Selasa, 19 Januari 2021

Genmuda – Jadi nih, kode tuh kalo di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya tanda (kata-kata, tulisan) yang disepakati untuk maksud tertentu (untuk menjamin kerahasiaan berita, pemerintah, dan sebagainya); 2 kumpulan peraturan yang bersistem. Itulah arti secara harfiah. TAPI KENAPA SEKARANG KODE MAKNANYA JADI BERUBAH.

Ini Genmuda.com juga lagi kode buat Kawan Muda yang jadi tukang kode. Kode sendiri tuh sekarang mengalami pergeseran makna, terlebih di kalangan remaja ya. Kode bisa jadi senjata utama buat mengucapkan sesuatu dengan maksud tertentu di dalamnya, menyiratkan satu hal yang males kamu ucapin tapi, ya gitu deh artinya. Pokoknya kode.

Sekarang kalau kita sempitin lagi, kode itu sering dilayangkan sama siapa sih? Cewek apa cowok? Kalo Genmuda.com googling sih, ‘kode’ identiknya sama cewek, soalnya cowok tuh dibilangnya engga peka. Jadi, karena kurangnya kepekaan cowok akhirnya ‘kode-kodean’ hadir gitu?

Jenis kode tuh biasanya kayak gini nih.

Cewek: “TURUNIN AKU SEKARANG!” (caps lock biar keliatan lagi marah)

Cowok: “Jangan sayang, ini kan di tengah tol. Bahaya, kamu mau ngapain? Kenapa sih? Ngomong dong.”

Cewek: “GPP!”

Aneh. Minta diturunin di jalan terus bilang ‘gpp’. Dunia ini kenapaaaa?!?!?!?!

Cewek: “Pokoknya turunin aku (sambil cemberut mau nangis), atau aku engga akan mau ketemu sama kamu lagi!”

Cowok: (pura-pura mikir) “Yaudah, kamu turun di depan ya, di rest area. Tapi tolong jelasin dulu ke aku kenapa.”

Cewek: “Kok beneran sih?!?! Dasar engga peka! Cowok apa lo rela nurunin gue di tengah tol!”

Kurang lebih begitulah pembicaraan absurd yang bisa menggambarkan sebuah hubungan ketika ‘kode-kodean’ senada dengan rasa peka cowok.

Si cowok, ya kayak film Dono, Kasino, Indro, ‘Maju Mundur Kena’. Engga diladenin kena semprot, udah diladenin masih juga salah. Dari kisah di atas sih yang ngasih kodenya ya si cewek ya.

Oke, ampun, kalo para cewek belum terima, kita masuk ke kasus kedua.

Cowok: “Yang, aku kangen deh, udah 2 minggu engga ketemu” (pake emote sedih terus kiss terus hug terus love-love terus pake hashtag #H-1Anniv)

Cewek: “Sama aku juga, tapi mau gimana, kamu kan sibuk.”

Cowok: “Iya sih, rumah kamu kosong ya? Mama papa lagi pergi?”

Cukup sampai di situ kamu udah paham kan nih, Kawan Muda? Ya, kode yang diturunkan dari mulut si cowok. Si cowok kangen, berharap ketemu, tapi maunya di rumah dia karena lagi kosong.

Cewek: “Iya, yaudah atuh sini, nanti aku masakin makanan kesukaan kamu.”

Dan, kodenya di jawab. Si cewek peka, dan mungkin kangen juga.

Jadi, cewek atau cowok yang tukang kode? Yang engga peka juga siapa? Apakah perlu kejadian kayak gini tuh dibikin film versus juga kayak ‘Batman v Superman’, atau ‘Kayako vs Sadako’? Judul yang pas mungkin ‘Kode-kodean vs Engga Peka’.

Saran Genmuda.com sih, kurang-kurangin kode-kodean, karena siapapun belum tentu bisa mengerti sama maksud dan tujuan kamu. Bicara aja langsung terus terang tanpa kode yang terenkripsi. Takutnya bisa terjadi kesalahpahaman dan merusak hubungan loh. Sekarang dijawab dulu ya sama kamu, yang suka kode tuh cewek apa cowok sih? Kita kepo nih kepengen tau banget. (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis