Jum'at, 27 Mei 2022

Genmuda – Tahun baru, tentu bakal ada peristiwa baru pula. Memasuki tahun 2016, sejumlah peristiwa besar pun udah diprediksi bakal ngeramein tahun ini.

Buat kamu yang belum tahu, tahun 2016 merupakan tahun kabisat, yang biasa terjadi setiap empat tahun sekali. Dengan kata lain, tahun ini kamu mau engga mau (ujung-ujungnya harus mau) ngejalanin satu hari lebih banyak dari tahun-tahun yang lalu.

Nah, di samping sejumlah peristiwa yang udah pasti berlangsung, ada juga beragam peristiwa yang bakal terjadi buat pertama (dan bahkan terakhir) kalinya di sepanjang tahun ini, baik di Tanah Air maupun di berbagai penjuru dunia lainnya. Contohnya adalah Super Bowl dan Academy Awards.

So, mau tahun apa aja peristiwa yang bakal berlangsung di 2016? Berikut ini adalah 10 di antaranya:

 

  1. Pelantikan kepada daerah hasil Pilkada Serentak 2015
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Sumber: tjahjokumolo.com)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) seperti dilansir dari situsnya udah ngeagendain pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2015 pada bulan Januari dan Maret tahun ini. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun berharap pelaksanaan Pilkada di 5 daerah yang sebelumnya ditunda bisa dilaksanain sebelum Maret supaya “bisa ikut dilantik bareng”.

  1. Tur dunia Adele

Finally, Kawan Muda! Adele bakal memulai tur dunia ’25’ di Belfast, Irlandia Utara pada hari kabisat alias tanggal 29 Februari. Saking dinantinya, tiket buat konser tersebut dan konser-konser lainnya dalam rangkaian tur ini kabarnya udah berhasil habis terjual loh.

Sayangnya, pada tur terbarunya sejak tahun 2011 ini, Adele cuma mampir ke Eropa dan Amerika Utara aja. Mungkin engga ya doi nanti bakal datang juga ke Indonesia atau negara Asia lainnya? Well, kita tunggu dan lihat aja deh sambil terus berharap.

  1. Ratu Elizabeth II berusia 90 tahun

Ratu Elizabeth II bakal nginjak usia ke-90 pada 21 April mendatang nih, Kawan Muda. Tapi, ultah Ratu yang paling lama berkuasa di Inggris ini rencananya baru bakal dirayain di Istana Windsor pada 12-15 Mei, dengan nampilin kontes buat ngerayain kehidupan beliau.

Bukan cuma itu, nantinya bakal ada pula sebuah peringatan yang berlangsung dari 10-12 Juni. Peringatan tersebut kabarnya bakal ngecakup kebaktian di Katedral St. Paul, parade ulang tahun, dan acara makan siang buat ngerayain dukungan Ratu terhadap lebih dari 600 organisasi di seluruh dunia.

  1. Transit Merkurius
Merkurius melintas di antara bumi dan matahari (Ilustrasi: NASA)

Setelah sekitar 10 tahun berlalu sejak transit terakhirnya di tahun 2006, transit Merkurius akhirnya bakal kembali berlangsung pada 9 Mei mendatang. Planet tersebut kabarnya bakal bergerak ngelintasin muka matahari serta dapat dilihat dari Amerika Utara bagian timur, sebagian besar Amerika Selatan, Afrika Barat, dan Eropa Barat selama sekitar 7,5 jam.

Menyusul tahun 2016, Merkurius diprediksi bakal kembali melintas di antara bumi dan matahari pada tahun 2019 dan 2032. Transit bulan November pun lebih sering terjadi ketimbang transit pada bulan Mei, yang baru bakal terjadi lagi pada tahun 2049.

  1. Copa América
Copa América Centenario (Sumber: metrosoccernation.com)

Tahun ini, salah satu turnamen sepak bola akbar yang bakal berlangsung adalah Copa América Centenario alias 2016 Centennial Copa America. Turnamen ini bakal diselenggarain di 10 kota di Amerika Serikat pada 3-26 Juni mendatang. Kompetisi tersebut merupakan perayaan 100 tahun CONMEBOL dan Copa América sekaligus Copa América pertama yang diadain di luar Amerika Selatan.

  1. Euro 2016
Super Victor, maskot UEFA Euro 2016 (Sumber: en.mascot.uefa.com/)

Di saat Copa América tengah berlangsung di Amerika Serikat, UEFA Euro 2016 juga bakal berlangsung di Prancis pada 10 Juni sampai 10 Juli mendatang. Tahun ini, turnamen tersebut bakal diikuti oleh 24 tim dari yang sebelumnya hanya 16 tim, menyusul rencana yang disepakati oleh para pejabat senior dari 53 negara anggota UEFA.

Turnamen ini bakal terdiri dari enam kelompok yang masing-masing dihuni oleh empat tim. Format final yang digunain pun bakal sama kayak Piala Dunia FIFA tahun 1986, 1990, dan 1994, dengan pengecualian pada absennya play-off tempat ketiga. Total pertandingan yang ada mencapai 51 permainan dan bakal dilaksanain selama 31 hari.

  1. Juno ke Jupiter
Misi Juno ke Jupiter (Sumber: Wikipedia)

Setelah hampir lima tahun ngelakuin perjalanan sejak diluncurin NASA di tahun 2011, pesawat luar angkasa Juno akhirnya bakal ngorbit di sekitar Jupiter pada 4 Juli 2016 ini. Misi Juno adalah untuk mengintai di balik awal Jupiter sekaligus ngumpulin data dan gambar buat mempelajari lebih lanjut tentang asal usul, atmosfer dan struktur, serta apa yang ngedorong medan magnet planet tersebut.

Menurut NASA, Juno bakal mencapai kecepatan 265 ribu km/jam. Dengan kata lain, Juno diprediksi bakal jadi “objek buatan manusia yang bergerak paling cepat dalam sejarah”. (FYI, dalam mitologi Romawi, Juno adalah saudari sekaligus istri Jupiter.)

  1. Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas
Olimpiade Musim Panas di Rio (Sumber: greenafricadirectory.org)

Olimpiade Musim Panas akhirnya bakal diadain di Amerika Selatan pada 5-21 Agustus 2016, dengan Rio de Janeiro, Brasil sebagai kota tuan rumahnya. Tahun ini, golf dan rugby bakal jadi cabang olahraga baru yang dilombain. Lebih dari 10.500 atlet pun bakal terlibat buat ngerebutin 306 medali emas.

Di samping itu, Rio de Janeiro juga bakal jadi tuan rumah buat Paralimpiade Musim Panas ke-15 pada 7-18 September  2016. Menariknya, Rio de Janeiro ternyata lagi ngalamin musim dingin pada waktu penyelenggaraan Paralimpiade Musim Panas tersebut.

  1. PON XIX
PON XIX/2016 (Sumber: ayobandung.com)

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dengan tuan rumah Jawa Barat kemungkinan bakal diundur. Pembukaan PON XIX Jabar yang awalnya direncanain bakal diadain pada 9 September 2016 kabarnya bakal berubah jadi tanggal 17 September 2016.

Menurut Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Jawa Barat Yudha Munajat Saputra, perubahan tersebut terjadi karena pada tanggal 12 September 2016 umat muslim ngerayain Idul Adha. Pihaknya pun udah ngusulin supaya penyelenggaraan PON diundur supaya engga terjadi pembengkakan biaya.

  1. Pemilu presiden Amerika Serikat

Buat kamu yang udah bosan dan muak ngelihat muka Donald Trump di mana-mana, kamu sekarang-sekarang ini kayaknya masih harus sabar. Soalnya, masih ada lebih dari 300 hari lagi sebelum kampanye pemilu presiden AS berakhir, atau lebih tepatnya sebelum pemilu ini diadain pada 8 November nanti.

Partai Republik pun sebenarnya baru bakal milih calon presiden mereka secara resmi di konvensi mereka yang berlangsung di Cleveland pada 18-21 Juli, sedangkan Partai Demokrat bakal ngelakuin hal yang sama di Philadelphia seminggu setelahnya. Meski begitu, jajak pendapat terbaru udah ngungkapin kalau Donald Trump dan Hillary Clinton bakal jadi pesaing utama. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer