Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Bulan Ramadhan udah berjalan beberapa hari, udah berapa grup medsos nih yang ngajakin kamu buka bersama (bukber)? Semua grup yang ada di aplikasi chat pasti lagi pada ribet, resah, plus antusias nyari tanggal dan tempat ngumpul, deh.

Kapanpun dan di manapun ngumpulnya nanti, inget satu hal penting. Bukber engga bakalan seru kalo salah mesen menu berbuka. Menu yang satu porsinya bisa dimakan banyak orang doang yang cocok di momen penuh kebersamaan itu.

Kalo mesennya menu porsi perorangan sih ngapain pada ngumpul. Mendingan buka di rumah masing-masing sambil ngobrol lewat chat. Lebih hemat, gak ribet, dan gak buang waktu. Gak mau kan temen-temen pada cuek ke makanan sendiri. Jadi, lakuin trik di bawah ini biar bukber tetep seru.

Bukber di restoran porsi perorangan

1. Satu porsi rame-rame

via time.com
(Sumber: time.com).

Satu porsi rame-rame tuh bukan berarti beli satu porsi doang yang dimakan belasan orang, loh. Tapi, tiap orang ngerasain beberapa porsi makanan pesanan temen. Emang kesannya agak ribet, tapi pasti terjadi obrolan deh ketika saling mencicip menu berbukanya. Kalo mau irit, kamu bisa pesan empat atau lima porsi untuk dimakan enam atau tujuh orang.

2. Beli camilan

Makanan porsi besar bikin ngantuk sementara camilan bikin obrolan gak berhenti. Ditambah kopi, pasti bukber bisa keterusan jadi sahur on the road, terus lanjut lagi ke bukber extended di hari berikutnya.

Bukber di restoran pizza

3. Pizza besar dipotong kotak-kotak

via thepizzasnob.wordpress.com
(Sumber: thepizzasnob.wordpress.com)

Satu porsi pizza ukuran besar bisa dinikmati sama belasan orang, loh. Caranya, dengan meminta supaya pizzanya dipotong kotak-kotak. Pramusajinya mungkin bingung, tapi tunjukin aja gambar Square Cut Pizza di atas nanti juga doi paham.

4. Pesen porsi kecil tapi banyak jenisnya

Sementara itu, pizza porsi paling kecil harus dipotong standar. Cuma, belinya porsi banyak supaya temen-temen bukber bisa ngerasain rasa pizza yang berbeda-beda. Cocok buat geng yang beda selera.

Bukber di rumah temen

5. Beli nugget curah

via inspiredmama.com
Nugget curah dengan saus mustard dan tomat. Enak. (Sumber: inspiredmama.com).

Apa itu nugget curah? Itu adalah nugget kiloan yang dibeli di pasar. Harganya relatif lebih murah dari nugget bermerk. Rasanya emang relatif lebih hambar, tapi orang yang lagi seru buka bareng kayaknya lebih memperhatikan keseruan gosip, ngobrol, dan becanda deh daripada rasa makanannya.

Kalo pengen makan rebus-rebusan macam shabu-shabu (Bukan narkoba), kayaknya supermarket dan pasar juga menyediakan berbagai jenis bakso ikan kiloan kok.

6. Sediain gorengan kecil-kecil

Gorengan tuh makanan paling “aman” buat orang Indonesia. Hampir semua orang suka gorengan. Karena itu, sediain gorengan porsi kecil supaya gak ada yang kebanyakan makan, jadi ngantuk, terus pada tidur mentang-mentang bukbernya di rumah.

Bukber di mana aja

7. Beli minum literan/pitcher/teko

via yummymummyclub.ca
(Sumber: yummymummyclub.ca)

Mau buka bareng di rumah atau di tempat nongkrong, usahain beli minumya satu pitcher, teko, atau literan supaya terdistribusi secara merata. Dengan begitu, gak ada temen yang minumnya nyisa banyak sementara yang lain udah kering-kerontang. Selain itu, harga minum porsi besar relatif lebih terjangkau dari porsi satuan.

Coba deh lakuin 7 trik hemat tapi makan banyak di atas supaya bukber gak garing dan penuh obrolan. Misalnya gak mau ribet, ya bukber aja di restoran keluarga atau pada potluck (sharing makanan)Kamu punya trik lain? Langsung aja tulis pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.