Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Masuk ke usia remaja, salah satu hal nyebelin yang harus kamu hadapin adalah jerawat. Engga peduli kamu cewek atau cowok, jerawat tetap aja bisa ngeganggu penampilan kamu.

Ada banyak hal yang bisa nimbulin jerawat di wajah kamu. Entah itu faktor hormon, makanan, kebersihan, makeup, atau yang lainnya, yang jelas semua itu perlu kamu selidiki lebih lanjut biar bisa kamu tindaklanjutin dan cari penanganan terbaiknya. Engga pengen ‘kan jerawat yang satu hilang terus muncul yang satunya lagi?

Namun demikian, sebenarnya udah sejauh mana sih pengetahuan kamu soal jerawat? Kamu mungkin udah tau kalo jerawat engga boleh dipencetin, tapi kamu tau engga jerawat itu terbentuk dari unsur apa aja? Well, kalo kamu masih belum tau dan penasaran, berikut ini adalah penjelasannya beserta beberapa fakta jerawat yang bakal berguna banget buat kamu:

1. Semua jerawat terbentuk dengan cara yang sama

Hal ini udah diungkapin oleh dokter kulit bersertifikat dan pendiri SKINxFIVE, Dr. Ava Shamban. Engga peduli apa jenisnya dan kayak gimana bentuknya, pada dasarnya jerawat bermula saat minyak dan sel kulit mati ngehalangin pori-pori dan ngejerat bakteri di dalamnya. Hal tersebut lantas ngehasilin bakteri P.acne dan sel-sel inflamasi menuju penyumbatan sebelum akhirnya ngebentuk jerawat.

2. Jerawat besar terbentuk dari protein

via stylecraze.com
(Sumber: Istimewa)

Pernah dapet jerawat batu alias jerawat besar yang bernanah dan sakitnya minta ampun? JSYK, jerawat semacam itu terbentuk sama kayak jerawat lainnya, tapi letaknya jauh lebih masuk ke dalam kulit. Jerawat batu terdiri dari sel-sel inflamasi yang ngelilingin jerawat aktif. Menariknya, jerawat batu sebenarnya terbentuk dari protein keratin. Protein itulah yang bakal keluar saat kamu terus-terusan mencetin jerawat batu kamu sampai meletus.

3. Komedo bukan kotoran

Kamu bisa tenang nih, Kawan Muda. Komedo di wajah kamu ternyata bukan potongan kotoran yang bersarang di pori-pori kamu. Komedo sebetulnya merupakan minyak yang teroksidasi di sel kulit yang udah terkumpul di dalam pori-pori. Komedo terletak di dalam kelenjar minyak pada pembukaan folikel rambut.

4. Cairan bening jerawat merupakan tanda peradangan

via Bustle
(Sumber: Istimewa)

Saat kamu mencetin jerawat, kamu mungkin bakal ngelihat adanya cairan bening yang ikutan keluar. Menurut Dr. Shamban, cairan tersebut merupakan cairan serosa yang terbuat dari protein dan air. Cairan serosa umumnya terbuat dari jaringan tubuh. Jumlahnya bakal meningkat saat terjadi peradangan, sehingga engga heran kalo cairan tersebut muncul di jerawat.

5. Pencegahan jauh lebih penting

Sama kayak masalah kesehatan lain pada umumnya, ngobatin jerawat emang engga bakal jauh-jauh dari pencegahan. Sebagai salah satu pendekatan, Dr. Shamban pun udah ngerekomendasiin sebuah cara sederhana nih, Kawan Muda. Kamu hancurin aja obat Aspirin sampai lumat dan abis itu olesin ke jerawat kamu. Setelah 10 menit, baru deh kamu bilas. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer