Selasa, 23 April 2024

Genmuda – Kurang dari seminggu lagi banyak orang di berbagai penjuru dunia bakal ngerayain Halloween nih, Kawan Muda. Kamu yang pada mau ikut ngerayain udah ngelakuin persiapan apa aja nih selain nyari kostum?

Di Indonesia, Halloween emang bukan termasuk dalam perayaan yang diperingatin secara khusus. Namun demikian, seiring berkembangnya jaman, perayaan tersebut akhirnya mulai banyak diadaptasi oleh sejumlah pihak. Walau bentuk perayaannya engga sama persis kayak berbagai negara di luar sana, seengganya bisa dibilang Halloween udah bukan hal yang asing lagi di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Nah, buat kamu yang tahun ini bakal ngerayain Halloween, ada satu hal nih yang engga boleh kamu lewatin, Kawan Muda. Selain ikutan pesta kostum, mending beberapa hari ke depan ini kamu juga nontonin sejumlah film yang bakal bikin kamu benar-benar ngerasain sensasi Halloween. Berikut ini adalah 7 film di antaranya, yang dijamin bakal bikin kamu engga pengen tidur sendirian:

1. ‘Halloween’ (1978-2009)

via screenrant.com
(Sumber: Istimewa)

Berhubung judulnya aja udah sesuai sama perayaannya, otomatis serial film ini harus jadi yang pertama buat kamu tonton. Franchise yang terdiri dari 10 film ini jelas merupakan deretan film klasik buat perayaan unik yang jatuh pada 31 Oktober nanti. Franchise ini secara garis besar nyeritain tentang karakter fiksi bernama Michael Myers, yang kerap ngelakuin pembunuhan di hari Halloween.

2. ‘Friday the 13th‘ (1980-2009)

via indiewire.com
(Sumber: Istimewa)

Terdiri dari 12 film slasher, franchise klasik ini nampilin pembunuh berantai Jason Voorhees yang beraksi dengan ngegunain topeng permainan hoki. Waktu kecil, Jason pernah tenggelam di sebuah danau gara-gara kelalaian pihak perkemahannya. Ibu Jason yang ngira bahwa putranya itu udah meninggal lantas berusaha mastiin bahwa perkemahan tersebut engga dibuka lagi supaya engga ada korban lainnya yang berjatuhan. Padahal, Jason sendiri sebetulnya masih hidup dan siap buat balas dendam.

3. ‘Scream’ (1996-2011)

via Scream Wiki - Wikia
(Sumber: Istimewa)

Franchise horor ikonik lainnya yang wajib kamu tonton adalah ‘Scream’. Terinspirasi dari ‘Halloween’, ‘Friday the 13th‘, dan beberapa film horor lainnya, franchise ini terdiri dari empat film yang siap bikin kamu sembunyi dari kejaran karakter antagonisnya. Franchise ini berkisah tentang perjuangan seorang tokoh utama bernama Sidney Prescott, yang berusaha ngelawan sejumlah pembunuh yang ngegunain topeng Ghostface buat ngikutin dan nyiksa para korbannya.

4. ‘Ring’ (1998)

via IndieWire
(Sumber: Istimewa)

Entah kamu nonton versi Jepangnya ini atau versi adaptasi Amerika-nya, dua-duanya bakal sama-sama bikin deg-degan. Inti ceritanya adalah tentang rekaman video berisi kutukan mematikan dari sesosok hantu yang bernama Sadako/Samara. Siapapun yang nonton rekaman video tersebut, pasti bakal meninggal dalam waktu tujuh hari. So, pelajaran dari film ini adalah kita harus lebih hati-hati kalo mendadak dapet kiriman video, bahkan dari orang-orang terdekat kita.

5. ‘Jeepers Creepers’ (2001)

via screenrant.com
(Sumber: Istimewa)

Film lain yang kerap dikaitin dengan sensasi Halloween adalah ‘Jeepers Creepers’. Dengan judul yang diambil dari sebuah lagu di tahun 80-an, film yang sekuelnya dirilis di 2003 ini nyeritain tentang makhluk nyeremin yang ngegunain bagian tubuh korbannya bukan cuma sebagai makanannya, tapi juga buat ngebikin bagian tubuhnya sendiri. Film ketiganya rencananya bakal dirilis tahun depan.

6. ‘Saw’ (2004-2010)

via independent.co.uk
(Sumber: Istimewa)

Dengan total tujuh film, franchise ini engga kalah populer dari franchise yang lainnya. Franchise ini berfokus pada karakter John Kramer alias Jigsaw, yang suka ngejebak korbannya dalam situasi berupa siksaan fisik dan psikologis. Ketimbang langsung ngebunuh, doi cenderung pengen ngelihat dulu sebesar apa keinginan korbannya buat bertahan hidup. Walau korban yang dipilih biasanya emang mereka yang terbilang ‘layak’, tetap aja prosesnya yang berdarah-darah bakal bikin kamu jijik dan merinding abis.

7. ‘Mirrors’ (2008)

via YouTube
(Sumber: Istimewa)

Buat kamu yang suka ngaca lama-lama, mungkin abis nonton film ini kamu bakal langsung pengen puasa ngaca. Di film ini, apapun refleksi yang muncul di cermin nantinya bakal benar-benar kejadian pada orang yang dimaksud. Singkatnya, suatu kekuatan jahat ngegunain cermin sebagai pintu gerbang menuju dunia nyata. Kalo kamu tipe yang gampang mual, film ini (sayangnya) engga cocok buat kamu. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer