Selasa, 30 April 2024

Genmuda – Kata orang (apagi orang tua), jadi orang baik itu banyak manfaatnya, salah satunya nambah pahala. Tapi, selain itu sebenarnya masih ada loh beragam manfaat jadi orang baik yang mungkin belum kamu sadari, Kawan Muda.

Kalau dikaitin sama masalah kesehatan, jadi orang baik itu ternyata bisa bikin kamu jauh lebih sehat secara fisik dan mental. Jadi orang baik otomatis engga cuma bakal ngebantu kamu buat nabung bekal di akhirat, tapi juga bakal ngebantu kamu buat bisa panjang umur alias hidup lebih lama di dunia ini.

Dengan demikian, setiap kali kamu pengen marah-marah gara-gara alasan kayak nungguin cewek kamu yang kelamaan bikin alis atau cowok kamu yang keseringan ngelusin bewoknya (walau sumpah serapa bermanfaat pula buat kamu), mending kamu pertimbangin lagi 5 manfaat jadi orang baik berikut ini:

  1. Stres engga bakal begitu berpengaruh

Berbuat baik kayak nunjukin rasa sayang ke orang lain, khususnya seseorang yang kamu cintai, bisa ngelindungin sistem syaraf kamu dari kecemasan akan kehidupan sehari-hari. Hal tersebut udah dibuktiin lewat sebuah riset milik Kory Floyd dari Arizona State University di tahun 2007 silam. Riset itu pun nyimpulin kalau tindakan simpel kayak ngasih tahu seseorang apa alasan kamu sayang sama doi bisa bikin kamu lebih tahan pas berhadapan sama kerepotan, frustrasi, dan keengganyamanan fisik.

  1. Bisa nyelesain lebih banyak hal

Menurut laporan, para karyawan di perusahaan yang ngedukung budaya kantor yang lebih hangat dan penuh pengertian udah nunjukin kinerja yang lebih efektif. Mereka terbukti lebih sehat secara fisik dan lebih termotivasi buat ngasih kinerja yang baik. So, baik-baik sama bos dan rekan kerja kamu ya, Kawan Muda!

  1. Tidur lebih bahagia

Sekelompok psikolog dari Yale University yang dipimpin oleh peneliti Emily Ansell udah nemuin kalau perbuatan baik berhubungan pula sama kualitas tidur. Semakin sering kamu nolong orang dalam sehari, walau cuma lewat hal simpel kayak ngebukain pintu, semakin rendah tingkat stres kamu jelang tidur dan kamu juga bakal ngerasa lebih bahagia.

  1. Engga gampang sakit

Riset udah nunjukin kalau orang-orang yang ngegunain lebih banyak waktu mereka buat nolong orang lain cenderung punya penanda yang lebih rendah dari peradangan yang ngalir lewat aliran darah mereka dan lebih mampu buat nangkal infeksi. Di samping itu, tingkat kolesterol buruk dan tekanan darah kamu juga bakal cenderung lebih rendah. Kamu bahkan engga bakal begitu keganggu sama penderitaan fisik.

  1. Kelihatan lebih kece

Siapa sih yang engga peduli sama penampilan? Menurut riset yang diadain sama Yan Zhang dan rekan-rekannya di Huazhong University of Science and Technology, Tiongkok, orang-orang yang dianggap baik bakal dianggap lebih kece pula ketimbang orang-orang yang dianggap jahat. Maka dari itu, kalau kamu mau PDKT kamu berhasil, jangan sampai kamu ngelakuin hal yang dianggap buruk sama si dia. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer