Sabtu, 4 Desember 2021

Genmuda – Di pertengahan Bulan Ramadhan ini, di antara Kawan Muda pasti ada yang udah ngadain buka bersama dan ada pula yang masih sibuk ngerencanainnya. Tapi ada engga yang punya ide ngundang guru sebagai bentuk balas jasa yang sederhana, akrab, dan menyenangkan?

Yakin? Kalo ngundang guru berarti kamu perlu siapin semua akomodasi yang beliau butuh loh. Mulai dari antar-jemput, makanan, sampai bingkisannya kalo perlu. Katanya mau bikin acara balas jasa. Well, Genmuda.com udah menghimpun pendapat dari Kawan Muda yang ‘katakanlah’ berpengalaman bikin acara buka bareng.

Pertanyaan yang diajuin ke mereka cuma satu: “Perlu gak sih ngundang guru di acara buka bersama? Alasannya Apa?” Yuk kita liat jawaban mereka!

ENGGA PENTING

1. Fajarina Nurin (Jurnalis)

nurin cucok
(Sumber: Dok. Nurin)

Nurin ngerasa engga begitu perlu buat ngundang guru ke acara buka besama, kecuali emang lagi ngadain reuni. Bagi doi, guru semestinya diundang ke acara silaturahmi yang jelas jadwal kegiatannya, bukan sekedar buka bareng yang emang diadain buat nyantai dan seru-seruan. “Kalo temanya kumpul temen doang kan jadi beda kalo ngundang guru”kata doi.

2. Batari Andini (Mahasiswi bersemangat)

batari kece
(Sumber: Dok. Batari)

Batari juga engga setuju buat undang guru, tapi doi punya alesan yang bijak. “Karena buka puasa tuh waktu bersama keluarga, gue yakin guru lebih milih buka dan ngurus keluarganya. Selain itu, waktu berbuka kan singkat dan terlalu ramai. Cocoknya buat ngobrol santai. Agak canggung kalo ada guru,” kata doi.

3. Abdullah Jehan Ramadhan (Pelajar kece)

jehan
(Sumber: Dok. Jehan)

Cowok yang hobi momotoran ini bilang, kalo acara buka bersamanya cuma temen-temen deket doang, mending engga usah undang guru. “Kalo acaranya besar kaya reuni gitu, baru penting banget buat undang guru. Kaya reuni ITB bokap gue. Dosen dan guru-guru sepuh pada diundang. Itu baru menghormati jasa mereka,” kata doi.

TENGAH-TENGAH

4. Irani Tejaning (Mahasiswi bersemangat)

Irani Tejaning
(Sumber: Dok. Irani)

Buat Irani, ngundang guru ke acara buka bersama tuh antara penting-gak-penting. “Liat dulu bukanya di mana. Kalo acaranya formal emang harus undang guru. Kalo bukbernya santai, undang guru yang deket aja. Soalnya suka awkward kalo ada guru. Suka engga bebas gitu loh,” kata doi.

5. Wulansari Khairunisa (Geographer)

wulan pinter
(Sumber: Dok. Wulan)

Seperti halnya Irani, Wulan juga bilang undang guru tuh antara penting-gak-penting. “Gak diundang pun acara bukbernya tetep bisa jalan, kan?” kata doi. Hanya, doi pribadi menganggap ngundang guru bakal lebih baik buat jalin silaturahmi lagi. “Soalnya, guru kan emang bagian dari kita semasa sekolah,” pungkas doi.

6.Wahyu Ramadhan (Gitarisnya 90 HorsePower)

jiung gitaris
(Sumber: Dok. Wahyu)

Meski gitaris yang satu ini engga pernah undang guru waktu doi bikin bukber, doi pribadi merasa ngundang guru tuh penting. “Kalo emang ada yang ngajak beliau ngobrol, silakan undang,” kata doi. Doi takut banget guru yang diundang ngerasa dicuekin, makanya doi engga pernah ajak guru ke acara bukbernya.

PENTING

7. Putri Qurota A’yuni (Pegawai swasta)

foto putri
(Sumber: Dok. Putri)

Lain halnya dengan pendapat Putri. Doi bilang, ngundang guru ketika Ramadhan tuh perlu banget karena bisa menjalin silaturahmi. Menurut doi seru-seruan sama temen tuh bisa dilakuin kapan aja, engga mesti di bulan puasa. Selain itu, doi bilang perlu banget bikin rundown acara kalo ngundang guru. “Tapi ga ush terlalu kaku juga sih. Kan bisa dibawa santai,” kata doi.

8. Beppy Mazurra (Guru SMA kekinian yang mau pindah jadi asisten CEO)

foto bepi
(Sumber: Dok. Beppy)

Beppy punya pendapat kaya Putri juga. Doi ngedukung banget ide buat ngundang guru. “Karena guru tuh underrated banget buat diundang ke acara kaya gitu. Padahal, jasa mereka kan banyak,” kata doi. Doi berpendapat guru sering kurang diapresiasi dalam acara kaya begitu.

9. Raedi Fadhil Zulfahmi (Kameramen kekinian)

rae mega emperor superhuman
(Sumber: Dok. Raedi)

Wartawan kece ini merasa penting banget buat undang guru. “Biar tuh guru tau anak didiknya udah jadi apa aja. Kalo ada yang sukses kan dia ikut bahagia pasti,” kata Raedi. Meski begitu, doi ngebatasin engga semua guru yang diundang. “Pentingnya undang wali kelas aja ya,” pungkas doi.

Kesimpulannya, sembilan Kawan Muda di atas itu yakin guru berhak diperlakukan dengan hormat. Jadi, kalo kamu bersikeras ngundang guru ke acara bukber, silakan kamu buat susunan kegiatan yang menarik, jelas, dan engga bikin gurunya bete. Kalo kamu kerepotan, engga ngundang guru pun fine-fine aja. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.