Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Weekend kemarin Genmuda.com baru aja menyelenggarakan bazaar dan juga talkshow inspiratif bareng sama 3 orang narasumber yang berhasil di bidangnya. Hari pertama, yaitu bareng Hilda Turaiza yang sekaligus owner dari brand lokal “Trick and Tricky.”

Di hari kedua, ada selegram, Dwi Handayani yang membagikan tips-tips supaya jadi selegram, dan yang terakhir adalah Ayudya Soemawinata, seorang makeup artist yang sekaligus berprofesi sebagai dokter.

Yang menarik dari talkshow sama mba Yudy, doi membagikan tips-tips soal gimana caranya supaya makeup yang dipakai itu cocok dan tahan lama di wajah kita. Nah, itu semua ternyata dipengaruhi sama skin care yang kita pake loh!

Kalo kamu sendiri, skin care-nya gimana? Udah paham belum 10 tahapan skin care yang bener untuk si kulit sebelum pakai makeup? Yuk ikutin 10 urutan skin care yang bener supaya si kulit wajah tetep sehat ketika pake makeup!

1. ‘Make up removal + oil cleanser’

via: google
(Sumber: Istimewa)

Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah ngebersihin wajah kamu dari sisa-sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Coba pake pembersih yang berbahan dasar minyak, sambil pijat wajah kamu supaya si kotoran pada keluar dulu. Kalo udah, jangan lupa cuci wajah kamu pake air ya.

2. ‘Water based cleanser’

via: Wiseshe
(Sumber: Wiseshe.com)

Kalo udah bersihin wajah pake yang berbahan dasar minyak, lanjut bersihin pake yang berbahan dasar air. Kan sekarang banyak tuh merk micellar water, nah pake itu ya. Supaya wajah kamu makin bersih dari sisa makeup dan noda.

3. ‘Exfoliator’

via: Pinterest
(Sumber: Pinterest)

Buat kamu yang belum tau, exfoliator atau exfoliating adalah proses membersihkan atau mengelupaskan kulit wajah dengan menggunakan scrub wajah. Gak perlu setiap hari melakukan ini, cukup 2 kali dalam seminggu aja. Fungsi dari exfoliating ini adalah supaya si kulit keangkat sel kulit mati di wajah kamu keangkat, dan kulit wajah jadi lebih seger.

4. ‘Toner’

via: Getty Images
(Sumber: Pinterest)

Sama halnya kayak sebuah spons, dia gak akan berfungsi secara baik kalo permukaannya kering, dan begitupun dengan kulit. Dengan pakai toner, kulit wajah kamu bisa jadi lebih lembab dan basah. Selain itu, pakai toner sebelum mengaplikasikan makeup juga bisa menyeimbangkan pH di wajah kamu, loh!

5. ‘Essence’

via: Getty Images
(Sumber: Istimewa)

Dilansir dari sokoglam.com, essence ini adalah bagian paling penting nih buat cewek-cewek Korea sebelum dandan. Essence ini adalah sejenis toner atau serum yang berfungsi buat menghidrasi kulit, juga membantu kulit dalam proses pergantian sel.

6. ‘Treatment’

(Sumber: Istimewa)

Setelah kulit kamu lembab dan terhidrasi, yang selanjutnya dilakukan adalah kasih perawatan-perawatan yang kulit dan wajah kamu butuhkan. Jadi di tahap ini lumayan fleksibel, tergantung gimana kulit kamu. Apakah kamu perlu perawatan buat si jerawat, noda hitam, atau pori-pori yang besar. Pokoknya bebas, sesuai sama kebutuhan kulit.

7. ‘Sheet masks’

via:A Beautiful Mess
(Sumber: abeautifulmess.com)

Gak mesti setiap kalo kamu mau makeup pake masker yang dari kertas ini kok. Sesuai kebutuhan kamu aja, bisa sekali atau seminggu 2 kali. Atau mau setiap hari juga boleh loh (kalo budgetnya banyak). Kamu tinggal pake si masker ini selama 10-20 menit, dan relaksasi dulu supaya si kulit termanjakan.

8. ‘Eye cream’

via: Huffingtonpost
(Sumber: Huffingtonpost)

FYI, kulit disekitar mata kamu itu tipis dan halus banget loh. Itu artinya, kamu mesti memperlakukan kulit di area mata kamu secara spesial. Dengan pake krim mata, kamu bisa membantu proses hidrasi dan juga proteksi lebih di daerah mata. Tinggal ditap aja ya pakenya, jangan diusek-usek. Nanti yang ada mata kamu malah perih lagi.

9. ‘Moisturizer’

via: Rimanews
(Sumber: Istimewa)

Penting banget buat pake moisturizer, supaya kulit kamu tetep moist atau lembab seharian. Selain itu, moisturizer juga berfungsi buat mengunci 8 proses di atas, jadi kulit kamu tetep terhidrasi. Cari moisturizer yang cocok sama jenis kulit kamu, supaya efeknya makin baik dirasa. Mesti rata pake si krim ini di daerah wajah dan leher, supaya hasilnya makin maksimal.

10. ‘Sun protector’

via panduanwisata.id
(Sumber: panduanwisata.id)

And the last but not least, is sun protector. Meskipun kamu keluar cuma sebentar, kamu tetep mesti pake krim pelindung matahari ya! Meskipun step ini terakhir, tapi ini penting banget loh karena bisa mencegah penuaan dini di kulit kamu, dan mencegah dari kanker kulit juga tentunya. Pakai setiap pagi, kalo perlu ulangi ketika dirasa udah agak luntur, biar si kulit tetep terlindung terus dari sinar UV.

Meskipun kayaknya ribet, 10 langkah diatas penting banget buat kamu lakuin. Gimana, masih suka ada yang ke-skip? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.