Rabu, 21 Agustus 2019

Genmuda – “Hei, Tahan!” kata seorang satpam kepada belasan rekannya. Mereka bersama-sama menahan rolling door yang hampir jebol sementara kerumunan mob orang-orang di luar berdesakan lagi jebolin pintu besi tipis itu. Suasananya mirip zombie apocalypse tapi bukan. Itu pemandangan diskon Nike Grand Indonesia.

Video singkat detik-detik jebolnya rolling door itu terunggah di Twitter lewat akun @cmdr_hellstorm. Doi berkomentar kalo zombie outbreak di Jakarta gak butuh T-Virus atau G-Virus, dua virus yang meluluhlantakkan Racoon City dalam berbagai seri game, film, dan komik “Resident Evil.” Bikin aja diskon sepatu hingga 90 persen.

Mal elit di jantung Jakarta itu pun penuh, terutama sekitaran area diskon di lantai lima. Berbagai media yang ngeliput mob beringas di acara yang berlangsung 21-27 Agustus itu pun merekam jaharanya situasi. Sebagian pengunjung cuma dapet lelah setelah antre lama dan berdesakan sementara sepatu incarannya keburu ludes.

 

Orang Jakarta emang unik. Gak mau kena macet di jalan dan berdesakan sedikit di angkutan umum, tapi rela hadapi mob mirip zombie apocalypse kayak gitu. Padahal kan masih banyak loh cara buat dapetin sepatu murah. Misalnya aja, dengan cara di bawah ini.

1. Follow akun-akun medsos jualan sneakers

Yoi! Meski gak sebesar di Grand Indonesia, berbagai akun jualan online sebenernya suka ngasih banyak diskon sneakers-sneakers bagus. Malah, bisa dapet sepatu langka yang gak dijual di Indonesia kalo berhasil nemu diskon dari akun jualan online luar negeri. Follow aja akun Kick Deals, Sneaker Steal, Complex Sneakers, dan sejenisnya.

2. Cari kuis di medsos

via complex.com
(Sumber: complex.com)

Kuis di medsos bisa berhadiah voucher, diskon spesial, atau malah sneakers yang diiinginkan. Coba aja cari #kuis di Twitter dan Instagram. Pasti ketemu. Biar gak ketinggalan info, ada baiknya follow akun pengepul kuis karena berbagai penyelenggara kuis suka bekerjasama dengan mereka.

3. Liat ebay

Kan. Lupa kan ada situs belanja barang murah yang selalu bisa diandalkan. Jaman sekarang, barang-barang di ebay kan bisa dikirim ke seluruh wilayah di dunia. Kalo beruntung, siapa tau nemu penjual yang bener-bener BU sehingga berani jual sneakers sekelas Yeezy atau Air Max dengan harga miring lebih dari 45 derajat.

4. Jajan sepatu produk lama-tapi-kece di toko online

via complex.com
(Sumber: complex.com)

Gak cuma gerai Nike Grand Indonesia doang loh yang suka bikin diskon online gede-gedean. Toko online yang mau ngosongin gudangnya juga suka bikin ajang diskon. Pantengin aja terus. Pasti ada, deh.

5. Manfaatin hari diskon nasional

Hari diskon nasional macam Hari Belanja Diskon (HBD) RI beberapa saat lalu atau Hari Belanja Online (HBO) nasional yang biasanya berlangsung tiap 12 Desember tuh contoh hari diskon nasional. Manfaatin deh berbagai potongan harga saat acara tersebut supaya bisa jajan sepatu idaman tanpa kebanyakan ngeluarin uang.

6. Beli dari kolektor yang udah bosen

©Genmuda.com/2017 Intan
Kita anggap aja mas berbaju hitam ini kolektor yang udah bosen sama sneakersnya. ©Genmuda.com/2017 Intan

Siapa pun yang dateng ke acara diskon Nike Grand Indonesia cuma untuk belanja adalah orang-orang yang merugi. Soalnya, acara itu pun didatangi para kolektor sneakers. Koleksi sepatu mereka banyak, jarang dipakai, dan sewaktu-waktu siap dijual dengan harga relatif murah karena pemiliknya udah bosen.

7. Nyari kerja di industri sneakers

Entah jadi penjaga toko, sopir truk pengantar sepatu, perancang, atau bahkan bosnya, tiap karyawan brand sneakers udah pasti dapet diskon khusus karyawan. Belum lagi kesempatan dihadiahi sneakers oleh perusahaan karena jadi pekerja loyal atau berprestasi.

8. Dateng USS

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Atau, cara terakhir ya dengan dateng ke festival diskon sneakers macam Urban Sneakers Society (USS). Selain jadi ajang diskon dan jualan sneakers-sneakers langka, acara itu juga jadi gathering para kolektor. Ada juga loh berbagai kegiatan lain. Kamu belum tau? Ah payah! Makanya, baca artikelnya di link tadi atau link yang ini, nih! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.