Senin, 28 November 2022

Genmuda – Kamu pasti kenal atau seenggaknya tau vokalisnya Paramore yang cantik itu? Yap, Hayley Nichole Williams, atau yang biasa kita kenal Hayley Williams ini adalah lead vocal dari band asal Amerika, Paramore sejak tahun 2003 lalu.

Karirnya dimulai sejak doi duduk dibangku sekolah dan akhirnya ketemu sama ‘Farro brother’, yaitu Zac Farro dan Josh Farro di sekolah barunya, di Tennessee. Setelah itu doi ketemu juga sama Jeremy Davis. Dari sinilah awal kebentuknya Paramore, band yang awalnya beraliran alternative rock, tapi makin ke sini makin jadi lebih ke pop fun.

Seiring berjalannya waktu dan perubahan warna musik yang mereka usung sekarang dengan apa yang mereka bawa dulu ternyata mempengaruhi pergantian gaya dari si vokalisnya, Hayley. Selama 14 tahun perjalanannya di Paramore dan udah merilis 5 album, gaya nyetrik cewek kelahiran 27 Desember 1988 ini pun gak luput dari perhatian. Dan ini dia transformasi gaya Hayley dari Paramore yang dulu sampai sekarang.

Sebelum di Paramore

Image result for hayley williams before she dyed her hair

Sebelum ngebentuk band bareng temen-temennya di sekolah, rambut Hayley belum diwarnain kayak yang sering doi lakukan. Warna rambutnya pun masih tipikal-tipikal anak Amerika kebanyakan, yaitu pirang.

All We Know Is Falling – 2005

Image result for hayley williams 2005

Di awal debut, rambutnya diwarnai jadi agak merah atau oranye gitu. Belum punya fashion stylist sendiri, makanya gak pake kostum atau baju ala-ala penyanyi gitu. Gayanya pun masih sederhana, apalagi karena musik yang diusungnya pun bukan pop, melainkan alternative rock yang bikin doi jingkrak-jingkrakan.

Jadi dipilihlah outfit yang santai ala Hayley. Kayak foto di atas, doi tampil sederhana dengan kaos lengan pendek dan celana jeans kayak anak seumurannya saat itu. Tapi di video klip lagu debut album perdananya ini yaitu “Pressure,” Hayley tampil dengan rambut warna yang agak merah, meski masih tetep bertahan sama kaos dan celana jeansnya.

Riot! – 2007

Related image
Hayley di single perdana album kedua, Misery Business

Di album keduanya yang masih grunge ini, lagi-lagi Hayley mengubah gaya dan warna rambutnya. Kalo di album perdananya doi nyaman sama kaos dan celana jeans, di album keduanya doi udah mulai berani buat pake kaos tanpa lengan dan mengganti celana jenasnya dengan rok pendek.

Rambutnya juga berganti gaya dan warna. Kalo semula warnanya merah, maka di Riot! ini warna rambutnya jadi campuran oranye dan kuning terang, beneran terang. Doi pun nambahin poni (entah poni entah jambul) di tampilan untuk album barunya ini. Tap di single keduanya yaitu “That’s What You Get” doi ganti warna rambut lagi menjadi oranye kemerah-merahan.

Brand New Eyes – 2009

Di single pertamanya yaitu “Ignorance,” doi masih tampil dengan rambut berwarna oranye kemerahan. Tapi kalo soal outfit, doi udah mulai perhatian nih. Hal ini ditandai dengan perbedaan gaya yang doi lakukan di beberapa single yang berbeda. Perbedaan gaya itu pun dibarengi sama perubahan warna rambut (lagi), kayak yang doi lakukan di single “The Only Exception.”

Di lagu ini doi memotong rambutnya jadi sebahu, gak lagi panjang kayak sebelum-sebelumnya. Sebelumnya di lagu “Brick By Bring Brick” doi mengganti gaya dan warna rambutnya jadi wavy dan blonde. Yang mengejutkan, di video klip lagu “Playing God” doi berani tampil girly dan mengubah warna rambutnya jadi pink.

Paramore – 2013

Eksplorasi fashion, gaya rambut, dan warna musiknya klimaks di album keempatnya Paramore ini. Band yang awalnya keras dan Hayley banyak teriaknya, di album ini udah gak terlalu kedengeran lagi image grunge dan sangarnya.

“Still Into You” jadi titik awal perubahan gayanya dengan ngeganti warna rambutnya jadi sebelah pink, dan sebelah oranye. Doi pun jadi tampil lebih manis dan girly, lebih manis dari doi di lagu “Playing God.”

Doi memotong rambutnya sampe sependek rahangnya di lagu “Ain’t It Fun,” dan mengganti warnanya jadi oranye dengan poni warna kuning. Gayanya pun lebih keren nih di album ini.

Transisi dari 2014 ke 2017

Related image

Lebih ekstrim lagi, doi juga pernah mencat rambutnya jadi warna hijau blonde di tahun 2014, terus ganti lagi jadi blonde (lagi). Setelah pake 2 warna yang beda, doi ganti lagi warna rambutnya jadi biru bubble gum, dan gayanya pun makin kekinian.

Gak cukup di situ aja, kemudian doi ganti jadi warna cinnamon orange dan jadi lebih sering pake baju kasual dengan kaos dan celana jenas pendek. Setelahnya doi mencat lagi rambutnya jadi warna merah di tahun 2014.

After Laughter – 2017

Setelah 4 tahun gak ngeluarin album, akhirnya Paramore kembali dengan musik yang lebih segar dan baru. Hayley pun hadir dengan gaya yang baru lagi. Doi bener-bener back to basic karena hanya membiarkan rambutnya terurai panjang dengan warna putih dan ditambah poni yang hampir menutupi matanya.

Gayanya pun gak macem-macem, karena doi tampil biasa aja di album barunya. Girly enggak, terlalu boyish juga enggak dan malah jadi kayak gak terkonsep aja penampilannya di album After Laughter ini. Tapi gimanapun gayanya, nyatanya doi tetep tampil menawan, sejak 2003 dulu, sampe sekarang. Kawan Muda setuju gak? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.