Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Apa yang ada dibayangan kamu kalo nonton konser musik? Pastinya tata lampu yang megah, penataan panggung yang apik, instrumen musik yang lebih banyak dari biasanya, kostum yang menarik, dan lagu-lagu yang dibawain pasti banayk. Gitu kan?

Tapi… semua bayangan atau angan-angan kamu itu akan hilang dan sirna seketika ketika kamu tau ada sebuah band yang konser cuma dalam waktu dalam 8 detik. Diulang ya, CUMA 8 DETIK. Band apa coba yang nyelenggarain konser dengan waktu yang singkat banget itu?

Band yang bikin konser ini ternyata berasal dari negeri yang orangnya suka bikin sensasi dengan kelakuannya yang di luar dugaan, yaitu Jepang. Namanya Golden Bomber. Mereka adalah band rock visual kei yang terbentuk tahun 2004. Kabarnya, band ini dikenal dengan sebutan air band atau band angin. Kenapa ya?

Image result for golden bomber 8 second

Ternyata, band ini tuh gak memainkan musik mereka sendiri, bahkan personelnya yang bisa memainkan alat musik pun cuma 1 orang aja, yaitu Kiryuuin Shoo. Semua musik yang mereka bawakan itu dimainkan sama musik profesional, dan mereka itu lebih seringnya tampil teatrikal yaitu menari, video, dan akting.

Terus itu gimana yang konser 8 detik?

Image result for golden bomber 8 second

Konser yang dilaksanain tanggal 29 Juni ini diadain di Ikebukuro’s Sunshine City Mall, kota Tokyo. Penampilan mereka di konser ini sebenernya adalah ajang promosi buat lagu terbarunya yang berjudul “Deatte 8 Byou” atau “8 Second Encounter” yang artinya ‘setelah 8 detik kita bertemu’.

Butuh waktu sekitar 6 jam buat persiapan semua alat musik dan alat pendukung penampilan mereka. Bahkan di sana terpasang layar untuk menghitung mundur selama 3 menit alias 180 detik buat menunggu penampilan mereka. Setelah dihitungan 2 detik, keempat personel band langsung naik ke panggung, memainkan lagunya yang CUMA 8 detik, terus balik lagi ke belakang panggung sambil lari terburu-buru.

Rasanya aneh ya nunggu penampilan mereka yang ternyata lebih lama ketimbang penampilannya itu sendiri. Biasanya kan konser musik itu paling gak 2 jam lamanya, dengan ngebawain bahkan sampe 2 album. Tapi ini cuma 1 lagu, dan itu pun cuma 8 detik. Capek deh…

Terus udah? Gitu aja?

Iya, gitu aja. Setelah dapet tepuk tangan dan sorak cewek-cewek yang heboh ketika mereka naik ke panggung, dan ketika mereka kembali ke belakang panggung, akhirnya mereka menampakkan dirinya lagi. Vokalisnya pun bertanya,

“Gimana lagunya? Kami semua akhirnya bisa melakukan itu dalam waktu 8 detik.”

Emang cuma segitu aja gengs, gak ada tambahan lagu lainnya. Itu aja mereka lipsync, bukan main musik langsung. Tapi ternyata aksinya ini gak masuk dalam catatan rekor dunia atau ‘Guinness Record’. Karena sebelumnya udah ada yang nyelenggarain konser tercepat dan gak akan ada yang ngalahin karena penampilan mereka gak lebih dari 1 detik. Kalo penasaran, coba aja cari di Youtube “White Stripes at One Note Show.”

Eits, sebelum nonton yang itu tonton dulu nih konser 8 detiknya si Golden Bomber biar gak penasaran.

(sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.