Kamis, 13 Agustus 2020

Genmuda – Seolah engga mau kehilangan greget, WhatsApp dikabarkan tenggah melakukan pembaharuan buat memanjakan penggunanya. Fitur terbarunya ini dikasih nama ‘Status.’

Berbeda dari status aplikasi chat umumnya yang cuma bisa mengetik teks atau tambahin emoji, di sini Kawan Muda bakalan bisa nge-share foto, video, hingga GIF yang akan menghilang dalam 24 jam ke depan atau persis seperti Instagram Stories ataupun Snapchat.

Para pengguna WhatsApp juga bisa menonton semua updatean ‘Status’ di dalam kontak mereka dan kemudian dapat memberikan balasan, komentar, atau malah saling mengirimkan ’Status.’ Uji cobanya sendiri udah dilakuin sejak November 2016, namun rencannya ‘Status’ baru akan diperkenalkan ke publik dalam minggu ini untuk operasi sistem Android, Windows Phone, dan iOS.

©Genmuda.com/2016

Kalo misalkan engga ’Status’ kamu di-stalker sama orang lain, kamu tinggal mengenkripsi seperti halnya saat chatting. Pembaharuan yang dilakukan WhatsApp juga menjadi cara buat menggantikan AOL Instant Messenger, gaya lama WhatsApp sebelumnya.

“Ide awal di balik proyek ini adalah membuat aplikasi yang memungkinkan temen-teman dan orang lain di kontak anda mengetahui apa yang sedang Anda lakukan,” tulis CEO Jan Koum. Namun perusahaan mengatakan kepadanya bahwa banyak orang mengupdate status secara cepat untuk berkomunikasi secara real-time, tapi setelah itu status-status itu akan hilang.

Sama dengan Instagram Stories, ‘Status’ juga memungkinkan para pengiklan untuk beriklan di WhatsApp. Jadi jangan heran kalo misalkan ada sisipan iklan pas kamu liat Status temen kamu. Pembaruan ini pun kabarnya akan tersedia secara bertahap di beberapa negara. Semoga aja Indonesia (red) kebagian duluan biar kamu bisa makin kekinian. Tul gak?

 

Sumber: Techcrunch

 

Update: Terhitung mulai tanggal 23 Februari 2017, fitur Status udah bisa kamu nikmati di Indonesia.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.