Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Masalah mengatur jam tidur di usia belasan sampe 20-an something sering kali dianggap sepele sama sebagian anak muda. Ngerasa semangat dan tubuh mereka masih tahan banting, anak muda seneng banget begadang atau malah kurang tidur setiap harinya.

Pernyebabnya udah pasti banyak banget, dari mulai asik buka medsos, ngerjain deadline kerjaan, tugas kuliah, dan alasan-alasan lainnya. Padahal, kebiasaan buruk itu gak boleh diremehin sama anak muda, terutama saat masih berusia 18-60 tahun.

Sejumlah dokter dan pakar kesehatan emang udah menganjurkan tidur cukup seenggaknya 7-8 jam sehari. Dan kalo lo masih anggap ini adalah masalah sepele, siap-siap aja ketemu sama 5 bahaya kesehatan kayak gini:

1. Gampang lemot

via: Giphy

Maksudnya gini gengs, saat kurang tidur tubuh jadi kekurangan oksigen untuk mengalirkan darah ke otak. Jika disepelein masalah ini bakal menggangu proses kognitif lo sehingga daya pikir, nalar, konsentrasi, hingga kemampuan otak memecahkan suatu masalah bakal berkurang.

2. Masalah penyakit serius

Obesitas atau serangan jantung mungkin jadi contoh penyakit yang jarang orang tau karena kekurangan tidur. Selain dua penyakit mematikan itu, masalah serius lainnya juga bakal berdampak bagi tubuh lo kalo kekurangan tidur. Mau tau? Tekanan darah mengikat, gagal jantung, stroke, sampe diabetes. JSYK, semua penyakit itu rentan banget terjadi di usia produktif, loh.

3. Bikin hormon reproduksi lo menurun

Emang ada pengaruhnya sama kurang tidur? Ya, jelas ada banget, gengs. Hal ini disebabkan karena turunnya libido yang habis dikonversi menjadi energi karena lo kurang tidur. Inget, mau cewek atau cowok kasusnya sama ya!

4. Cepet tua

Bukan sekedar mitos atau sugesti doang, kurang tidur berpengaruh pada kulit yang menjadi lebih pucat atau malah bikin mata panda. Jika kebiasaan itu masih dilakuin, kulit bakal menjadi cepet kendor, keriput, dan banyak noda hitam. Kurang tidur juga berpengaruh pada produksi hormon kortisol yang mempengaruhi kelenturan kulit lo.

5. Naikin berat badan

via nuskool.com

Pernah kepikiran gak kenapa kalo bedagang bawaannya laper? Nah, itu dipengaruhi sama kondisi tubuh lo yang butuh asupan lemak tinggi dan karbohidrat untuk menggantikan waktu tidur. Otomatis tubuh bawaannya pasti laper melulu. Bahayanya lagi kebiasaan ini justru memberi potensi timbul kanker di dalam tubuh. Hiih…gak mau kan? Makanya, yuk mulai tidur teratur mulai malam ini. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.