Minggu, 20 Juni 2021

Genmuda – Pandemi Covid-19 memaksa sejumlah jadwal film-film bioskop harus berubah. Salah satu film yang mengalaminya adalah “Unhinged”.

Filmnya memberikan gambaran dari konflik psikologis yang juga dipicu dari masalah sepele di jalan raya. Dibintangi oleh Russell Crowe sebagai tokoh antagonis “Unhinged” bakal kasih Kawan Muda suasana penuh ketegangan yang cocok untuk ditonton di bioskop.

Konflik sepele yang berujung teror

(Sumber: Istimewa)

Tom Cooper (Russell Crowe) merupakan pria paruh baya dengan masalah kejiwaan dan merasa gak dianggap oleh lingkungannya. Ia dengan sadis tega membunuh mantan istri dan suaminya, membakar rumahnya, kemudian pergi sebelum rumah tersebut meledak.

Cerita berlanjut pada sosok Rachel Flynn (Caren Pistorius), ibu satu anak yang sedang ‘pusing’ menata hidupnya. Saat harus mengantarkan sang anak, Kyle ke sekolah, Rachel dibikin jengkel karena harus terjebak macet. Emosinya makin memuncak lantaran sebuah mobil malah berhenti di saat lampu lalu-lintas sudah hijau. Kesal, ia lantas mengklakson mobil, yang gak lain dikendarai oleh Tom.

Merasa gak terima, Tom mengejar Rachel supaya dirinya mau meminta maaf atas kejadian sebelumnya. Namun Rachel menolak dan merasa benar atas perbuatannya. Baginya Tom bikin hari-harinya tambah berat setelah harus kehilangan pekerjaan. Berangkat dari konflik sepele inilah yang jadi pemicu krisis di sepanjang film.

Sepanjang film Tom terus menguntit Rachel dan Kyle. Ia tidak segan-segan untuk menghabisi orang terdekat Rachel demi menuntut maaf sekaligus memberikan pelajaran bahwa hari yang berat bukan cuma dialami oleh Rachel ‘doang’.

Premis biasa tertolong oleh akting pemain

(Sumber: Istimewa)

Suka atau engga, tema menguntit dengan karakter psikopat bisa dibilang udah sering diangkat. Begitu pula dengan garis besar cerita “Unhinged”. Bedanya semua permasalah karakter utama dan antagonis diperlihatkan secara blak-blakan.

Kekerasan di jalan raya yang dilatarbelakangi oleh emosi pengendara sering banget terjadi di belahan dunia mana pun. Konflik sepele yang seharusnya bisa dihindari malah berujung aksi main hakim sendiri, mulai dari baku hantam, pengerusakan, hingga berujung di meja pengadilan.

Kendati temanya gak baru-baru banget nih gaes, “Unhinged” cukup tertolong oleh akting dari Russell Crowe. Sebagai orang yang mengalami permasalah mental, ia sukses menjadi sosok pria kalem tapi berbahaya. Terlihat gak berdaya di awal, namun sebuah ‘klakson’ kembali menjadikannya pria bengis yang tak kenal ampun menyiksa korbannya.

Pun halnya atas akting dari Caren Pistorius. Terombang-ambing di awal, sebuah hari yang berat justru memaksanya menjadi sosok yang tegar dan berani menghadapi keputusan berat bagi hidupnya.

Kesimpulan

(Sumber: Istimewa)

“Unhinged” jadi satu dari sekian banyak film thriller dengan tema masalah kejiwaan. Penulis merasa film ini cocok ditonton untuk mengisi waktu luang atau buat kalian butuh asupan adrenalin. Terlepas dari itu semua pesan penting dari film ini juga cukup jelas, yakni “Jangan asal nge-gas di jalanan”.  Di Indonesia filmnya bisa Kawan Muda saksikan di bioskop mulai tanggal 25 Februari 2021.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.