Rabu, 27 Oktober 2021
HiburanNgulikFilm

“Shang-Chi And The Legend of Ten Rings”: Magnet Baru Marvel Buat Lo Tonton di Bioskop!

Film Shang-Chi tayang mulai Rabu (22/9/2021) di Indonesia ©Disney/Marvel 2021

Genmuda – Film “Shang-Chi And The Legend of Ten Rings” menjadi salah satu film superhero Marvel yang tayang bulan ini di Indonesia. Bertepatan dengan dibukanya sejumlah bioskop di Tanah Air, film ini rasanya menjadi alasan kuat mengapa Kawan Muda harus nonton langsung ke bioskop.

Meski formulanya tidak jauh berbeda dari film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) kebayakan. Namun Shang-Chi terasa lebih segar dan related banget sama kehidupan orang Asia, termasuk Indonesia. Seperti apa serunya? Baca dulu review dari Genmuda.com kali ini.

Ambisi, cinta, dan keluarga

Xi Wenwu yang diperankan oleh Tony Leung dan Jiang Li yang diperankan Fala-Chen di film Shang-Chi ©Disney/Marvel 2021

Memulai Phase 4 MCU, “Shang-Chi And The Legend of Ten Rings” menawarkan premis sederhana akan ambisi, dendam dan cinta keluarga. Sederhana. Tapi cukup ampuh buat penonton kebanyakan, terutama buat Marvel’s fanboy.

Cerita dibuka oleh narasi kesaktian 10 cincin yang diwariskan sejak ribuan tahun. Dari perjalannya setiap pewaris kesepuluh cincin itu digambarkan sakti luar biasa, hingga dapat menguasai sejumlah kerajaan. Kisah itulah yang digambarkan oleh tokoh Xu Wenwu (Tony Leung).

Tapi namanya juga manusia, Wenwu punya ambisi untuk menguasai Ta Lo, sebuah tempat ajaib yang tersembunyi dalam hutan bambu. Desa misterius itu pun diceritakan menyimpan kekuatan legendaris yang dapat menguasai seluruh dunia.

Alih-alih berhasil sampai ke Ta Lo, Wenwu malah naksir dengan Ying Li (Fala Chen) yang merupakan penjaga gerbang desa. Keduanya kemudian menikah dan hidup sebagai manusia biasa.

Cerita pun maju ke masa sekarang dengan tokoh Xu Shang-Chi (Simu Liu), yang tidak lain dan tidak bukan merupakan anak dari Wenwu dan Ying Li. Dia memutuskan merantau ke Amerika Serikat dan memulai hidup baru dengan nama Shaun.

Namun sejauh manapun dirinya pergi, asal-usul keluarga Shang-Chi justru menyeretnya lebih jauh dari apa yang dia alami sebelumnya. Belum lagi, banyak rahasia masa lalu yang bikin banyak penonton penasaran hingga akhir.

Ceritanya cakep!

Salah satu adegan di film “Shang-Chi And The Legend of Ten Rings” ©Disney/Marvel 2021

Masih identik dengan film-film MCU terdahulu, namun film garapan Destin Daniel Cretton ini terasa sangat nyaman untuk dinikmati. Kawan Muda mungkin bakal relate banget sama kehidupan Shang-Chi dengan sahabatnya, Katy Chen (Awkwafina) yang ingin hidup bebas sesuai passion yang mereka miliki.

Akan tetapi, di balik hidup mereka yang santai, justru menegasikan apa yang terjadi sepanjang film. Banyak pemasalahan dan hal di masa lalu yang sulit untuk dibuang begitu saja dari hidup seseorang. Hematnya, film ini kayak bilang, “Baik-buruknya keluarga lo, lo gak bakal melupakan mereka.”

Titik balik ini pun menjadi perjalanan yang menarik untuk ditonton sama siapa aja. Selain itu, karakter Wenwu juga boleh dibilang sebagai karakter anatagonis terbaik di MCU. Melalui penggambaran tokoh empat dimensi, penonton bisa langsung merasa kesel di awal, tapi juga ada rasa iba di akhir.

Lewat komposisi cerita cakep inilah yang bikin “Shang-Chi And The Legend of Ten Rings” jadi gak terkesan biasa aja. Terus, dukungan visual efek yang kece juga cocok untuk menjadi opsi lain kenapa kalian wajib nonton ini di bioskop secara langsung.

Kesimpulan

Seperti yang udah disinggung sebelumnya, sejatinya pola cerita Shang-Chi gak jauh berbeda dengan film-film MCU kebanyakan. Namun secara kualitas cerita, koreografi, dan efek, film ini terasa oke banget.

Ibaratnya belanja buy one get two, “Shang-Chi And The Legend of Ten Rings” mampu berdiri sendiri sebagai film superhero tanpa harus ngikutin MCU. Sebaliknya, buat Kawan Muda yang ngikutin MCU, lo bisa menemukan berbagai easter egg sebagai bahan debat kusir teori MCU di dunia maya.

Well, plus minus tentunya tatap ada. Namun bagi penulis, film ini tetap asik untuk ditonton oleh siapa aja. FYI, sebelum cabut dari biskop kalian masih bisa menyaksikan dua after credit yang berlanjut untuk film Marvel selanjutnya.

Penasaran? Langsung aja tonton Shang-Chi And The Legend of Ten Rings mulai, Rabu 22 September 2021 di Indonesia. Pastikan Kawan Muda tetap menerapkan prokes selama di dalam bioskop. Selamat menonton!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.