Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Begitu memasuki masa perkuliahannya, kamu engga bisa lagi yang namanya pilih-pilih teman seperti waktu SMA dulu. Jangankan pilih teman, pilih tempat duduk aja suka seenaknya. Belum lagi ‘sesebel-sebelnya’ kamu sama senior, bisa jadi mereka bakalan ketemu kamu kalo mereka ngulang atau belum ambil mata kuliah di semester sebelumnya.

Tapi jangan terlanjur sedih. Di antara ratusan atau mungkin ribuan orang yang kamu temuin sehari-hari di kampus, mungkin sebagiannya bakal ada yang jadi teman kamu. Supaya kamu engga kagok, inilah tipe-tipe pertemanan yang bakal kamu temuin di kampus.

1. Teman satu mata kuliah

Tiap ambil SKS selalu sama, kelasnya juga sama, dapat tugas kelompok satu tim, udah pasti jodoh kalian bakal berusaha sekuat tenaga buat bareng. Biasanya sohib satu mata kuliah berasal dari jurusan dan angkatan yang sama. Karena sistem akademik di kampus pada umumnya terbuka, engga menutup kemungkinan ada mahasiswa jurusan lain yang bisa jadi teman satu kelas di mata kuliah umum.

2. Teman cabut

Mamet: “Kelas lab dosennya ngaret 15 menit ini Bob.”

Bobi: “Yaudah, kita nongkrong dulu aja di kantin.”

Tak terasa setengah jam berlalu

Mamet: “Kata anak-anak kelas B, dosennya udah masuk 10 menit yang lalu Bob.”

Bobi: “Yah, percuma dong kita masuk nanti engga boleh absen, cabut ke rental PS aja yuk!”

Ini contoh teman yang bakal kamu tuju kalo kamu lagi butuh partner in crime buat cabut kuliah. Doi biasanya udah tau cara paling oke menghabiskan waktu di luar kelas selain nongkrong atau godain anak-anak jurusan lain. Setiap kampus pasti selalu anak mahasiswa kayak begini.

3. Anak geng

Biasanya pertemanan anak-anak tongkrongan cukup erat, bahkan melebih kepompong. Hubungan anak geng tersatukan semata-mata karena semangat pesaudaraan bukan yang lain. Saking kompaknya, hampir setiap hari  selalu barengan, dan susah banget dipisahkan. Ibaratnya Taylor’s Squad mereka cendrung eksklusif dan loyal sama pertemanan mereka.

4. Teman kosan

Sebenernya bukan cuma ngekos sih. Teman satu asrama atau teman satu lantai di apartemen deket kampus juga masuk kategori ini. Mereka ibarat tetangga baru dan bakal ada ketika kamu mengalami emergency di kosan. Meski engga deket, kamu selalu bisa meminta pertolongan pertama mereka dan begitu juga sebaiknya.

5. Teman satu organisasi

Meski satu hobi, orang-orang yang kamu temui di organisasi punya kepribadian berbeda. Ada yang tukang modus, ada yang jomblo seumur hidup. Pokoknya ada-ada aja deh. Nah di organisasi inilah kamu bisa cari banyak teman baru. Bersama mereka inilah kamu bisa belajar nilai-nilai profesionalitas tanpa memandang usia, angkatan, atau beda jurusan.

6. Teman sebats

Bobi: “Kusut banget itu muka!”

Mamet: “Iya nih, uang bulanan udah abis, skripsi belum beres, pacar udah ngebet ajak nikah.”

Bobi: “Udah jangan galau, sebats dulu lah kita!”

Habis sebats, galaunya malah makin bertambah. Pokoknya teman macam ini pasti bakalan kamu temuin deh.

7. Teman ‘mafia’ satu daerah

Kalo kamu kuliah di kota lain, biasanya teman yang berasal dari daerah yang sama turut mempengaruhi pertemanan hingga buat paguyuban daerah mereka. Kamu pun bakal diundang bergabung dengan paguyuban tersebut atas dasar kesamaan kampung halaman. Bahasa daerah pun juga jadi alat komunikasi utama kalian dalam berkomunikasi selama singgah di kota orang.

8. Teman nonton drama Korea

Saat liburan dan engga ada mata kuliah, biasanya banyak mahasiswi yang menghabiskan waktu mereka buat marathon nonton drama Korea. Lebih happy kalo ada teman yang sepaham sama drama favorit kamu. Yang ada bakalan baper berjamaah. *ambil tisu.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.