Sabtu, 31 Oktober 2020
Ngobrol Bareng

Kenal Sisi Lain dari Cewek Super Kocak Devina Aureel

©Genmuda.com/2017 LikiGak perlu jaim dan berani jadi diri sendiri adalah kunci utama dari Devina Aureel sampai bisa seperti sekarang ©Genmuda.com/2017 Liki

Genmuda – Ceria, enerjik, dan bawel. Tiga kata ini rasanya cocok ditujukan bagi sosok Devina Aureel. Cewek yang dikenal rajin posting foto atau video lucu dalam akun Instagramnya ini dikenal netizen Indonesia sebagai pribadi yang super kocak dan engga bisa diem. Engga heran kalo banyak followersnya dibuat ngakak sama tingkahnya.

Mahasiswi semester 6 ini ngaku ke Genmuda.com kalo semua yang dilakukan olehnya semata-mata karena pengen menghibur dan memberikan konten positif bagi banyak orang. Devina juga bilang kalo semuanya dimulai saat doi duduk di bangku SMA. Mau tau kayak gimana? Simak aja wawancaranya di bawah. Cekidot!

Genmuda: Gimana sih awal mula kamu ngeluarin berbagai video lucu di medsos?

Devina: Jadi dulu aku engga pernah mainan Instagram sama sekali. Pas kelas 2 SMA aku bikin akun cuma buat stalker mantan. Berhubung aku homeschooling, kegiatannya engga terlalu banyak. Nah, karena engga ada kerjaan itu aku jadi sering mainan Instagram.

Saat itu Instagram baru aja ngeluarin fitur video, dan saat aku post entah gimana ceritanya, tiba-tiba tuh banyak banget yang suka sama video-video yang aku bikin dengan segala macam prilaku aneh aku. Yaudah, dari situ sih enjoy aja, soalnya kan aku buat itu cuma buat lucu-lucuan aja sama temen.

Setelah lulus SMA tahun 2014 dan masuk Indovidgram, akhirnya aku mantap memutuskan kuliah di Jakarta ambil jurusan komunikasi.

 

Genmuda: Apa yang memutuskan kamu pindah dan kuliah di Jakarta dari Malang?

Devina: Tadinya aku mau kuliah di Belanda dan ambil jurusan komunikasi juga. Begitu lulus aku kemuan lah sama anak-anak Indovidgram lainnya, termasuk Bena Kribo. Saat ketemu, mereka justru mencetuskan ide ‘Kuliah di Jakarta aja.’

Habis dari itu, aku bilang sama mama papa aku yang super protektif, terus akhirnya mereka bilang, ‘Oh yaudah gak apa-apa’. Dalam hati aku ‘Apakah ini pertandaaa?’ hahaha… Terus habis itu udah deh, kuliah dan melanjutkan yang lainnya.

©Genmuda.com/2017 Liki
Pacar Chandra Liow ini ngaku kalo semua video yang doi buat cuma pengen bikin penontonnya ketawa. ©Genmuda.com/2017 Liki

Genmuda: Selain kuliah sekarang lagi sibuk apa?

Devina: Selain kuliah, kesibukannya adalah tidur. Ini jujur loh aku, beneran emang tidur. Terus paling live Instagram. Sumpah engga penting banget. hahaha…

Apa ya kalo kesibukan profesional? Hmm…paling syuting dan kolaborasi konten video. Pokoknya kalo diajak syuting aku mau, aku anaknya mauan banget deh. Hahaha…

 

Genmuda: Banyak orang bilang kamu itu heboh dan engga bisa diam banget, tapi secara personal Devina emang kayak gitu atau malah disengaja aja?

Devina: Emang kayak gitu, tapi tidak setiap saat kayak gitu. Jadi contohnya kayak aku lagi di kampus, ya aku engga kayak gitu, karena tempat ku buat kayak gitu bukan di kampus. Beda halnya kalo di luar.

 

Genmuda: Dari sekian banyak kerjaan yang lagi digeluti, selain jadi mahasiswa, kamu ini lebih suka disebut punya profesi apa?

