terpilih buat ngeluncurin edisi perdana ‘Viddsee Juree Awards’, dimana pembuat film pendek Tanah Air dapat kesempatan buat filmnya ditonton dan dipilih oleh panel juri internasional.

Mengingat ini adalah offline award pertama kami, kami sangat antusias dengan kualitas film-film yang didaftarkan. Acara ini hanya puncak dari gunung es dari potensi cerita-cerita dari Indonesia,” ungkap Ho Jia Jian, co- founder Viddsee, dalam siaran pers yang diterima Genmuda.com.

Nah, setelah ngelewatin proses seleksi yang cukup ketat, terpilihlah 10 judul buat program ‘In Competition’ dan 50 judul buat program ‘Out of Competition’. Film-film yang terpilih di program ‘In competition’ bakal berkompetisi buat ngerebut 2 kategori pemenang, yaitu Gold dan Silver Award. Seluruh film yang terpilih pun bakal bisa ditonton oleh jutaan penonton online di viddsee.com.

(Sumber: viddsee)

Yang lebih menariknya lagi, juri-juri Viddsee Juree Awards 2016 ini keren-keren banget loh, Kawan Muda. Mereka adalah Masoud Soheili — sutradara film indie pemenang penghargaan asal Iran, James Lee — pembuat film veteran asal Malaysia, dan Eiji Shimada — sutradara asal Jepang yang memulai karirnya sebagai pembuat film-film indie dan kini juga aktif di Sapporo Short Fest.

Acara ini adalah sebuah fondasi yang sangat baik yang diprakarsai oleh komunitas film. Saya sangat menantikan kesempatan untuk menonton film-film dengan kearifan lokal dari para pembuat film yang menjanjikan dari Indonesia,” kata Masoud.

Bukan cuma itu, para pemenang edisi pertama Viddsee Juree Awards ini juga bakal dapat hadiah yang engga kalah keren. Pemenang Gold Award bakal dapat hadiah liburan ke Singapura buat berkunjung ke HQ Viddsee dan 1 unit kamera Blackmagic URSA EF senilai 4995 dolar. Sebaliknya, pemenang Silver Award bakal dapat 1 unit kamera Blackmagic Cinema Camera EF senilai 1995 dolar.

Lantas, Viddsee itu apa sih? FYI, Viddsee merupakan sebuah multiplatform online yang nampilin sekaligus ngepromosiin kumpulan film pendek dan cerita Asia hasil pilihan. Dengan basis audiens yang luas di lebih dari 100 negara, fokus utama Viddsee buat pertemuin pembuat film pendek dan cerita Asia terbaik dengan para penontonnya lewat wadah yang mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun.

Vidsee udah ngejalin hubungan dan bekerja sama dengan banyak komunitas film lokal dari seluruh kawasan Asia. Platform Viddsee menjadi pilihan bagi para pembuat film pendek buat ngebagiin kisah mereka kepada penonton luas. Viddsee Juree Awards 2016 pun jadi bentuk kerjasama yang udah terjalin dengan baik tersebut sekaligus jadi salah satu komitmen Viddsee buat jadi bagian dari pembuat serta komunitas film di seluruh Asia, terutama di Indonesia.

Rencananya, para pembuat film bakal nerima Viddsee Juree Awards 2016 pada Malam Penganugerahan yang dilaksanain di Jakarta. Acara tersebut bakal diadain bertepatan dengan Bulan Film Nasional, yang jatuh pada bulan Maret. Don’t miss it, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer