Jum'at, 12 Juli 2024

Genmuda – Satu dekade terakhir sejak berita ini naik di Genmuda.com, seenggaknya udah ada puluhan film superhero yang diadaptasi dari cerita komik. Menjamurnya film superhero emang gak lepas dari daya tarik ceritanya yang membuat pembaca atau yang belum baca komiknya, bisa nonton jagoan mereka versi film.

Dari sekian banyak cerita superhero kamu pernah sadar gak sih, kalo di balik pekerjaan mereka membasmi kejahatan sebenernya mereka masih tetep membutuhkan profesi sehari-hari sebagaimana halnya manusia biasa. Tujuannya pengarang ceritanya sih sederhana, yaitu supaya ada keterkaitan antara si superhero dengan jalan cerita, sekaligus menjadi kamuflase untuk menyembunyikan kekuatan super mereka.

Terus, pekerjaan apa aja yang biasanya digelutin sama manusia super di cerita komik? Berikut rangkuman 8 profesi yang paling banyak tokoh-tokoh superhero geluti saat menjadi manusia biasa. Coba pilih salah satu, siapa tau ada yang cocok sama kamu.

1. Ahli Sejarah

via: IMDB
(Sumber: IMDB)

Di Indonesia Ilmu Sejarah umumnya kurang mentereng dibandingin sama Ilmu Hukum, Ekonomi, atau Komunikasi. Etapi, pengarang cerita komik atau skenario film justru malah sering menyelipkan ahli sejarah dalam cerita mereka, bahkan dijadiin pekerjaan utama superhero.

Alasannya cukup masuk akal, karena dengan mempelajari sejarah maka jalan ceritanya jadi masuk akal. Apalagi kalo ada kekuatan dari zaman baheula, otomatis ada hubungan sebab akibat. Perlu contoh? Liat aja Wonder Woman versi Gal Gadot di “Justice League.”

2. Fotografer

via: IMDB
(Sumber: IMDB)

Siapa bilang tukang foto gak bisa jadi superhero, liat aja Peter Parker sekaligus Spider-Man yang kerjaan sambilan buat koran The Daily Bugle. Tapi fotografer versi superhero umumnya berhubungan erat sama dunia jurnalistik. Penulis belum nemuin sih, fotografer prewed atau buku tahunan yang nyambi di komik dan film superhero. *canda

3. Pengacara

via: Digital Spy
(Sumber: Digital Spy)

Dari namanya kamu udah tau kalo profesi satu ini deket banget sama dunia hukum. Rasanya jadi masuk akal dong kalo ada superhero menyamar sebagai pengacara. Tengok aja peran Matt Murdock/Daredevil di film atau komiknya.

4. Polisi

via: CW Network, LLC
(Sumber: CW Network, LLC)

Polisi emang udah jadi profesi ‘superhero’ paling nyata di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itulah banyak pula superhero yang diceritakan berprofesi sebagai seorang polisi, kayak Barry Allen/The Flash yang jadi ahli forensik dalam di kepolisian Central City.

5. Reporter

via: Warner Bros
(Sumber: Warner Bros)

Saat banyak pelaku kriminal, orang yang paling deket hubungannya sama polisi adalah wartawan. Itu juga alasan kenapa Clark Kent/Superman pilih profesi itu saat membaur bersama manusia sekaligus bisa paling update soal berita kriminal. Ntap!

6. Ilmuan

via: Screenrant
(Sumber: Screenrant)

Film superhero deket banget sama dunia sains, diperlukan juga peran seorang ilmuan. Jalan cerita dilengkapi sama bumbu ‘klise’ kayak si tokoh gak sengaja kecelakaan pas percobaan di laboratorium atau dia malah berhasil menciptakan kekuatan super. Salah satu superhero dengan jalan cerita kayak gitu adalah Bruce Banner/Hulk.

7. Detektif

via: Fandom
(Sumber: Fandom)

Perannya gak jauh beda sama polisi, tapi detektif dikenal kerja seorang diri dengan mendalami kasus-kasus penting. Cerita kayak gitu juga sering banget jadi pelengkap komik/film superhero. John Blake/Robin di film “The Dark Knight Rises” (2012) aja bisa jadi orang kepercayaan Batman selain Inspektur Gordon (Gary Oldman).

8. HORANG KAYA

via everybodysucksbutus.com
(Sumber: Istimewa)

Karena jadi HORANG KAYA itu bebas, makanya terserah dia mau jadi apa. Ngabisin duit buat bikin peralatan canggjh juga sah-sah aja, toh duitnya kayak gak habis-habis kayak Bruce Wayne atau Tony Stark.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.