Selasa, 26 Mei 2020

Genmuda – Persahabatan seharusnya bagai kepompong. Mengubah remaja-remaja kebingungan yang kayak ulat menjadi kupu-kupu dewasa yang lebih bertanggung jawab, produktif, dan pastinya lebih siap menghadapi realita. Seperti kepompong juga, persahabatan bisa rusak karena berbagai hal.

Cinlok, rebutan cewek/cowok, atau masalah hutang-piutang cuma segelintir persoalan. Jarang ngobrol karena saling “LDR” atau sibuk sama urusan masing-masing juga bikin orang yang dulunya sahabat dekat berubah jadi layaknya orang asing yang baru pertama kali ketemu.

Namanya manusia, pasti ada kalanya susah move on. Rasa pengen mengontak sahabat lama bakal muncul lagi pada suatu titik. Apabila kamu pengen bangkitin pertemanan jadi kayak dulu lagi, kamu lagi baca artikel yang tepat! Langsung aja simak di bawah ini.

1. Pikir-pikir dulu, deh

via tumblr.com

Kayak dua orang mantan pacar, kamu juga harus pikir-pikir sebelum menghubungi kawan lama kamu. Kalo emang problem yang bikin persahabatan kalian masih ada, coba deh atasi masalahnya dulu daripada kejeblos di lubang yang sama dua kali berturut-turut.

2. Dimulai dari nol, ya

Mencari temen baru dan menghangatkan persahabatan yang membasi kedengeran beda tapi sebenernya sama-sama dimulai dari nol. Begitu kesimpulan tulisan Irene Levine di bukunya, Best Friends Forever: Surviving a Breakup With Your Best Friend, 2009. Jangan harap kamu bisa mendapatkan keintiman yang terasa seperti dulu lagi.

3. Manfaatin masa lalu

Akan tetapi, kamu selalu bisa manfaatin masa lalu yang udah dilalui bersama sahabat buat cairkan suasana. Levine bilang kalo trik itu bisa ngebangun lagi perasaan nostalgia hingga akhirnya kalian jalan dan bikin memori baru yang bakal jadi nostalgia di masa depan.

4. Jangan kelamaan

via gifimagesdownload.com

Ada sih temen lama yang sekalinya ketemu sampe nginep-nginepan buat melepas kangen. Ada juga yang malah pada bete-betean kalo sampai kelamaan ngumpul. Kamu ambil amannya aja. Pastiin pertemuan pertama dengan temen lama engga berlangsung lama, kata Levine waktu diwawancara besthealthmag.ca.

5. Bersiap jadi tempat curhat dadakan

Ada kalanya sahabat lama kamu ini menerima undangan ketemuan karena lagi engga ada temen curhat. Saat itu terjadi, bersiap-siaplah mendengarkan ceritanya dengan baik. Kalo diminta, baru kasih solusi.

6. Jangan kebanyakan basa-basi

Mau nongkrong cuma sebentar atau sampai berhari-hari kamu harus utarakan hal yang penting diomongin. Kalo emang ngajakin berteman setelah lama gak ketemu, pastiin yang bersangkutan tau akan hal itu. Kalo niatnya mau minta maaf, ya jangan lupa ngomong langsung. Jangan ditunda sampai pulang biar minta maaf lewat chat. Engga sopan.

7. Terima perubahan yang udah terjadi

via giphy.com

Ada kemungkinan, sahabat kamu sekarang udah punya banyak banget temen baru sehingga engga cukup menerima satu pertemanan lagi. Terima aja karena emang begitu adanya. Setelah lama engga ketemu, masa sih kamu berpikir doi engga punya temen selain geng lamanya. Jangan ngarep dan baper kayak gitu plis.

Kadang nasib juga suka mempermainkan manusia. Bisa aja mantan kamu yang masih terngiang-ngiang di kepala sekarang jadi pacar temen kamu itu. Apapun yang terjadi, kamu harus tetep terima kenyataan. Gitu, gaes caranya bangkitin persahabatan yang sempet beku menurut Irene Levine yang juga merupakan profesor psikologi di New York University. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.