Jum'at, 9 Desember 2022

Genmuda – Ajang pencarian bakat anak SMA se-Indonesia, Pocari Sweat Bintang SMA kembali digelar tahun ini. Sama seperti tahun sebelumnya, Bintang SMA 2022 akan mengusung konsep ‘Sweat for Dream’ yang bertujuan buat mendorong anak-anak SMA/SMK untuk menunjukkan talenta-talenta terbaik mereka.

Pada acara konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/9/2022), Pocari Sweat Bintang SMA 2022 kembali berkolaborasi dengan sejumlah pihak lengkap dengan sederet juri-juri andal di bidang mereka. Pada tahun ini Pocari Sweat turut berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud), Ruangguru, dan Narasi.

Ada empat juri yang bakal melakukan proses seleksi sekaligus menjadi mentor bagi para kandidat terpilih. Najwa Shihab dan Reza Rahadian jadi dua nama juri yang tahun sebelumnya ambil bagian. Sementara dua juri baru di tahun ini akan diisi oleh Cinta Laura dan Eka Gustiwana.

Dalam kesempatan tersebut, Puspita Winawati selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka bilang kalo di tahun keempat ini, Bintang SMA 2022 terus berupaya mendorong potensi besar anak-anak SMA. Dengan total submisi mencapai 22.000 sejak tahun 2019 silam, pihaknya optimistis tahun ini dapat menyedot 10.000 peserta.  

“Harapan kami, semangat mengejar mimpi yang ditunjukkan anak-anak SMA ini tidak hanya berhenti menginspirasi di mereka saja, tapi bisa menularkan inspirasi tersebut ke lintas generasi. Dengan harapan, semakin banyak orang yang tidak berhenti mengejar mimpi mereka, dengan usaha dan keringat,” kata Puspita Winawati atau yang akrab disapa Wina.

Konferensi Pers Bintang SMA 2022, Selasa (6/9/2022) ©Genmuda/2022 SDS

Pada kesempatan itu hadir pula pemenang Bintang SMA 2021, Pundak Wangi, seorang animator muda dari SMAN 1 Genteng Banyuwangi. Cewek yang biasa disapa Wawang ini sebelumnya terpilih sebagai pemenang dan berhasil membuat film animasi pendek berkolaborasi dengan NIKI dan Reza Rahardian di Amerika Serikat.

“Suatu kesempatan yang luar biasa buat aku. Awalnya aku sempat ragu (ikut Bintang SMA), terlebih bakat aku di animasi,” beber Wawang.

Namun berkat dukungan dan support system yang ada di sekitarnya, Wawang pun terpacu untuk mengembangkan bakatnya. Bahkan kerja kerasnya itu berbuah manis. Pasalnya dirinya kini sukses mendapatkan proyek kerjasama bersama Yuni Shara.

Bakat yang dimiliki oleh Wawang pun mendapatkan acungan jempol Reza Rahadian selaku juri di tahun lalu yang juga merangkap sebagai produser film animasi pendek yang digarap oleh Wawang. Menurutnya banyak talenta muda yang membuatnya kagum. Dan kehadiran Bintang SMA dirasa tepat untuk menjadi wadah buat menyalurkan bakat-bakat tersebut.

“Sebagai juri tahun lalu yang diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pemenang Bintang SMA, saya sangat impressed. Saya yakin dengan bimbingan yang tepat, dan wadah seperti Bintang SMA ini, anak-anak SMA ini bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Saya sudah tidak sabar untuk memulai tugas saya sebagai juri kembali dan menantikan talenta-talenta baru bermunculan di Bintang SMA 2022.” kata Reza.

Sejalan dengan Reza, Eka Gustiwana selaku juri di tahun ini juga mendorong anak-anak SMA untuk berani ikutan Bintang SMA 2022. Menurutnya, perkara baik atau jelek itu semua bisa terus diasah seiring waktu berjalan.

“Setiap orang memiliki bakat yang berbeda, dan di BINTANG SMA, kami mendukung apapun bakatmu. Di masa SMA itu masa yang tepat untuk mengasah bakat kalian. Karena semua pencapaian yang besar dimulai dari mimpi yang besar, tekad yang kuat, dan kepercayaan diri,” kata Eka.

Terus Gimana Cara Ikutannya?

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati ©Genmuda/2022 SDS

Pendaftaran Pocari Sweat Bintang SMA 2022 sudah dibuka mulai tanggal 1 September – 12 Oktober 2022. Nantinya dari ribuan video yang masuk akan dipilih 50 talenta terbaik pada 14 Oktober 2022.

Buat Kawan Muda yang tertarik, langsung aja bikin video pendek bakat kamu terus upload ke media sosial Instagram, Twitter, TikTok kamu, lengkap dengan tagar #BintangSMA2022 dan tag akun @pocariid. Kalo masih malu-malu, kamu juga bisa upload video tersebut ke situs resmi Bintang SMA 2022 dan langsung aja ikutin tutorialnya.

Pengumuman Top 7 akan dilakukan pada 26 Oktober 2022. Terus, peserta yang dipilih bakal menjalani workshop pada tanggal 2-6 November 2022. Dan pemenangan Bintang SMA 2022 akan diumumkan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada 19 November 2022.

Selain mendapatkan mentoring dari para juri dan menjadi brand ambassador Pocari Sweat selama satu tahun, pemenang Bintang SMA 2022 tahun ini juga akan mendapatkan project special yang akan diadakan di Jepang.

“Untuk tahun ini akan menjadi brand ambassador selama satu tahun. Selain itu mendapatkan mentorship serta kerjasama konten eksklusif dengan Narasi. Tahun ini (pemenang Bintang SMA 2022) juga mendapat special project dengan juri di Jepang.” jelas Wina.

So, tunggu apalagi, buruan deh tunjukin bakat terbaik Kawan Muda sekarang juga. Siapa tahu kalian lah The Next Pocari Sweat Bintang SMA!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.