Rabu, 7 Desember 2022

Genmuda – Namanya juga masih muda, masih bau kencur, masih suka penasaran, dan masih mau mencoba hal yang baru, salah satunya saat kita masih duduk di bangku sekolah. Banyak hal yang biasanya kita lakukan dan alami pada fase usia SMA (15-17) hingga peralihan ke bangku kuliah, engga heran jika banyak orang yang bilang kalau usia segitu jadi usia pencarian jati diri.

Suka engga suka, semua orang pasti pernah ngalamin yang namanya masa-masa alay atau pun masa-masa badung (at least just once). Dari sekian banyak proses pencarian jati diri tersebut, salah satu hal yang (mungkin) pernah kamu coba adalah cabut sekolah. Lewat berbagai macam motif yang intinya males, engga sedikit dari kamu yang akhirnya lari ke tempat-tempat berikut ini:

1. Warnet

Fenomena warnet nge-hits banget di tahun 2000-an awal. Kala itu internet rumahan atau modelan Wi-Fi masih terbilang jarang dan relatif mahal. Warnet pun jadi opsi murah buat anak sekolahan mencari hiburan. Mulai dari main games sampe kenal yang namanya interaksi media sosial modelan MySpace atau Friendster ada semua di warnet.

Engga pake lama, jumlah warnet pun langsung ngejamur di beberapa kota-kota besar. Satu kenangan yang engga dilupain adalah billing warnet yang gambarnya ikan ‘lumba-lumba’. (Kamu ngalemin engga?) Butuh engga butuh, warnet tetap masih eksis sampai sekarang. Kendati sering jadi areal ‘grebek’ dari guru BP, Warnet engga pernah kehilangan tajinya di kalangan anak SMA, karena bisa juga jadi tempat ngeprint tugas dll.

2. Warkop

Murah, ngenyangin, dan bisa nongkrong berjam-jam, semuanya bisa kamu dapetin di warung kopi (Warkop). Selain itu, mayoritas dari banyak sekolah letaknya pasti engga jauh dari warkop (atau juga sebaliknya). Menyesuaikan dengan kantong pelajar membuat tempat ini engga pernah ada matinya. Lucunya nih, kalau ada guru yang ngegepin kamu, petuah yang terlontar adalah, “Kalau kamu nongkrong di sana, kamu menghalangi pembeli yang mau makan di warkop.” *klise sih, tapi ya namanya mau cabut murah, ya ke warkop. He-he.

3. Rental PS

Engga cuma anak SMA, dari bocah sampe abang-abang selalu rajin nongkrong di rental PS. Tujuannya ya main PS dengan game favorit PES atau FIFA (basicly yang bisa dimainin dua orang pemain). Mulai era PSX sampai PS4, tempat satu ini terus menjadi tujuan banyak pelajar SMA buat cabut sekolah. Lucunya kalau udah punya PS di rumah, masih rela juga loh main di rental PS.

4. Bengkel

Buat cowok-cowok dengan uang jajan pas-pasan biasanya menjadikan bengkel sebagai pelarian dari sekolah. Lewat obrolan soal modifikasi, spek, yang kemudian ngoprek, banyak anak SMA yang betah banget nongkrong di bengkel. Ya, ala-ala film ‘Fast and Furious’ kali aja dengan nongkrong di sini bisa nambah wawasan kamu soal dunia otomotif sampai punya bengkel beneran. Cetar banget engga tuh?

5. Mall dan segala hiburannya

Sedikit naik kelas buat kamu yang punya uang jajan lebih, mall jadi tujuan yang engga pernah ada matinya. Walau udah ada peraturan anak SMA dilarang masuk, tapi kayaknya selalu ada aja cara buat ngakalin aturan tersebut. Ya, sederhananya tinggal ganti baju atau pakai jaket juga engga ketawan. Soal penampilan? Jangan tanya deh, anak sekarang lebih tahu caranya make up dan dandan. Iya kan sob?

Penting engga penting, semuanya mungkin jadi tempat favorit kamu buat cabut sekolah. Tapi perlu diingat, Genmuda.com engga nganjurin kamu buat cabut sekolah, dan kami rasa Kawan Muda udah cukup dewasa buat ngebedain mana yang benar, mana yang salah. Jadi nikmatin aja karena masa muda engga pernah datang dua kali. Ciao!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.