Sabtu, 23 Januari 2021

Genmuda – Ngomongin soal film horor, yang langsung kebayang di otak biasanya adalah sesuatu yang nyeremin. Meski begitu, sebetulnya engga semua film horor sama nyereminnya dengan yang dikira orang-orang loh, Kawan Muda.

Buat kamu yang (sorry to say) masuk dalam golongan para penakut, nonton film horor jelas bakal jadi suatu tantangan tersendiri buat kamu. Engga heran, saat ada teman yang ngajak nonton film horor, kemungkinan besar kamu pasti bakal nolak ajakan tersebut gimanapun caranya.

Well, ketakutan kamu itu sebenarnya emang wajar dan masih beralasan sih, Kawan Muda. Tapi, kalo kamu udah nyoba nonton beberapa film horor, kamu nantinya bakal sadar kalo inti ceritanya pada dasarnya sama aja, cuma sosok atau makhluknya aja yang beda-beda. Bahkan, walau awalnya diyakini bakal nyeremin, beberapa film horor malah engga kayak gitu. Berikut ini 5 contohnya:

1. ‘Insidious’ (2010)

via moviepilot.com
(Sumber: Istimewa)

Meski creepy dan bagian awalnya bikin tegang, bagian akhir film ini justru terasa agak datar. Si tokoh jahat penampilannya konyol abis. Hal tersebut lantas berpengaruh signifikan dan bikin keseluruhan filmnya yang tadinya udah bagus jadi ikutan konyol juga. Padahal, dari segi cerita film ini intinya tentang kerasukan dan upaya buat nolong si anak yang dirasukin, engga jauh beda dari ‘The Conjuring’ (2013).

2. ‘The Cabin in the Woods’ (2011)

via patheos.com
(Sumber: Istimewa)

Secara genre, film ini masuk dalam genre komedi horor. Dengan demikian, seserem-seremnya film ini, tetap aja bakal ada unsur lucu dan bahkan anehnya. Secara keseluruhan, film ini cukup engga ketebak, tapi masih seru buat ditonton. Ya lumayan lah bisa bikin bulu kuduk rada merinding buat kamu yang engga suka film horor.

3. ‘Paranormal Activity 3’ (2011)

via onlinetvcast.com
(Sumber: Istimewa)

Engga bermaksud sotoy atau gimana, tapi kalo diamat-amatin kayaknya banyak pembuat film Hollywood beberapa tahun belakangan ini jadi pada suka bikin sekuel atau remake gara-gara manfaatin kesuksesan film pertama atau terdahulunya. Kalo kamu engga percaya, lihat aja contohnya film ini. Dibandingin dua film sebelumnya, yang ini malah jadi rada engga jelas. Alhasil, franchise ‘Paranormal Activity’-nya secara keseluruhan jadi sesuatu yang udah berlebihan banget.

4. ‘The Babadook’ (2014)

via horrorpedia.com
(Sumber: Istimewa)

Katanya sih film ini seharusnya bisa jadi salah satu film paling nyeremin sepanjang masa. Film ini berkisah tentang seorang ibu dan putranya yang dihantui oleh suaminya yang udah meninggal. Dengan plot yang akhirnya justru nunjukin tentang hubungan ibu dan anak sekaligus hal-hal terkait kematian, film ini ujung-ujungnya jadi terkesan sedih dan agak berat, tapi engga begitu nyeremin.

5. ‘Poltergeist’ (2015)

via foxmovies.com
(Sumber: Istimewa)

Versi remake dari film berjudul sama keluaran tahun 1982 ini awalnya emang dijagoin bakal jadi film yang hebat. Sayangnya, banyak pihak kemudian menilai bahwa film ini justru cuma jadi kayak update-an ngebosenin dari  sebuah film yang engga perlu di-remake lagi. IMDb aja bahkan ngasih nilai lebih besar buat film pertamanya. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer