Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Sebentar lagi, kelas-kelas pembuka bakal nyambut mahasiswa baru seiring dengan ospek fakultas dan jurusan. Tugas-tugas kuliah dan ospek engga terasa akan numpuk dan isi laptop makin lama makin penuh file sumber penelitian dan makalah-makalah.

Kalo dibiarin, laptop kamu itu bisa penuh satu atau dua tahun berikutnya dan rusak di saat-saat paling krusial. Yaitu, saat bikin skripsi. Empat tahun tuh cepet loh, gaes. Makanya, jangan menuh-menuhin laptop, bahkan dengan file-file penting sekalipun.

Karena sekarang ini jamannya cloud storage dan digital, coba deh manfaatin aplikasi di bawah ini buat menghemat kapasitas penyimpanan laptop kamu. Selamat download ya dan semoga masa perkuliahan ini berjalan sesuai rencana.

1. Office sebelum 2007

via winsupersite.com
Interface MS Word 2003. (Sumber: winsupersite.com)

Serius. Daripada kamu download MS Office 2007 (2 GB) yang fiturnya terbilang nanggung, mending pakai aja Word 2003 (400 MB). Dengan begitu kan kamu bisa hemat banyak banget storage. Mau lebih hemat lagi? Download aja MS Office 1997 yang fiturnya cukup untuk tugas-tugas ketikan.

2. LibreOffice

via shu.ac.uk
Interface LibreOffice. (Sumber: shu.ac.ak)

Kalo mau program pengolah dokumen yang fiturnya setara MS Office 2010, download aja LibreOffice (1,5 GB). Programnya berisi sepaket aplikasi yang cukup untuk ngedit dokumen, baca PDF, bikin presentasi, dan ngitung statistik dasar. Cara pemakaiannya juga mirip MS Office kok, sehingga gampang dipelajari.

3. OpenOffice

via openoffice.org
Interface OpenOffice. (Sumber: openoffice.org)

Di awal menginstall, sediain kapasitas 650 MB karena harus download penginstallnya. Setelah program yang mirip MS Office 2010 ini terpasang, programnya cuma butuh 440 MB. FYI, aplikasi yang dibuat sama Apache Developer ini merupakan program pengedit andalannya para pengguna Mac.

4. Google Docs

via Google
Interface Google Docs. (Sumber: Google)

Apabila kamu cuma butuh ngetik, ngitung, dan baca PDF tanpa kebanyakan ngedit visual dokumennya, pakai aja Google Docs. Download aja programnya secara gratis. Males lebih menuh-menuhin? Install aja Google Chrome karena udah dibekali Google Docs dan program pengedit excel juga program pembuat slide presentasi.

5. Foxit Reader

via creativemark.co.uk
Interface Foxit PDF Reader. (Sumber: creativemark.co.uk)

Sebenernya sih kamu selalu bisa ngebuka file PDF pakai Google Chrome tanpa harus menginstall Adobe PDF. Kalo mau download aplikasi yang lebih banyak dan ringan, coba deh Foxit PDF Reader karena besarnya gak sampai 1,5 GB. Gak kayak Adobe Reader yang sampe 1,85 GB.

6. Evernote

via evernote.com
Interface Evernote. (Sumber: evernote.com)

Catatan kamu gak bakalan hilang kalo disimpen di Evernote. Tulis materi di laptop, nanti filenya juga bisa dibuka di ponsel. Laptop dan ponsel hilang? Gak masalah. Filenya tetep bisa dibuka asalkan kamu masih inget username dan password akun Evernotenya.

7. DropBox

via play.google.com
Interface DropBox Android yang terhubung ke PC. (Sumber: play.google.com)

Kamu bisa menginstall program DropBox di komputer atau gak terserah deh. Soalnya, DropBox juga bisa diakses langsung lewat websitenya. Simpen aja semua file di situ supaya gak hilang sampai bertahun-tahun kedepan. Asalkan, kamu inget username dan password akun DorpBoxnya.

BONUS: ANTIVIRUS APAPUN!!!!

Jangan harap laptop kamu bertahan tanpa dibekali antivirus. Gak perlu yang berbayar karena antivirus gratisan juga udah sediain fitur-fitur dasar yang butuh untuk lindungin komputer dari virus-virus umum. Jangan lupa, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.