Senin, 5 Desember 2022

Genmuda Tahun 2016 tentu tahun yang seru banget buat para gamers. Apalagi kalo Kawan Muda ngikutin perkembangan dari tiap-tiap pembuat konsol terkemuka seperti Microsoft, Sony dan Nintendo. Sekitar pertengahan tahun 2016, masing-masing raksasa teknologi ini saling serang dengan ngumumin konsol terbaru mereka.

Mulai dari Microsoft yang luncurin konsol Xbox One S dan ngumumin persiapan mereka untuk Project Scorpio, konsol paling canggih yang bakal mereka rilis di tahun 2017. Sony yang engga mau kalah ikutan upgrade konsol mereka jadi lebih canggih lewat Playstation 4 Pro. Ada juga Nintendo yang berhasil curi perhatian dunia dengan konsol baru mereka Nintendo Switch yang inovatif banget dan bakalan rilis di bulan Maret 2017.

Selain itu, banyak game-game seru yang bisa kita nikmatin di tahun 2016, misalnya ‘Civilization 6’, ‘Dishonored 2,’ ‘Forza Horizon 3,’ ‘Overwatch,’ ‘Titanfall 2,’ ‘Final Fantasy XV,’ dan ‘Uncharted 4: A Thief’s End.’ Sebagai generasi muda yang kekinian, pasti kamu juga engga mau ketinggalan kan ada apa aja di dunia gaming yang bakalan happening banget di tahun 2017?

Sony (PS4, PS4 Pro dan PSVR)

Meskipun Sony lagi sedikit goyang di lini smartphone, tapi mereka tetap berjaya di dunia konsol dan gaming. Keputusan mereka untuk ngerilis PS4 Pro sebelum liburan akhir tahun 2016 ini bisa dibilang pas banget! Kalo emang kamu mau beli konsol paling kece di tahun 2016, safe to say kalo PS4 Pro adalah konsol terbaik 2016!

PS4 Pro sendiri bisa dibilang adalah PS4 yang di-tune-up dengan mesin yang lebih gahar, bukan next-gen console. Walaupun Sony engga nambahin fitur Bluray Player, tapi seenggaknya mereka habis-habisan buat upgrade hardwarenya hingga performanya meningkat 2x lipat!

Misalnya nambahin RAM dan GPU biar game-game yang keluar di tahun depan bisa jauh lebih detail dan lancar dimainin di PS4 Pro, apalagi dengan dukungan Virtual Reality yang lagi happening banget saat ini.

https://www.youtube.com/watch?v=T5Xx3MdqdgM

Sony juga udah siapin beberapa game eksklusif buat para gamer #TeamSony, misalnya Horizon Zero Dawn yang akan dirilis 28 Februari 2017. Game RPG satu ini bakal ngebuat kalian terpukau, mulai dari dunia yang unik, storynya yang epik banget, senjata-senjata keren dan teknik bertarung yang seru, bahkan ada dinosaurus robot segala!

Kalo udah pernah main Uncharted series pasti ketagihan deh (c) Gamesradar

Ada juga Uncharted 4: The Lost legacy yang nyeritain tentang Chloe yang kerjasama bareng Nadine Ross (dari Uncharted 4: A Thief’s End) untuk nemuin artefak kuno suku Indian. Kalo kalian penggemar Uncharted Series,kamu wajib banget buat mantengin game satu ini gaes.

Kita emang belum tau banyak kira-kira kapan Sony bakal luncurin Next-Gen Console mereka, tapi yang pasti dengan PS4 Pro ini kalian bakal nikmatin game-game tahun 2017 dengan lancar.

Microsoft (Xbox One, Xbox One S dan Xbox Project Scorpio)

https://www.youtube.com/watch?v=F1dRgWpGePs

Meskipun sama-sama ngerilis konsol baru di tahun 2016, bukan berarti konsol Microsoft tahun ini bisa dibandingin dengan PS4 Pro. Bisa dibilang Xbox One S cuma Xbox One yang dipoles jadi lebih cantik dan fungsional. Dari segi hardware Xbox One S masih sama dengan pendahulunya, tapi ada beberapa fitur yang ditambahin sama Microsoft, misalnya Ultra HD Blu-Ray Player, HDR Gaming, desain yang lebih cakep dan ukurannya yang lebih kecil dibanding seri sebelumnya.

Kalo kamu udah punya Xbox One, Genmuda.com sih engga nyaranin kamu untuk upgrade ke Xbox One S, mendingan tunggu Project Scorpio yang katanya bakal dirilis di pertengahan tahun 2017. Rumornya sih Xbox Scorpio ini bisa mainin semua game Xbox One dan kecepetan transfer datanya bisa mencapai 320 GB/detik, jauh lebih cepat dibanding PS4 yang kecepatannya 176 GB/detik atau Xbox One yang kecepatannya hanya 68 GB/detik. Bisa jadi Xbox Scorpio bakal dipersenjatai dengan RAM GDDR5 sebesar 12GB, wow!

Game eksklusif yang wajib kamu pantengin adalah ‘Halo Wars 2’ yang akan dirilis 21 Februari 2017. Game RTS (Real Time Strategy) ini bisa punya mode multiplayer yang bisa dimainin bareng 6 temen kamu. Grafik dan gameplaynya dijamin bikin betah.

Asik juga di Scalebound bisa nunggangin naga, emangnya di sinetron doang (c) Gamesradar

Ada juga ‘Scalebound’, game yang pertama kali diumumin pada E3 2014 ini bakalan dirilis tahun 2017. Sekilas karakter utamanya mirip Dante dari ‘Devil May Cry’, tapi game ini digadang-gadang jauh lebih seru. Coba aja bayangin, kamu bakal ditemenin sama seekor naga yang gede banget, naga itu juga bisa bantu kamu ngalahin musuh yang engga kalah gede juga!

Nintendo (Wii U dan Switch)

https://www.youtube.com/watch?v=f5uik5fgIaI

Kalo kita liat, Sony dan Microsoft begitu mendominasi pasar konsol gaming di dunia, tapi sejak Nintendo ngumumin kalo mereka bakal ngerilis konsol baru mereka Nintendo Switch di bulan Maret 2017 nanti, semua itu bisa aja berubah gaes. Inovasi yang mereka buat keliatan sangat pintar dan bakal ngubah cara kita main game. Genmuda.com juga udah engga sabar pengen nyobain Nintendo Switch secara langsung, karena konsol ini emang beda banget dari yang lain.

Game klasik yang engga pernah mati (c) Gamesradar

Walaupun belum begitu banyak info tentang game-game apa aja yang bakal dibuat eksklusif untuk Nintendo Switch, yang pasti kalian bakal dimanjain dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild yang hadir di tahun 2017 tepat 30 tahun sejak seri Zelda pertama dirilis. Sebuah game yang legendaris yang emang engga ada matinya ini dijamin bikin fansnya kegirangan.

Gimana menurut Kawan Muda, konsol dan game apa yang paling pengen kamu mainin di tahun 2017? Kasih jawaban dan alasan kamu di bawah ya!

(sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast