Rabu, 5 Agustus 2020

Genmuda – Festival musik We The Fest (WTF) 2016 akhirnya udah selesai digelar, Sabtu (13/8) dan Minggu (14/8). Menutup rangkaian acara, Mark Ronson pun sukses ngehentak panggung WTF di Parkir Timur Senayan, Jakarta tadi malam.

Penampilan Mark Ronson di WTF 2016 sebetulnya bukanlah penampilan pertamanya di Tanah Air. Di tahun 2011 yang lalu, sang musisi multitalenta udah pernah tampil di Blowfish, Jakarta. Selain itu, doi juga sempat ngegelar sebuah pertunjukan lainnya di Bali pada tahun yang sama.

Namun demikian, bukan berarti penampilan Mark Ronson tadi malam engga ditunggu-tunggu lagi oleh para penonton WTF 2016, khususnya para penggemar setianya. Apalagi menyusul kesuksesan single ‘Uptown Funk’, otomatis kini penggemarnya di Indonesia udah makin banyak dan makin beragam.

Lantas, kayak gimana sih penampilan Mark Ronson di penghujung acara WTF 2016? Well, walau di awal penampilannya pada pukul 23.00 WIB gerimis sempat kembali ngeguyur dan bikin sebagian penonton yang udah lepas jas ujan jadi pada panik lagi, hal itu ternyata engga ngurangin keseruan penampilannya.

Old school

(©Genmuda.com/2016 Gabby)
Hujan sempat turun di awal penampilan Mark Ronson di WTF 2016, Minggu (14/8) (©Genmuda.com/2016 Gabby)

Tampil selama satu jam, Mark Ronson sukses ngehadirin fenomena old school di sepanjang pertunjukannya. Engga kayak DJ-DJ kekinian yang pada cenderung lebih fokus sama perangkat yang canggih nan modern, doi justru bangga tampil dengan bermodal turntable dan piringan hitam.

Meski begitu, kesan dan suasana old school engga cuma ada pada cara Mark Ronson nyampein musiknya. Hal tersebut bisa ditemui pula pada lagu-lagu yang doi tampilin. Beberapa lagu tersebut bahkan engga disangka-sangka dan berhasil bikin banyak penonton kaget.

Pilihan lagu beragam

(©Genmuda.com/2016 Gabby)
Mark Ronson nampilin pilihan lagu yang beragam dari berbagai jaman di WTF 2016, Minggu (14/8) (©Genmuda.com/2016 Gabby)

Unsur musik funk yang cukup kental bisa dibilang emang udah jadi salah satu ciri khas Mark Ronson, khususnya dalam album terbarunya, ‘Uptown Special’ (2015). Engga heran, doi pun sempat ngebawain karya-karya James Brown di menit-menit awal penampilannya.

Tapi, kayak yang Genmuda.com sampein sebelumnya, pilihan lagu yang dibawain Mark Ronson pada dasarnya cukup beragam, engga cuma funk doang. Doi antara lain ngebawain ‘Famous’-nya Kanye West, ‘Drop It Like It’s Hot’-nya Snoop Dogg, ‘Lean On’-nya Major Lazer, ‘Toxic’-nya Britney Spears, ‘Three Little Birds’-nya Bob Marley, dan ‘Party Up (Up In Here)’-nya DMX, yang doi sebut sebagai salah satu “hip hop anthem“. Bahkan, doi sempat nyelipin unsur musik ala-ala India loh, Kawan Muda.

Yang lebih menariknya lagi, dari sekian banyak lagu dan musik yang dibawain Mark Ronson, ada satu lagu yang benar-benar nyuri perhatian. Lagu tersebut engga lain dan engga bukan adalah lagu kolaborasi Dipha Barus bareng Kallula yang berjudul ‘No One Can Stop Us’. “Negara kalian memiliki lagu yang luar biasa,” ujar Mark Ronson saat muterin lagu tersebut.

Paket lengkap

(©Genmuda.com/2016 Gabby)
‘Paket lengkap’ nostalgi(l)a ala Mark Ronson di WTF 2016, Minggu (14/8) (©Genmuda.com/2016 Gabby)

Secara keseluruhan, penampilan Mark Ronson di WTF 2016 bisa dianggap sebagai suatu ‘paket lengkap’. Interaksi, energi, dan terutama musiknya benar-benar ngalir dari awal hingga akhir, sampai-sampai para penonton cuma punya sedikit waktu buat tarik napas dan ngelemesin kaki.

Bukan cuma itu, secara tata panggung penampilan Mark Ronson juga top abis. Dengan dekorasi latar belakang berupa artwork dari album ‘Uptown Special’ dan tata lampu yang fantastis, semua itu engga cuma nyempurnain penampilan doi sendiri, tapi juga puncak acara WTF 2016. Pokoknya bete gara-gara makeup luntur atau baju lepek gara-gara abis kehujanan langsung hilang deh, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer