Minggu, 17 Januari 2021

Genmuda – Hari terakhir Popcon Asia 2016 ditutup dengan berbagai menarik yang ditunggu-tunggu sama pecinta pop culture. Meski engga seramai di hari Sabtu (13/8) karena turun hujan, namun antusias para pengunjung masih terbilang belum kendor.

Genmuda.com berhasil merangkum berbagai unforgettable moment di hari terkahir pelaksanaan Popcon Asia 2016. Berikut rangkumannya Kawan Muda:

Pasoa film animasi dari anak SMK RUS yang jadi sorotan

via: Google
Talkshow film ‘Pasoa’ di panggung utama Popcon Asia 2016 (Sumber: Istimewa)

Siswa SMK Raden Umar Said (RUS), Kudus, mungkin boleh senang karena karya animasi mereka akhirnya siap diangkat ke layar lebar. Film berjudul ‘Pasoa’ ini menceritakan tentang hewan mitologi bernama Pasoa yang merupakan perwujudan dari hewan di Nusantara.

“Para siswa SMK terlibat dari awal proses, mulai dari pengembangan konsep dan desain karakter. Tentunya mereka juga dibantu oleh guru dan mentor,” ungkap Daniel Harjanto selaku technical advisors di RUS Animation Studio.

“Mereka animator muda siap bekerja pada bidang pekerjaan berpenghasilan tinggi, khususnya di sektor industri kreatif,” ucap Primadi. Rencananya karya monumental dari para siswa RUS Animation Studio ini akan ditayangkan pada November 2016 mendatang.

‘Si Juki The Movie’ dan ‘Firegate’

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Seperti biasanya, di Popcon Asia selalu ada review dari film lokal yang bakal tayang dalam waktu dekat. Kemarin ada review dari film Si Juki The Movie yang kolaborasi sama studio anime Jepang disusul sama film terbaru yang dibintangin sama Reza Rahardian berjudul ‘Firegate’.

Selain Reza, film dengan genre sci-fi fantasi ini juga diramaikan oleh Dwi Sasono dan Julie Estelle. Rizal Mantovani selaku sutradara mengaku optimis film ini mampu diterima di masyarakat.  “Kalo kita lihat sekarang, penonton di Indonesia udah makin tinggi standartnya dalam penggunaan efek CGI. Dan semakin ke sini makin banyak pula genre yang bisa diterima. Jadi saya optimis jika genre sci-fi fantasi seperti ‘Firegate’ mampu diterima masyarakat.” ungkap Mas Rizal saat diwawancarai Genmuda.com.

Engga tanggung-tangung, demi merealisasikan jalan ceritanya dilakukan riset yang cukup panjang dipaduin sama efek CGI. Pihak rumah produksi sih belum ngasih tau kapan pastinya film ini tayang di Indonesia. Namun rencananya ‘Firegate’ diusahakan tayang lebih dulu di Amerika dan masih dalam proses negosiasi.

Booth BEKraf dan karya-karya Sayembara Logo Asian Games 2018

©Genmuda.com/2016 Liki
Salah satu pengungjung di booth BEKraf ©Genmuda.com/2016 Liki

Selain mendukung terselengaranya Popcon Asia 2016, BEKraf juga punya booth yang menampilkan sejumlah karya dari sayembara Logo Asian Games 2018 yang bakal di gelar di Jakarta-Palembang. Meski karya yang ditampilkan kece-kece namun ada juga sejumlah Kawan Muda yang miss infomasi.

Seperti Yorens misalnya, cowok yang berprofesi sebagai Art Director ini mengaku kalo info board di booth BEKraf tersebut masih kurang, terutama pada karya yang menjadi pemenang. “Kalo dari segi artist, mungkin secara personal saya miss storytelling aja. Tapi dalam segi identitas mungkin boardnya harus lebih lengkap supaya lebih objektif.”

Harapan dari para pengunjung dan peserta Popcon Asia 2016

©Genmuda.com/2016 Liki
Karakter komik lokal dalam acara preview night Popcon Asia 2016 ©Genmuda.com/2016 Liki

Sebagai salah satu perserta di Artist Alley, Fandy Wirawan cerita ke Genmuda.com kalo respon para pengunjung sangat baik. “Saya baru tahun ini ikut ke Popcon dan respon para pengunjung sangat baik. Meski hari Jumat (12/4) dan Minggu (14/8) engga serame hari Sabtu. Mungkin tahun depan harus lebih meriah lagi.” (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.