Minggu, 29 Januari 2023
Kekinian

Balada Kereta Cepat yang Ditentang Lewat Tagar #StopKeretaCepat oleh Netizen

Pengunjung mengamati miniatur kereta cepat dalam Pameran Kereta Cepat Dari Tiongkok di Jakarta, Kamis (13/8). Pemerintah Indonesia merencanakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan Pamerintah Tiongkok merupakan salah satu pihak yang menawarkan kerjasama dalam pembangunan kereta cepat tersebut. (foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nz/15)

Genmuda – Sedikit ngomongin pembangunan negeri ini yuk Kawan Muda! Tengah hari Selasa (2/2) sehabis hujan, masyarakat Indonesia dihadapin sama program yang dicanangkan sama pemerintah, yaitu kereta cepat Jakarta-Bandung.

Sebenarnya proyek dengan nama ‘High Speed Railway Project’ tersebut udah lama banget jadi salah satu program pembangunan pemerintahan Pak Jokowi dan digadang-gadang bakal jadi solusi infrastruktur, ekonomi, sampai pengurangan kedapatan penduduk (yang mayoritas berpusat di Jawa Barat). Eits, meski kedengarannya keren tapi banyak masyarakat yang justru menentang pengerjaan proyek tersebut.

Kekhawatiran dari masyarakat kita emang banyak. Mulai dari jiper kalo aset BUMN bakalan pindah tangan ke Tiongkok, ngerasa kurang efektif, belum butuh-butuh banget, sampai yang paling mendasar adalah kenapa engga dibangun di luar pulau Jawa? Nah, selain itu semua, banyak pihak dan pengamat yang ngerasa kalo program kereta cepat seperti dipaksain.

Wacana ini akhirnya berkembang di dunia maya pada hari Selasa (2/2) siang dan menjadi trending topic di Indonesia. Lewat tagar #StopKeretaCepat sejumlah netizen menyampaikan pendapat mereka untuk membatalkan proyek tersebut. Mau tahu gimana? Berikut celotehan mereka:

 

Terlepas dari kometar yang ada nih, pembangunan kereta cepat juga diisukan terganjal sama masalah analisa mengenai dampak lingkungan (amdal). Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, langsung menanggapi hal tersebut dan menyatakan kalo dari sisi lingkungan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung layak sehingga izin pun dikeluarkan.

“Kalau kelayakan lingkungannya ya sudah layak makanya keluar izinnya bahwa amdal diperbaiki ya memang setiap saat diperbaiki,” kata Siti Nurbaya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/2), dilansir dari Antara.

Singkatnya sih, proyek kereta cepat emang masih jadi PR besar pemerintah dengan –jadi atau engganya. Sebaliknya kalo kamu sebagai Generasi Muda punya pendapat lain soal kasus ini, langsung aja kasih komentar di bawah ini ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.