Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Penat akan rutinitas kota besar membuat sebagian orang memilih hunian yang nyaman, tanpa harus keliatan mewah. Saat orang-orang Indonesia berlomba-lomba mencari hunian di kota besar, lain halnya sama cowok asal Jepang bernama Daigo.

Bermodal pengalaman dan ilmu selama tinggal di Finlandia, doi berusaha mengaplikasikannya pada desain rumah mungilnya di pegunungan Sakuho, prefektur Nagano, Jepang. Mau tau ukurannya berapa? Cuma 5,4×3,5 meter persegi, dimana udah termasuk ruang kerja, dapur, kamar mandi, dan satu kamar tidur.

Sumber listrik rumah didapatkan dari panel tenaga surya, air bersih berasal dari kuil di pegunungan, dengan toilet kompos yang sangat ramah lingkungan. Saat diwawancarai dalam acara “Living Big in A Tiny House” Daigo cuma menghabiskan biaya sebesar 16 ribu dolar AS atau sekitar 213 juta rupiah.

Menurut doi tinggal di rumah kecil justru sangat memberikan banyak manfaat untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga ketimbang tinggal di rumah berukuran besar. Kalo kamu penasaran desain rumahnya kayak gimana, tonton aja video di bawah sampai selesai. Siapa tau bisa kamu contek buat reverensi rumah idaman. Amin!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.