Senin, 25 September 2017
Wadaw!

Bukan Milik Kanye West, Yeezy Ternyata Merek Sepatu China. Kok Bisa ya?

via: Google(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kamu pecinta sneakers kelas wahid model Adidas Yeezy mungkin bakalan sakit hati mendengar kabar satu ini. Gimana gak, saat kamu susah payah menabung dan beli ‘Yeezy’ asli yang jarang didapetin di Indonesia, kamu justru bisa nemuin tokonya di kota Wenzhou, China.

Serius ada tokonya? Serius banget nih! Jadi ada toko sepatu resmi yang menjual berbagai sepatu Yeezy lengkap dengan nama “Yeezy” sebagai merek dagang yang terdaftar di China. Wadaw!

Kok bisa gitu?

via: Giphy

Ya, meski udah tau nama tokonya sama persis dengan nama sepatu rancangan Kanye West, toko itu sama sekali gak takut kalo suatu hari mereka bakal digugat terkait pelanggaran merek dagang. Saking pedenya, selain menulis nama ‘Yeezy’ di depan toko, interior dalamnya pun ikut memamerkan berbagai koleksi sepatu Yeezy, −yang pastinya sepatu KW.

via: China Network
(Sumber: China Network)

Salah satu pembeda dari sepatu Yeezy asli dengan Yeezy KW di toko tersebut terdapat pada letak merek “SPLY” yang harusnya ada di sisi sepatu, berganti menjadi “Yeezy.” Gokilnya lagi, di toko ini pengunjung bisa mendesain sepatu ‘Yeezy’ KW tersebut dengan desain mereka sendiri.

Harga sepasang sepatu palsu tersebut terbilang cukup mahal, yaitu sekitar 155 dollar AS (Sekitar Rp 2 jutaan). Padahal harga sepatu aslinya yang dirilis dalam peluncuran cuma sekitar 200 dollar AS, sebelum akhirnya dinaikan beberapa persen di pasaran.

Pemilik tokonya punya bukti kuat

via: giphy

Berdasarkan laporan China Network, pemilik toko, Tuan Hu, mengaku udah lebih dulu mendaftarkan merek dagang ‘Yeezy’ pada tahun 2013 dan udah terbukti sah secara hukum sebagai milik perusahaannya.

Seorang perwakilan LegalHoop, —selaku perusahaan yang mengurus merek dagang di China mengatakan kepada Mashable, bahwa merek ‘Yeezy’ udah diambil dan didaftarkan di tahun 2013 dalam beberapa kategori produk. Nah loh?

Terus gimana komentar Kanye West dan Adidas?

via: Metro.co.uk

Hingga berita ini diturunkan, dua pihak yang paling diruguin dari kasus ini belum mengeluarkan komentar apapun. Walau toko sepatu KW itu punya bukti kuat secara hukum, tapi masa sih mulai dari nama produk, sampe desain sepatunya dibuat mirip? Itu sih bukan gak sengaja, tapi emang udah diniatin, sob.

Namun demikian Kanye West dan Adidas bisa aja menang. Soalnya tahun lalu, pengadilan tinggi di China pernah juga memenangkan gugatan dari mantan pemain NBA, Michael Jordan. Pebasket tersebut menuntut perusahaan olahraga China Qiaodan yang menggunakan nama dan logonya yang diganti dalam bahasa Mandarin.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.