Jum'at, 29 Mei 2020

Genmuda – Dalam hitungan hari sebagian Kawan Muda mungkin udah engga sabar lagi but nungguin pergantian tahun. Gimana tahun 2016? Menyenangkan atau menyedihkan buat resolusi kamu? Semoga aja resolusi tahun depan engga sama aja kayak tahun 2016.

Seiring berjalannya waktu, banyak juga dari kamu yang mungkin engga sadar kalo waktu kayaknya berjalan sangat cepat, “Perasaan kemarin baru masuk SMA, eh sekarang udah siap-siap diwisuda, terus cari jodoh kerja.” Tapi itulah kehidupan, kalo kata orang bijak, waktulah yang menuntun kamu untuk berubah menjadi manusia bijak. *sedap.

Oke, kalo misalkan kamu masih ngerasa kok waktu kayaknya cepet banget, sekarang Genmuda.com bakalan kasih tau kamu beberapa kejadian yang bikin kamu ngerasa udah berumur banget di tahun depan. Ada apa aja? Langsung sikat daftar lengkapnya di bawah ini:

1. Usia Manga ‘One Piece’ siap jadi dua dekade

via: Tumblr

Surprise, tahun depan manga populer ini udah berusia hampir dua dekade. Manga karangan Eiichiro Oda tersebut pertama kali diterbitkan pada tanggal 19 Juli 1997 dan masih diterbitkan sampai sekarang. Itu artinya tahun depan, cerita Luffy cs. akan memasuki usia 20 tahun. Dan kalo kamu ngikutin manga dan animenya sejak SMP, idealnya sih sekarang kamu udah membina rumah tangga. (Kalo belum juga engga apa-apa sih, kan itu hak kamu, penulis cuma ngengetin doang)

2. iPhone berusia 10 tahun

Steve Jobs saat nunjukin iPhone generasi pertama di tahun 2007 (Sumber: theatlantic.com)

Siapa sangka kalo smartphone keluaran Apple ini bakalan berusia 10 tahun di tahun 2017. Kendati serinya baru sampai iPhone 7s dan belum sampai iPhone 10, namun kesuksesan iPhone masih bisa kamu temuin sampai sekarang. Bahkan produk ini menjadi salah satu penemuan paling berpengaruh dalam kemajuan smartphone layar sentuh. Beberapa inovasinya pun udah dipatenin sama Apple loh.

3. 17 tahun yang lalu film ‘Petualangan Sherina’ dirilis

via: Merdeka
Liat Sherina di film ini masih ngegemisin kan? Sekarang juga makin masih ngegemesin sih, #Eh (Sumber: Istimewa)

Pernah nonton ini di bioskop? Udah bisa ditebak usia kamu udah nyentuh usia 20 tahun lebih. Soalnya film ini pertama kali dirilis pada tanggal 7 Juni 2000 alias 17 tahun silam. Catatan dari Wikipedia bilang bahwa film yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero tersebut meraup keuntungan 10 miliar rupiah dari biaya produksi sekitar 2 miliar rupiah. Eniwei, ‘Petualangan Sherina’ boleh dibilang sebagai tongkak bangkitnya film-film lokal loh. Jadi rindu kan sama film ini!

4. Pak Jokowi terjun ke panggung politik 12 tahun silam

©Genmuda.com/2016 Gabby
Presiden Joko Widodo ngasih sambutan di acara pembukaan IFSE di JCC, Jumat (25/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Di balik pergantian tahun, kamu juga wajib tau kalo Presiden kita, Pak Joko Widodo, udah memulai karir politiknya selama 12 tahun. Secara resmi Pak Jokowi diberikan mandat menjadi Wali Kota Solo, sejak tahun 28 Juni 2005 hingga 1 Oktober 2012, bersama Pak F. X. Hadi Rudyatmo. Setelah itu beliau memenangi Pilgub Jakarta di tahun 2012, dan menjadi Presiden ke-7 Indonesia pada Pilpres 2014. Waktu cepet berlalu kan mblo. *canda.

5. Ujian Masuk PTN udah ‘gonta-ganti’ nama 8 kali

via: Google
Jangan pusing-pusing banget ya neng! (Sumber: Istimewa)

Sekarang mungkin kenal sama nama SBMPTN atau SNMPTN, dimana menjadi tes masuk calon mahasiswa keperguruan tinggi. Tapi kamu tau engga, kalo nama ujian tersebut udah gonta-ganti sebanyak delapan kali sejak dibuat pertama kali di tahun 1976, dengan nama SKALU (Sekertariat Kerjasama Antar Lima Universitas) kemudian berubah lagi jadi Proyek Perintis (1979-1983), Sipenmaru (1983-1989), UMPTN (1989-2001), SPMB (2008-2010), SNMPTN (2011-2013), dan sekarang jadi SBMPTN dan SNMPTN. Coba ngacung kamu udah pernah ikut tes yang mana?

Bonus: Video ini udah 7 tahun gentayangan

via: Meme Generator
Jangan pura-pura engga ngerti deh gaes! (Sumber: Meme Generator)

Ah, kalo ini sih engga usah dijelasin kamu udah paham. Pokoknya endingnya sang vokalis itu sempat ditahan dan bikin band barunya makin ngehits dari band sebelumnya. Udah gitu aja.

Jadi gimana? Udah ngerasa makin tua kan? Yaudah biarin aja, yang penting kamu harus inget, tua itu pasti tapi yang penting jiwa muda engga boleh mati. Setuju ya? Jangan lupa tulis komentar kamu dong biar nanti kita godain. Ciaw!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.