Sabtu, 25 Mei 2024

Genmuda – Hari bersejarah macam Sumpah Pemuda 28 Oktober udah sepatutnya dirayain dengan cara kekinian, selain dengan upacara wajib yang udah dijadwalin kampus atau sekolah. Kalo bisa, momen itu dijadiin pecutan supaya kamu jadi anak muda yang jauh lebih baik. (At least, buat dirikamu sendiri dulu deh)

Ketika dicetuskan, pemuda Indonesia saat itu udah dipandang sebagai kaum pengubah nasib. Bahkan pejabat daerah dan penjajah saat itu pun memperhitungkan kekuatan dan rongrongan kaum muda saat itu.

Generasi kekinian bakalan dipandang kalah kalo cuma mengulang perjuangan mereka di tahun 1928 dulu. Saatnya anak muda tunjukin kalo hype kekinian tuh bukan hal yang negatif, tapi banyak positifnya. Caranya bisa sesederhana seperti ini:

1. Belajar silat sebagai salah satu warisan budaya bangsa

via giphy.com

Bukan unsur mistisnya yang dipelajari, tapi soal keindahan dan efektivitas beladiri lokal ini. Sutradara film Gareth Evans, pelatih Mixed Martial Arts (MMA), dan netizen luar negeri aja udah mengakui kehebatan silat. Kamu bisa mempelajari silat dan tentu saja rekam gerakan tarungnya supaya budaya lokal ini makin diminati dunia.

2. Jalan-jalan ke Museum

Terutama Museum Sumpah Pemuda yang ada di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat. Kamu bisa ngerasain suasana pencetusan sumpahnya di situ. Tapi jangan terlena supaya bisa upload foto-foto ke medsos dan mendadak jadi anak kekinian ya. Pelajari juga soal momen bersejarah tersebut.

3. Baca sejarah biar engga salah fakta

via bbc.com
(Sumber: bbc.com)

Kalo emang kamu engga suka belajar sejarah, paling engga kamu paham gimana jalan peristiwa Sumpah Pemuda. Dengan begitu, kamu engga bakalan salah fakta waktu upload sesuatu soal janji keramat anak bangsa ini. Malu kan ada anak muda yang lupa sejarah bangsa sendiri. (Kawan Muda pasti engga kayak gitu!)

4. Ngomongin soal hukum di Indonesia

Obrolan soal hukumnya bisa terkait kasus kopi sianida Jessica engga? Boleh aja. Percaya engga percaya, sidang-sidang kasus kopi racun Jessica tuh jadi bahasannya sejumlah mahasiswa, terutama yang ngambil jurusan hukum. Kasus itu soalnya nunjukin tata cara dan etika penegakan hukum di Indonesia.

5. Bangga berbahasa Indonesia

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Penggunaan ragam bahasa Indonesia dapat jadi salah satu hal yang perlu dilaksanakan dalam memperingati sumpah pemuda. Kalo itu dirasa kaku, paling engga kamu bisa ngerti kalimat Indonesia yang baik dan benar seperti gambar di atas.

6. Pantengin UAV Indonesia mengudara

Tepatnya pada pukul 05.00 – 11.00 Unmanned Aerial Vehicles (Pesawat Tanpa Awak) Indonesia diluncurkan dari Garut hingga ke lapisan stratosfer di langit. Peluncuran itu jadi tonggak penciptaan UAV berjenis High Altitude Long Endurance (HALE) yang bisa terbang lebih tinggi dari pesawat penumpang dan lebih lama waktu terbangnya.

Berhubung ini salah satu kejadian bersejarah bagi dunia penerbangan Indonesia. Jadi pantengin terus Genmuda.com supaya tau perkembangannya. “Selamat Hari Sumpah Pemuda buat semua Kawan Muda!” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.