Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Kemajuan teknologi emang bisa bikin hal yang engga mungkin menjadi kenyataan. Mulai dari komputer layar sentuh, perintah suara pada mesin, hingga kecanggihan kacamata virtual reality.

Kemajuan itu pun turut digunakan oleh permainan manual seperti catur. Yup, kalo biasanya kamu menggerakan bidak catur secara manual, kini semuanya bakalan bisa dikontrol lewat jarak jauh.

Masih belum kebayang? Oke, mungkin kalo kamu pernah nonton Harry Potter, kamu pasti pernah liat adegan dimana Ron dan Harry memainkan catur penyihir lewat perintah suara. Nah, kini permainan ajaib itu bakalan jadi kenyataan.

Sebuah proyek dari Square Off di Kickstarter berusaha merealisasikan hal tersebut menjadi kenyataan. Lewat penemuan mereka ini, memungkinkan permainan catur dilakukan dari jarak jauh. Jadi kalo pacaran LDR juga masih tetap bisa main catur bareng. Yakali.

via: Nerdist

Oke, dalam proyek tersebut dijelaskan kalo papan catur rancangan mereka dilengkapi oleh magnet dan motor yang dapat mengerakan bidak catur lewat perintah jarah jauh. Kamu bisa menggerakannya lewat smartphone untuk memilih lawan sesama pemain atau melawan komputer.

“Akhirnya, kita memiliki papan (catur) yang spektakuler, dengan kode sedemikan rupa membuat potong (bidak catur) tidak bertabrakan ketika mereka bergerak secara otomatis.” jelas kreator Square Off, Aatur Mehta.

via: Kickstarter
Papan catur digital Square Off (Sumber: Kickstarter)

Square Off juga menawarkan sejumlah kemudahan mode permainan, seperti Square Off mode dimana kamu bisa bermain secara online kepada pengguna lainnya atau sekedar melawan komputer. Training mode yang bisa kamu coba hingga 20 tingkatan yang berbeda, hingga live streaming mode yang memungkinkan pemain merekam dan mengulang permainan mereka sesuai kemauan mereka.

Hingga berita ini diturunkan total biaya yang masuk dalam proyek Square Off udah mencapai 135,696 pound sterling dari target awal 40.000 pound sterling. Well, kalo kamu masih penasaran langsung aja tonton videonya di bawah ini:

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.