Devina: Sebenernya aku sangat engga mau dibilang selebgram, jadi lebih baik Devina, ya Devina aja. Karena aku bukan artis juga. Mahasiswa aja deh, kalo engga ya content creator aja. Sounds so professional engga? Hehehe…

 

Genmuda: Bahas soal konten video nih. Lebih suka nge-direct itu sendiri atau tinggal jalanin aja?

Devina: Kalo sebagai talent yang diajak kolaborasi ya aku cuma ngikutin aja, tapi kalo ada yang engga sesuai sama karakter aku, aku pasti bakalan bilang. Cuma kalo untuk konten sendiri kayak di Instagram, aku tuh orangnya perfeksionis banget. Aku kayak cuma pengen ide, skrip, serta lain-lainnya tuh aku garap sendiri.

“Jadi semua pure karena aku suka lipstick, dan aku cuma share doang. Udah gitu aja.”

Genmuda: Kamu kan sering banget ngebahas soal lipstick, emang berapa banyak sih lipstick yang kamu punya dan yang pernah kamu review?

Devina: Kalo yang punya sendiri mungkin ada satu laci kayaknya deh. Tapi yang ngereview pun sebenernya cuma buat aku aja, soalnya aku ngerasa bukan profesional yang punya kredibilitas ngereview lipstick.

Kalo ngereview ya, ‘Ini review dari Devina doang, bukan seseorang yang tau banget soal lipstik beserta kandungannya.’ Jadi semua pure karena aku suka lipstick, dan aku cuma share doang. Udah gitu aja.

©Genmuda.com/2017 Liki
Devina juga tipe mahasiswa yang susah bangun pagi ©Genmuda.com/2017 Liki

Genmuda: Tertarik engga kalo diajak berkolaborasi sama salah satu produk kecantikan, misalkan lipstick gitu?

Devina: Ya jelas mau banget lah, kan aku anaknya ‘mauan’. Apalagi kalo itu lipstick. Jadi aku bakal seneng banget. Tapi selain itu, aku tetep liat brandnya itu kayak gimana. Karena sujujurnya aku tipe orang pemilih, bukan yang langsung ‘oke let’s go juga ya.

 

Genmuda: Apa yang kamu lakuin kalo lagi jenuh buat konten video? Ada tips biar kontennya tetep fresh dan menarik engga?

Devina: Aku engga pernah maksain diri untuk bilang ‘Oke dalam satu minggu gue harus upload konten tiga kali,’ engga pernah bisa kayak gitu. Karena sesuatu yang dipaksain hasilnya juga engga bagus.

“…at least bikin mereka senyum aja itu udah lebih dari cukup.”

Terus setiap kali aku upload apapun itu, aku engga pernah berpikir ini bakalan jadi viral. Pokoknya selama postingan aku bisa menghibur orang lain, at least bikin mereka senyum aja itu udah lebih dari cukup.  

Jadi kalo ditanya konten yang fresh, ya sesimple gimana bikin orang lain tersenyum deh. Gitu doang, engga ribet kok. Karena sebegitu pentingnya kan hiburan buat orang saat ini.

 

Genmuda: Namanya buat konten pasti ada yang suka dan engga suka. Kalo bahas soal haters sendiri, buat kamu sendiri mereka seperti apa sih?

Devina: Pertama aku engga pernah ngerasa punya haters, kedua aku merasa ada orang yang engga suka sama aku, mungkin ketika akunya lagi baper atau emosi sendiri. Contohnya, bisa aja kan komentar biasa menjadi keliatan komentar engga suka kalo akunya lagi emosi.

Dan terlepas dari itu setiap orang kan punya pendapat mereka sendiri, engga bisa semua orang suka sama apa yang aku bikin. Suka silakan, engga suka juga engga apa-apa. Aku juga engga pernah marah banget sama haters, kecuali mereka ngomongin fisik, atau nginggung keluarga dan temen aku. 

Tapi seiring berjalannya waktu tuh, semakin kesaring kok para temen dan followers aku. Mereka bisa tau kalo Devina tuh orangnya kayak gitu loh. Kalo mereka engga suka ya berarti mereka engga tau aku. Sesimple itu aja.

 

Genmuda: Di balik sosok ceria nan kocak ini, ada engga momen yang bikin kamu ngerasa down banget?

Devina: Saat terlalu lama di sini (Jakarta) dan engga pulang ke Malang. Ngerasanya kayak perlu di-charge aja. Homesick parah. Meski ini udah tahun ketiga, beberapa bulan sekali harus sempet pulang ke rumah. Apalagi saat kuliah dan kerjaan lagi suntuk-suntuknya, ya mendingan pulang.

©Genmuda.com/2017 Liki
“Kenapa engga boleh dipotong? Karena kata mama hokinya Devina di sini. Lebih jelasnnya coba tanya ke mama aku.” canda Devina saat ngobrol bareng Genmuda.com ©Genmuda.com/2017 Liki

Genmuda: Siapa yang paling mendukung kamu hingga jadi seperti sekarang?

Devina: Keluarga. Terutama mama ku sering loh nge-share video instagram aku di Facebooknya sehingga jadi obrolan ibu-ibu (teman-temannya).

 

Genmuda: Terus gimana cara kamu ngebagi waktu?

Devina: Aku bukan orang yang terstruktur banget kok. Misalnya harus kuliah jam segini, terus buat konten dan lain-lain. Engga sama sekali. Semuanya dibiarin ngalir gitu aja.

 

Genmuda: Apa sih hal engga banyak orang tau di balik pribadi Devina Aureel?

Devina: Aku anaknya suka banget me time dan termasuk orang yang introvert. Kadang me timenya bisa berhari-hari malah.

 

Genmuda:  Harapan ke depan yang belum kesampean?

Devina: Aku pengen banget buat konten kecantikan, tapi lagi-lagi aku ngerasa aku tuh masih kurang. Terus pengen juga konten yang se-random aku yang dulu. Jadi engga usah mikir yang aneh-aneh.

Kalo sekarang kan beda, kalo bikin video harus liat dulu ini kira-kira orang seneng engga ya dan macem-macem. Dari situ, aku engga cuma rutin di Instagram tapi juga bisa ke channel Youtube aku sendiri.

 

Genmuda: Kalo nyinggung beauty, kamu sendiri tipe cewek yang peduli banget sama penampilan engga?

Devina: Engga sama sekali. Aku pernah kok engga mandi tiga hari ke kampus. Paling cuma cuci muka dan sikat gigi aja, ya standar buat kebersihan lah ya. Keramas pun engga pernah rutin.

 

Genmuda: Dengan rambut sepanjang itu pasti perawatannya rutin dan repot dong?

Devina: Engga juga ah, soalnya kalo keramas bisa setengah botol shampo yang ukuran sedang. Dan rambut ini emang engga pernah aku potong dari SMA karena engga dibolehin mama. Pernah sih dipotong diem-diem, terus ketawan sama mama aku. Tapi so far aku nyaman-nyaman aja sih (dengan rambut panjang).

 

Genmuda: Ada engga pesan buat Kawan Muda yang pengen bikin konten seru dan menghibur kayak kamu?

Devina: Selain harus jadi diri sendiri, jangan terlalu dipikirin banget kalo bikin konten. Pikirin positifnya, buang negatifnya, ke depannya jangan dipikirin, selama itu positif yakin aja itu bikin orang lain seneng. Udah deh gitu aja.

 

Well, berkat menjadi diri sendiri dan engga jaim itulah akhirnya Devina membuka banyak peluang buat karirnya. Dan seperti yang doi bilang, jangan lupa buat selalu bikin orang lain tersenyum lewat karya yang kamu buat. Keren kan. Dan buat Kawan Muda yang udah tanya-tanya doi lewat Instagram Genmuda.com berikut video Q&Anya. Enjoy it!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.