Kamis, 22 Oktober 2020

Genmuda – Ada rumus menyebalkan yang tercipta di kalangan penggemar Instagram. Fotolah dengan kamera mirrorless Sony A7, Fuji Instax, Canon fixed lens, atau iPhone terbaru supaya dapet banyak love dan comment ketika diupload.

Apabila gak punya gear semahal contoh-contoh di atas, edit foto yang dijepret dari kamera apapun dengan filter berbayar dari aplikasi macam VSCO Cam atau A Color Story. Keduanya sama-sama populer di kalangan seleb medsos.

Gak punya duit buat beli filter berbayar juga? Duh! Berarti, filter gratisan di Instagramlah yang harus dimanfaatin sebaik-baiknya. Biar gak salah pilih effect, di bawah ini adalah filter-filter yang cocok dipakai untuk lima jenis foto paling umum di Instagram, menurut Bustle.com, 2016.

1. Foto selfie

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Berhubung hashtag #nofilter lagi populer dan banyak dapet loves, fotonya ya emang diupload tanpa filter apapun. Dari satu juta foto selfie tanpa filter, satu foto rata-rata mendapatkan 78 loves. Misalnya pengen banget pakai filter, pakailah yang namanya Slumber yang dapet rata-rata 69 loves atau Skyline yang dapet 67 loves.

Pelajari juga komposisi selfie terbaik supaya yang ngeliat gak bosen dan dapet lebih banyak loves.

2. Foto makanan

food porn
(Sumber: Huffington Post)

Masih banyak, kan temen-temen kamu yang rajin foto makanan atau minumannya, baik itu di rumah, kantin, ataupun restoran. Gak perlu repot-repot ngedit pakai photoshop atau mengubah setingan pencahayaan, karena filter Skyline aja udah cukup. Dari satu juta foto, satu foto dapet rata-rata 91 loves, loh.

Filter Helena juga punya efek sendu-menyendu yang memancing loves dari orang-orang. Kalau kamu punya dasar-dasar fotografi yang baik, foto tanpa filter juga udah cukup, kok.

3. Foto fashion

Thank you @amellescarf ❤

A post shared by MUAxBeautyVlogger (@fathinrm) on

Sejak tahun-tahun pertama kemunculan Instagram, foto fashion dengan hashtag #OOTD terus populer. Foto model itu butuhin banget kamera yang sensitif sehingga mampu nampilin warna seperti apa adanya, kalau perlu, lebih cerah daripada aslinya.

Tone warna macam itu bisa diperoleh dari filter Kelvin yang satu fotonya rata-rata mendapatkan 162 loves. Kalau ingin tone yang lembut, pakailah filter Valencia yang dapet 118 loves. Sementara itu, filter Nashville memperoleh rata-rata 116 loves.

4. Pemandangan

via: traveller blogger
(Sumber: travellerbloggerid.blogspot.co.id)

Rata-rata, foto pemandangan yang diupload pakai filter Valencia tuh diloves 121 kali dan filter Brooklyn tuh 87 kali. Kalo kamu punya dasar fotografi yang canggih kayak temen-temen wartawan di National Geographic, upload aja fotonya tanpa filter. Pasti banyak yang suka, deh.

5. Foto lain

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Foto lain di Instagram tuh kayak apa sih? Ya foto moment, foto anak bayi, foto potret orang lain, foto mobil, foto olahraga, dan masih banyak banget. Secara umum, filter Clarendon, Gingham, Juno, Lark, dan Valencia yang paling banyak diloves orang-orang.

BONUS: Pakai hashtag yang bener

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com).

Jadi, udah tau kan filter gratisan apa aja yang paling cocok buat foto yang mau kamu upload. Jangan lupa nulis hashtag karena jumlah tagar juga berpengaruh sama tingkat interaksi di foto yang kamu upload.

Kata TheNextWeb.com, Selasa (20/6), orang yang punya 1.000 followers butuh 11 hashtag untuk dapetin interaksi terbanyak. Coba liat sendiri tabelnya yang tercantum di atas deh biar lebih jelas. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.