Rabu, 26 Januari 2022

Genmuda – Walt Disney kembali merilis film animasi terbaru mereka yakni Encanto. Mengambil cerita keluarga di Kolombia film satu ini dipenuhi oleh warna, tarian, dan cerita yang penuh kehangatan.

Seperti umumnya film-film Disney, Encanto tak lepas dari efek animasi nomor wahid dengan sentuhan drama musikal. Lantas apa pesan yang ditawarkan oleh film arahan Byron Howard dan Jared Bush kali ini? Simak review tengah pekan Genmuda.com kali ini.

Keluarga magis dari Kolombia

Film Encanto ©Walt Disney Animation/2021

Gak butuh waktu lama buat penonton masuk ke dalam cerita film Encanto. Kawan Muda langsung berkenalan dengan Mirabel (Stephanie Beatriz) sang tokoh utama.

Lahir di keluarga Madrigal, membuat keluarga ini tinggal di dalam pedalaman Kolombia. Di sana setiap anggota keluarganya memiliki kekuatan magis yang serba unik yang berasal dari lilin ajaib yang diwariskan secara turun menurun.

Diceritakan kalo setiap anggota keluarga Madrigal akan mendapatakan kekuatan magisnya dalam usia 10 tahun. Adik Mirabel, Isabela (Diane Guerrero) memiliki kekuatan menumbuhkan bunga di mana saja sesuai keinginannya.

Sedangkan sepupunya, Camilo (Rhenzy Feliz) punya kekuatan mengubah wujudnya menjadi siapa saja. Sementara Antonio (Ravi Cabot-Conyers) yang merupakan anggota keluarga paling kecil mampu berbicara dengan para hewan.

Seperti yang bisa kalian tebak, hanya Mirabel yang belum menemukan magis dalam dirinya. Namun pada suatu hari dia mendapatkan penglihatan bahwa rumah keluarga Madrigal retak hingga ke lantai atas, tempat lilin keajaiban diletakan selama bertahun-tahun.

Alih-alih pengen menyelamatkan keluarganya Mirabel malah mendapat tentangan dari Alma ‘Abuela’ Madrigal (Maria Cecilia Botero). Dari situ lah satu persatu permasalahan keluarga ini mulai muncul dan melahirkan ‘keretakan’ sesungguhnya.

Hangat tapi ‘Gong’-nya kurang dapet

Film Encanto ©Walt Disney Animation/2021

Buat penulis, cerita Encanto mungkin agak nyerempet-nyerempet dengan film Coco. Sayang konflik yang dialami oleh Mirabel terasa biasa aja. Mungkin bisa dimakiumin, soalnya film Walt Disney Animation cendrung menawarkan cerita yang tidak sekompleks Pixar.

Meski tetap terasa hangat, sayangnya pengembangan karakter utamanya terasa kurang punya Gong-nya sendiri. Namun demikian, hal itu bisa dibayar lunas oleh alunan lagu-lagu garapan Lin-Manuel Miranda.

Setiap lagu yang ada di dalam film seolah mendukung jalannya cerita. Lirik yang jenaka dan nada-nada yang touching menjadikan Encanto cocok untuk ditonton siapa saja.

Kesimpulan

Film Encanto ©Walt Disney Animation/2021

Jika penulis boleh memberikan skor, Encanto tetap miliki nilai 8 dari 10. Terlepas dari alur yang mudah ditebak, tapi film ini mampu memberikan berbagai perspektif dari sebuah masalah keluarga yang mungkin sering kita alami setiap hari.

Suka atau engganya, Genmuda.com kembalikan lagi kepada Kawan Muda. Tapi kalo kalian ngaku sebagai fans berat Disney maka film yang mulai tayang pada 24 November 2021 di Indonesia ini wajib masuk daftar nonton kalian.

Biar gak penasaran, tonton aja dulu aja trailernya di bawah ini. Ciao!

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman