Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Genmuda.com ucapin selamat buat Kawan Muda yang udah lolos SNMPTN, sebaliknya buat yang belum jangan dikasih kendor ya, kan masih banyak cara menuju kampus impian lo. Pastiin juga lo udah punya pilihan jurusan idaman biar gak akan ngalamin salah jurusan.

Tapi sebelum jauh ke arah sana, Genmuda.com punya artikel menarik seputar dunia kampus. Bukan soal passing grade atau tips, melainkan pengalaman dan skill berharga yang gak akan pernah lo dapetin selama kuliah.

Pengalaman itu dibagiin oleh penulis sekaligus pengusaha sukses asal AS bernama James Altucher dalam buku “I Was Blind But Now I See”. Menurutnya senggaknya ada 12 skill penting dalam hidup yang perlu lo pelajarin sendiri tanpa bantuan orang lain, kayak…

1. Membangun Networking

via: Instagram/adrianiseptianti
(Sumber: Instagram)

Menurutnya membangun jaringan atau pertemanan sehat itu penting banget dilakuin sejak lo lulus SMA. Skill ini pun dianggap sebagai kemampuan utama yang harus dimiliki sama seseorang pemimpin, termasuk presiden.

2. Cara buat jualan

via craft-cv.com
(Sumber: craft-cv.com)

CV dalam lamaran kerja adalah hal paling dasar tentang gimana cara kita bisa menilai diri kita buat perusahaan atau orang lain. Secara gak langsung, lo harus bisa mempresentasikannya, memberikan visi, motivasi, dan nilai lebih dari diri lo.

3. Negosiasi

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Negosiasi penting dalam berbagai aspek kehidupan, entah itu urusan pekerjaan, akademik, sampe pacaran. Tapi negosiasi yang dimaksud adalah cara untuk menemukan solusi terbaik buat kedua belah pihak. Buan yang sama-sama ‘ngegas’ ya.

4. Contek aturan Google

via kompas.com
(Sumber: Istimewa)

Aturan yang dimaksud adalah selalu percayakan orang dengan potensi terbaik ke tempat terbaik, sekalipun orang itu kompetitor lo. Karena dengan demikian lo bisa ngedapetin manfaat berkali-kali lipat.

5. Selalu lebih baik setiap minggu

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Hidup itu penuh dengan segala rintangan, target, dan berbagai tetekbengeknya. Oleh sebab itu coba buat target untuk lebih baik 1% entah itu secara fisik, keuangan, mental, emosional, atau religus. Kalo nunggu tua, belum tentu kondisi fisik lo masih se-fit sekarang.

6. Kepemimpinan

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Buat Altucher skill ini bisa dikusai oleh setiap orang selama mereka bisa menghadapi visi dan ego mereka pada saat bersamaan. Dan yang paling penting, cobalah berikan hal lebih untuk orang lain, tanpa berharap hal lebih buat diri lo sendiri. Gitu!

7. Mengusai salah satu bidang

via pinterest
(Sumber: Pinterest)

Saat kuliah kita emang fokus pada ilmu tertentu, tapi itu semua cuma didapetin saat lo di kelas. Kata Altucher mengusai hal tertentu justru baru dimulai begitu mahasiswa lulus kuliah. Jadi kalo ada hal yang udah lo sukai dari sekarang terus aja perdalam karena kita gak akan tau kan apakah passion itu bisa berguna di masa depan nanti. Syukur-syukur bisa jadi usaha sendiri.

8. Terus menambah wawasan

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Berkaitan sama poin sebelumnya, emang sih lo perlu menguasai satu bidang. Tapi lo juga jangan sampe kudet (baca: kurang update) sama informasi yang lagi happening. Banyak cara bisa lo lakuin untuk nambah wawasan baru, bisa baca buku, menonton tv, atau buka Genmuda.com. *asek.

9. Tema hidup harus lebih besar daripada tujuan

anak kuliahan dari bacaanmenarik.com
(Sumber: bacaanmenarik.com)

Altucher mengatakan bahwa tujuan bisa menghancurkan hati lo, kalo hasilnya gak tercapai. Doi menyarankan supaya anak muda lebih mempunyai tema dalam hidup. Kenapa? Karena dengan adanya tema, lo akan berada di titik dimana tujuan gak berarti lagi.

10. Kreativitas

via Twitter.com
(Sumber: Twitter.com)

Kreativitas tiap orang itu berbeda dan bisa muncul serta hilang kapan aja. Makanya, penting buat menulis ide-ide segar kamu setiap hari. Kalo gak ada kertas bisa catet di smartphone kok.

11. Kegagalan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Skill ini gak diajarin oleh para dosen, tapi bisa lo rasain setelah lulus kuliah. Gak habis di situ, setiap usaha apapun yang lo lakuin pasti punya faktor kegagalan. Pertanyaan, “Apakah lo bisa belajar dari kegagalan itu atau enggak?”

12. Berbagi dan dibagi

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Gak usah pelit-pelit banget buat orang lain selama hal itu positif. Altucher mengatakan skill ini kadang dapat menjadi kejuatan buat diri lo di kemudian hari.

Pada kesimpulannya Altucher mengataan bawah semua keterampilan di atas mutlak diperlukan untuk kesuksesan dalam kehidupan apapun. Perlu lo inget juga, jika keterampilan di atas gak dipengaruhi oleh kondisi fisik, gender, ekonomi, atau status sosial. Selama lo mau, lo pasti bisa

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.