Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Hari kedua Java Jazz Festival 2017 sukses bikin baper banyak penonton. Gimana engga? Sejumlah musisi yang tampil kompak ngebawain beberapa lagu yang sendu abis!

Walau cuaca hari kedua cenderung lebih bersahabat dari hari pertama, suasana hati para penonton justru jadi mendadak galau. Hal ini bisa dilihat antara lain pada penampilan Afgan dan Yura tadi malam, Sabtu (4/3). Di sela-sela keseruan yang mereka hadirin, terselip kesan mellow yang bikin para jomblo nyesek abis.

Keintiman alunan lagu dan interaksi Afgan

©Genmuda.com/2017 TIM
Penampilan Afgan di Java Jazz Festival 2017 ©Genmuda.com/2017 TIM

Khusus buat Afgan, penampilannya di Java Jazz Festival 2017 tampaknya memang udah ditunggu-tunggu banget oleh para penggemar setianya. Buktinya, selalu aja ada penonton yang berdatangan ke BNI Hall di sepanjang penampilan sang penyanyi berlesung pipi.

Lebih lanjut, Afgan yang tampil dengan pakaian serba putih nan elegan membuka penampilannya dengan single ‘Katakan Tidak’. Menyusul kemudian, doi engga cuma ngebawain lagu-lagu hitsnya yang udah dihafal banget oleh para penonton, tapi juga nge-cover lagu dari musisi lain.

Misalnya aja setelah ngebawain ‘Kunci Hati’ yang bikin meleleh, Afgan langsung nampilin single ‘I Can’t Make You Love Me’ milik Bonnie Raitt. Menariknya, seakan pengen bikin para penonton makin hanyut dalam suasana, doi sempat bilang bahwa, “Lagunya sedih dan emosional sekali, jadi kalo ada yang mau nangis engga apa-apa.” Penonton pun langsung heboh dan makin ngga sabar buat dengerin doi nyanyiin lagu yang juga pernah dibawain pula oleh mendiang George Michael dan Adele itu.

©Genmuda.com/2017 TIM
Afgan berkolaborasi dengan pemain saxophone Kirk Whalum. ©Genmuda.com/2017 TIM

Namun demikian, usai bikin penonton pengen mewek, Afgan justru bikin penonton kembali semangat dan bergairah lewat cover single Bruno Mars, ‘Versace on the Floor’. Dari yang tadinya cuma diam terpana menikmati penampilan doi, para penonton akhirnya langsung ikut bernyanyi. Apalagi ditambah dengan permainan saxophone apik dari musisi Amerika Kirk Whalum, penonton jadi makin terhibur dan terus bersorak memuji kolaborasi keduanya.

Eits, tapi tunggu dulu. Bukan berarti abis itu Afgan langsung udahan bikin para penonton galau loh ya. Buktinya, doi lanjut ngebawain lagu-lagu kayak ‘Jalan Terus’ dan ‘Ku dengannya Kau dengan Dia’. Yang lebih ‘miris’-nya lagi, doi sempat ngegodain para penonton yang jomblo dengan candaan “Kasian deh lo!” Sedih engga tuh kalo kamu jadi penontonnya?

Well, terlepas dari itu, Afgan tetap berhasil nyajiin penampilan yang memukau bersama dengan Kirk Whalum. Doi pun engga henti-hentinya nyapa para penonton, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Petjah banget deh pokoknya!

Energi blues ala Yura

©Genmuda.com/2017 TIM
Penampilan Yura di Java Jazz Festival 2017 ©Genmuda.com/2017 TIM

Lain halnya dengan Yura yang tampil di panggung MLD Spot . Walau lebih banyak tampil enerjik, ngga bisa diungkiri kalo doi juga tetap berhasil bikin para penonton galau lewat lagu-lagu seperti ‘Berawal dari Tatap’ dan ‘Intuisi’. Di single ‘Cinta dan Rahasia’ khususnya, penonton yang tadinya duduk bahkan sampai berdiri supaya bisa lebih merapat ke panggung dan nyanyi bareng. Semacam pengen curcol gitu deh, Kawan Muda.

Meski begitu, satu hal yang paling nyita perhatian dari penampilan Yura adalah nuansa blues yang doi hadirin di atas panggung. FYI, doi sebenarnya udah lama loh bercita-cita punya album blues. Tapi, berhubung masih belum kesampean, akhirnya doi menghadirkan blues lewat kolaborasi dengan beberapa musisi di Java Jazz Festival 2017.

Lantas, siapa aja musisi blues yang digaet Yura buat ikut tampil bareng doi? Well, yang pertama ada musisi blues asal Bandung, Nissan Fortz. Keduanya tampil bersama di single ‘Get Along with You’ milik Yura. Vokal Yura yang unik ditambah permainan gitar Nissan Fortz yang ciamik benar-benar bikin penonton terpukau.

©Genmuda.com/2017 TIM
Penampilan Gugun Blues Shelter di Java Jazz Festival 2017 ©Genmuda.com/2017 TIM

Sementara itu, engga kalah menarik dari Nissan Fortz, ada Gugun Blues Shelter yang ikut ngegebrak panggung Yura sesaat kemudian. Band yang kini beranggotakan Gugun, Fajar, dan Bowie itu hadir di single ‘Jestersuit’ dan ‘Itu Kamu’. Malam pun terasa semakin ‘biru’ berkat duet maut Yura dan GBS.

So, secara keseluruhan bisa dibilang Afgan dan Yura udah ngasih nuansa haru biru tersendiri di hari kedua Java Jazz Festival 2017 tadi malam. Meski ngga melulu bikin galau, efek baper dan sendu tetap engga bisa dilepasin dari keduanya.

Engga ketinggalan, di samping Afgan dan Yura, ada pula Incognito dan Kunto Aji yang turut ngasih warna berbeda buat Java Jazz Festival 2017. Penasaran gimana keseruan penampilan mereka? Pantengin terus di Genmuda.com ya! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer