Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Jaman sekarang, para developer game selalu berusaha mempercantik tampilan dan memperbarui gameplay video game. Salah satunya adalah game kekinian, Pokemon Go.

Tapi bukan soal Pokemon Go yang bakalan Genmuda.com bahas kali ini, melainkan soal game jadul yang engga kalah seru dan bisa bikin kamu makin ketagihan. Meski engga bermodal grafik bagus, at least 6 game ini bisa berjaya pada masanya:

1. PacMan

Tepat menginjak tahun 1980, game PacMan rilis di Jepang dan Amerika Serikat. Awalnya mungkin kamu cuma bisa dimainin di ding-dong (Arcade). Di sini, kamu perlu menghindari si PacMan dari kejaran hantu sembari ngumpulin koin yang bertebaran di sekitar labirin. Makin banyak koin yang kamu kumpulin, makin cepet gerakan para hantu. Hayoloh.

2. Tetris

Tau kenapa berbagai bentuk balok berjatuhan dari langit dan bisa dikendaliin seenak jidat? Bahkan pembuat game-nya mungkin udah lupa sama alesannya. Awalnya, Tetris keluar di buat sebuah konsol bernama Game Watch, terus ke Game Boy, dingdong, PS, Xbox, bahkan PC ini sukses banget ngehibur generasi 80-an dan 90-an.

3. Chip’s Challenge

Memasuki 1990, game Chip’s Challenge dirilis khusus di beberapa konsol lainnya saat itu. Kalo boleh dibilang, game ini merupakan pendahulu game-game petualangan kekinian yang penuh teka-teki. Karena seru dan cukup populer, Chip’s Challenge akhirnya masuk sebagai bagian dari Microsoft Entertainment Pack. Anak-anak 90-an yang punya PC pun biasa memainkan game ini.

4. Ski Free

Boleh dibilang, game ini merupakan pendahulunya Need for Speed. Bedanya, Ski Free tuh balapan ski, bukannya mobil. Selain itu, yang ngejar-ngejar pembalapnya bukan polisi, melainkan monster (entah beruang kutub, bigfoot, atau yeti). Tugas kamu cuma satu yaitu kabur sejauh-jauhnya. Masalahnya, kecepatan beruang kutubnya tuh jauh lebih cepet. Jadi, kamu wajib super gesit.

5. JezzBall

Di game ini, kamu cuma perlu mengurung bola-bola yang memantul di dalam sebuah kotak dengan membuat tembok vertikal atau horizontal. Kalo bolanya memantul di tembok yang belom jadi, kamu keseringan gagal akan langsung game over. Klasik sih. Tapi JezzBall bisa masuk ke dalam koleksi Microsoft Entertainment Pack loh.

6. Pipe Dream / Pipe Mania

Game yang rilis di awal 90-an ini juga termasuk populer. Seperti Tetris, kamu perlu menyusun pipa-pipa supaya bisa mengalirkan air dari ujung satu ke ujung lain. Problemnya, kamu engga bisa seenaknya milih jenis pipa. Jadi, kamu perlu muter otak buat bikin susunan yang baik dan engga mampet.

Singkatnya, tanpa ada 6 game ini mungkin engga bakal ada yang namanya Resident Evil, Assassin’s Creed, Uncharted atau Pokemon Go. Kira-kira masih ada game jadul yang lebih keren engga Kawan Muda? Kalo ada jangan lupa kasih tau Genmuda.com di bawah ya! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.