Rabu, 19 Juni 2024

Genmuda – Kawan Muda termasuk orang yang aktif dan enerjik? Kalau iya kamu pasti bakalan dihadapi sama setumpuk kegiatan setiap harinya, bahkan pada saat weekend sekalipun. Meski kamu masuk kategori orang yang aktif dan jago atur waktu, bukan berarti tubuh kamu bisa terus-terusan digeber kayak mesin motor.

Faktanya, banyak anak muda yang engga sadar kalau mereka sedang mengalami kelelahan dan kurang istirahat. Salah satu gejala yang bisa kamu temuin pada tubuh kamu sih banyak, mulai dari cepat capek, kurang nafsu makan, baperan, sering ngantuk, sampe menurunnya performa di kelas/kantor.

Sebuah penelitian dari University of Michigan pun menemukan, salah satu penyebab menurunnya performa di tempat kerja dikarenakan kelelahan. Tapi uniknya banyak dari kita yang engga sadar kalau saat kelelahan, kita bekerja seperti halnya orang yang sedang mabuk.

Kok bisa? Jadi penelitian ini mengambil data dari 100 negara dari sebuat aplikasi smartphone. Setelah itu barulah ditemukan bahwa kurangnya waktu tidur lantaran tekanan sosial, –bisa karena faktor pekerjaan dan hubungan keluarga, menjadi penyebab utama.

Yang lebih kacaunya lagi Kawan Muda, kata Olivia Walch dari University of Michigan, “Dan yang paling menakutkan, orang [yang kelelahan] berpikir bahwa pada saat bersamaan mereka melakukan tugas dengan cara yang lebih baik dari biasanya.”

“Padahal kinerja mereka menurut tapi persepsi mereka soal perkerjaan itu tidak.” tambah Olivia.

Hematnya, saat tubuh Kawan Muda kelelahan kamu mungkin bakal ngerasa kerja kamu maksimal, padahal itu cuma sebatas persepsi kamu doang loh. Selain itu, banyak juga ditemukan bahaya pada tubuh saat kamu kelelahan, mulai dari rentan terkena penyakit, mudah gelisah, obesitas, sampe berpotensi terkena penyakit stroke. (Ih, serem kan?)

Setelah melihat fakta di atas Genmuda.com tetep engga bosen-bosen ngingetin kamu buat mengatur pola hidup dan istirahat yang cukup. Kalau kamu masih punya masalah insomnia, ada baiknya kamu coba tips yang pernah dikasih sama Genmuda.com. “Selamat beristirahat Kawan Muda!”

 

Sumber: Metro

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.